Tinggi Gawang Sepak Bola

Posted on

Tinggi Gawang Sepak Bola – Pada kali ini yuksinau.co.id akan menerangkan materi tentang Tinggi Gawang Sepak Bola yang mana pembahasanya meliputi pengertian, cara bermain, peraturan, teknik dasar, contoh gambar lapangan dan berita tentang Dunia Olah Raga secara lengkap.

Dalam sepakbola, gol adalah komponen yang tidak bisa dihilangkan dan sangat penting dalam pertandingan sepak bola. Sepak bola membutuhkan dua gol yang bertindak sebagai bola ketika pemain mencetak gol.

Tentu saja, kita sudah tahu secara fisik bagaimana bentuk dari tujuan sepakbola, yang terletak di setiap ujung tengah lapangan. Bentuk persegi panjangnya terdiri dari cincin besi dan memiliki jaring yang menahan bola saat pemain lawan dapat memasukkan bola ke dalamnya.

Namun, ini tidak berarti sembarang persegi panjang, tetapi ada ukuran standar internasional untuk tujuan sepak bola yang telah disepakati oleh dunia. Biasanya, aturan-aturan ini termasuk bentuk target, ukuran target, dan ketahanan target.

Ukuran Gawang dari Standar Sepak Bola

Ukuran Gawang dari Standar Sepak Bola

Ukuran Gawang Standar Sepak Bola Nasional Internasional FIFA adalah:

  • Ukuran gawang sepak bola, ukuran gawang setinggi 2,44 m, sedangkan panjangnya 7,32 m. Panjang dan tinggi gawang dihitung dari tepi bagian dalam gawang dan bilah di atas. Nah, jaring di gerbang memiliki ukuran lubang yang cukup tipis, yaitu 10 cm. Ukuran ini cukup untuk menangkap bola dan tidak jauh dari trek.
  • Bentuk gawang, gawang yang ditempatkan di tengah setiap gawang, terdiri dari dua tiang berdiri dan sebuah mistar gawang yang melekat padanya. Ada juga jala sehingga bisa menahan bola sehingga tidak melampaui batas gawang.
  • Mengenai ketahanan gawang, besi atau bahan dengan persetujuan FIFA dapat digunakan sebagai bahan untuk bilah dan palang, asalkan itu tidak berbahaya bagi para pemain. Khususnya penjaga gawang, bentuknya elips dan putih. Dalam hal daya tahan, gawang tidak boleh bergerak saat pertandingan berlangsung. Gawang tertanam di tanah atau hanya di lapangan. Selain itu, gawang harus melekat pada mistar dan di tanah dan tidak boleh mengganggu pertahanan kiper.

Nah, itulah penjelasan untuk ukuran tujuan sepakbola standar nasional dan internasional jika Anda tertarik dan ingin membangun lapangan Anda sendiri atau hanya ingin tahu seperti apa tujuan standar FIFA. Juga, jika Anda benar-benar ingin membuat bidang Anda sendiri, Anda dapat membuat perubahan dengan ukuran Anda sendiri atau dengan perbandingan pada skala yang lebih kecil.

APa itu Gawang Sepak Bola

Gawang Sepak Bola adalah hasil dari konferensi FA pada Desember 1882, ketika sejarah tujuan sepakbola dimulai. Pada konferensi itu diputuskan bahwa tujuannya adalah salah satu kelengkapan sepak bola dengan bentuk dua kutub yang sejajar dan bahwa penguasa diberi top. Selama konferensi itu juga diputuskan bahwa jarak antara dua palang sejajar ini adalah 8 yard dengan tinggi palang 8 kaki.

Sejak itu pos gawang telah dipasang di setiap lapangan sepak bola. Di awal penggunaannya, gawang ini tidak dilengkapi dengan jaring atau bola sarang. Ada kekurangan dalam menggunakan gol di masa-masa awal yang seringkali sulit untuk menentukan apakah ada gol atau tidak, terutama jika bola ditembak terlalu cepat. Masalah ini kemudian berhasil diselesaikan oleh Brodie, sebuah perusahaan berbasis Liverpol yang mematenkan penggunaan jaring / jaring untuk target.

Tinggi gol sepakbola Menurut FIFA

Tinggi gol sepakbola diukur dari bagian bawah mistar gawang. FIFA telah menetapkan aturan standar untuk ketinggian standar tujuan sepak bola. Setiap gawang di lapangan sepak bola harus mengikuti aturan ini sebagai ketentuan resmi FIFA, tidak lebih dan tidak kurang. Tergantung pada usia pemain dan jenis permainan sepak bola, ada divisi yang berbeda mengenai ketinggian tiang gawang. Departemen ini meliputi:

  • Tinggi sasaran sepak bola dewasa / profesional = 2,44 meter atau 244 cm atau 2,7 meter atau 8 kaki.
  • Tinggi tujuan sepak bola untuk pemain berusia 6, 7 dan 8 tahun = 1,37 – 1,98 meter atau 4,5 – 6,5 kaki
  • Ukuran pemain sepak bola pada usia 9 adalah 1,98 meter
  • Ukuran kiper sepak bola untuk anak berusia 10 tahun = 1,98 – 2,13 meter atau 6,5 – 7 kaki
  • Ukuran kiper sepak bola untuk usia 11 tahun = 1,98 – 2,44 meter atau 6,5 – 8 kaki
  • Ukuran penjaga gawang sepak bola untuk anak berusia 12 tahun = 2,13 – 2,44 meter atau 7-8 kaki

Lebar Gawang Sepak Bola Menurut FIFA

Lebar tujuan sepak bola juga harus diperhatikan sesuai dengan aturan standar yang ditetapkan oleh FIFA. Lebar tiang gawang diukur dengan dua tiang paralel yang vertikal. Setiap lapangan sepak bola yang digunakan dalam pertandingan resmi harus memenuhi peraturan lebar gol ini. Ukuran lebar menyesuaikan dengan tipe usia pemain yang akan bersaing. Berikut ini adalah pembagian ukuran gol sepakbola sesuai dengan standar FIFA.

  • Lebar sasaran sepak bola dewasa / profesional = 7,32 meter atau 732 cm atau 8 meter atau 24 kaki.
  • Lebar kiper sepakbola 6, 7 dan 8 tahun = 2,74 – 3,66 meter
  • Lebar gol pemain sepak bola pada usia 9 adalah 3,66 – 5,64 meter
  • Lebar tujuan pemain sepak bola untuk anak berusia 10 tahun adalah 5,64 – 6,4 meter
  • Lebar kiper sepak bola 11 tahun = 5,64 – 7,32 meter atau 18,5- 24 kaki
  • Lebar gol untuk pemain sepak bola berusia 12 tahun adalah 6,4 – 7,32 meter

Demikian Pembahasan kali ini mengenai Tinggi Gawang Sepak Bola. Dan Jangan Lupa Tetap Kunjungi yuksinau.co.id karena banyak artikel menarik dan bermanfaat. Terimaksih telah setia bersama kami dan tetap sinau ya sobat semua.

Baca Juga :