Ukuran Lapangan Lompat Jauh

Posted on

Ukuran Lapangan Lompat Jauh – Pada kali ini yuksinau.co.id akan menerangkan materi tentang Ukuran Lapangan Lompat Jauh. yang mana pembahasanya meliputi pengertian, cara bermain, peraturan, teknik dasar, contoh gambar lapangan dan berita tentang Dunia Olah Raga secara lengkap.

Olahraga lompat jauh pertama kali diadakan di Indonesia pada tahun 1869, ketika berpartisipasi dalam Olimpiade modern pada tahun 1896. Organisasi induk Altetic internasional didirikan pada tahun 1912 sehingga olahraga lompat jauh dapat berpartisipasi dalam salah satu olahraga yang diadakan di Olimpiade pada tahun 1928.

Dalam lompat jauh ada aturan untuk ukuran bidang lompat jauh, yang diatur oleh IAAF. Regulasi itu memang dibuat sedemikian rupa sehingga semua prosedur seleksi ini seragam dalam implementasinya. Jika Anda ingin membangun bidang lompat jauh, Anda harus tahu ini. Berikut ukuran lapangan lompat jauh sesuai dengan standar nasional internasional.

Ukuran Lapangan Untuk Olahraga Lompat Jauh

Ukuran Lapangan Lompat Jauh
  • Panjang bidang jump:
  • Panjang bak lompat jauh: 9 meter
  • Lebar bak lompat jauh: 2,75 meter
  • Panjang jalur untuk awan sebelum melompat: 13-45 meter
  • Lebar lintasan untuk awan berlari sebelum melompat: 1,22 meter
  • Panjang papan: 1,22 meter
  • Lebar papan: 20 meter
  • Diisi dengan pasir di area kolam lompat jauh

Untuk mendapatkan lompatan maksimum, Anda perlu mengetahui teknik lompat jauh dasar seperti awalan, yang seharusnya tidak tegang. Maka Anda harus menggunakan kaki terkuat sebagai andalan untuk menjaga tubuh di udara untuk waktu yang lama dan tubuh kita tidak harus jatuh ke belakang ke pasir.

Seperti halnya olahraga lain, ukuran bidang lompat jauh dan aturan lompat jauh ditentukan oleh organisasi olahraga internasional orang tua. Aturannya diatur agar kompetisi yang diadakan seragam. Berikut mengikuti ukuran bidang lompat jauh sesuai dengan standar internasional dan nasional.

Awalan lintasan lari
Lebar jarak untuk memulai lompat jauh adalah 1,22 meter dan maksimum 1,25 meter. Panjang rute itu sendiri adalah 40 meter. Panjang rute ini juga disesuaikan dengan kondisi atlet sebelum memulai lari ketika ia ingin melompat, yaitu antara 13 dan 45 meter. Jalur untuk awalan dibatasi oleh garis putih selebar 5 cm di kanan dan kiri.

Untuk mendapatkan lompatan maksimum dan memenangkan pertandingan, Anda harus memahami teknik lompat jauh dasar dan awalan, yang tidak boleh tegang dan gugup. Selain itu, menggunakan kaki terkuat sebagai alas, Anda bisa menggunakan kaki kiri atau kaki kanan.

Papan tolakan
Untuk panjang papan tolakan dalam lompat jauh saja, 1,21 hingga 1,22 meter sama dengan lebar trek awal. Lebar pelat tolakan adalah 19,8 cm hingga 20,2 cm dan ketebalan pelat tolakan 10 cm. . Selain itu, jarak antara pelat tolakan dan sisi terjauh dari landasan pendaratan setidaknya 10 meter.

Papan tolakan dalam olahraga lompat jauh persegi panjang yang terbuat dari kayu atau bahan lain yang sesuai seperti plastisin yang sesuai dan dicat putih. Papan tolakan dipasang dengan menanam dan pada jarak setidaknya 1 meter dari lokasi pendaratan atau pasir. Ini untuk memungkinkan kaki jumper direkam dengan benar ketika kesalahan telah terjadi.

Bidang Mendarat
Situs pendaratan di lompat jauh adalah pasir dengan ukuran berikut; Luas pendaratan setidaknya 2,75 meter. Jarak dari garis tolak ke ujung situs lompat setidaknya 10 meter atau memiliki panjang murni 9 meter.

Permukaan pasir di lokasi pendaratan harus rata atau sejajar dengan permukaan pelat tolakan. Ketika Anda mendarat di pasir ini, cobalah untuk tidak jatuh kembali dan menjaga tubuh Anda di udara untuk waktu yang lama.

Olahraga lompat jauh ini harus memastikan bahwa bahan pasir yang digunakan sebagai pendaratan untuk atlet atau atlet lompat jauh memiliki kualitas yang sangat baik, pasir halus, kualitas baik dan tidak ada kerikil yang tajam. Mengapa itu penting? Karena agar tidak melukai atlet dan peserta dalam lompat jauh.

Penting bagi atlet untuk mengetahui teknik lompat jauh dasar yang bagus, mis. B. mengurangi ketegangan saat lepas landas, menggunakan kaki terkuat untuk membuat tumpuan kaki sebelum melompat, mempertahankan tubuh yang melayang lebih lama di udara, dan jatuh ke bak mandi pendaratan yang seharusnya tidak jatuh ke belakang di sekitar Jangan mengurangi jarak antara hasil lompatan.

Lompat jauh umumnya merupakan bentuk lompatan dan angkat kaki di depan tubuh. Ini harus dilakukan agar tubuh Anda dapat menjaga berat badan Anda di udara selama mungkin. Anda harus melakukan gerakan ini dengan sangat cepat dan hanya menggunakan tolakan atau bangku. Selain kecepatan, Anda harus melakukan lompatan sejauh mungkin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Anda juga harus memahami teknik lompat tinggi sendiri. Jika Anda memahami tekniknya, hindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti cedera.

Seperti olahraga lompat tinggi, lompat jauh juga merupakan olahraga. Olahraga ini dapat dilakukan oleh atlet pria dan wanita. Tujuan dari olahraga lompat tinggi adalah untuk mencapai hasil lompatan sejauh mungkin. Untuk mencapai hasil yang diinginkan dan memenangkan pertandingan, atlet lompat jauh harus selalu melatih kecepatan, kekuatan dan keseimbangan mereka.

Lompat jauh ini tidak hanya dilakukan di tingkat regional atau nasional, tetapi juga di kompetisi olahraga internasional. Contohnya adalah Pertandingan Olimpiade, Pertandingan Asia atau pertandingan regional seperti Sea Games. Di Indonesia, lompat jauh berada di bawah perlindungan PASI atau Asosiasi Atletik Indonesia. Perusahaan induk dari organisasi lompat jauh adalah IAAF atau International Association of Athletics Federation.

Demikian Pembahasan kali ini mengenai Ukuran Lapangan Lompat Jauh. Dan Jangan Lupa Tetap Kunjungi yuksinau.co.id karena banyak artikel menarik dan bermanfaat. Terimaksih telah setia bersama kami dan tetap sinau ya sobat semua.

Baca Juga :

Related posts: