Negara Maju Di Benua Amerika

Posted on

Negara Maju di Benua Amerika – Benua Amerika, atau sering dijuluki dunia baru, adalah benua terbesar di wilayah barat. Benua Amerika sendiri dibagi menjadi tiga bagian termasuk Amerika Utara, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Di Amerika ada salah satu negara paling berpengaruh untuk Amerika dan bahkan di dunia, yaitu Amerika Serikat. Amerika Serikat adalah negara bagian atau negara perserikatan.

Apa yang di maksud dengan negara bagian? Negara bagian adalah negara di mana masih ada negara lagi di dalamnya. Ada 50 negara bagian di Amerika Serikat.

Amerika Serikat, negara ini memang sudah tidak lagi di ragukan dalam hal perkembangan teknologi maupun pengembangan nya. Sebenarnya ada banyak faktor yang mendorong perkembangan dan perkembangan teknologi di Amerika dan negara maju lainnya, salah satunya adalah sumber daya manusia tingkat tinggi, sehingga mereka mampu berinovasi dan kreatif dalam memajukan negara mereka.

Tenaga kerja terampil atau tenaga kerja ahli juga merupakan salah satu faktor yang membuat negara ini sangat maju di bidang teknologi. Apalagi Amerika Serikat sangat penting dan salah satu pemegang kendali dalam perekonomian dunia. Jadi tidak mengherankan bahwa Amerika Serikat dikatakan sebagai negara adikuasa.

Berikut ini adalah daftar negara maju di benua Amerika dan negara-negara berkembang di benua Amerika beserta profil dari masing-masing negaranya lengkap.

Negara Maju di Benua Amerika
Negara Maju di Benua Amerika

Negara Maju di Benua Amerika

Negara Maju di Benua Amerika
Negara Maju di Benua Amerika

Benua Amerika adalah benua terbesar kedua di dunia, benua Amerika itu sendiri terdiri dari negara kepulauan dan negara kesatuan / perserikatan.

Negara-negara yang benar-benar maju di benua Amerika hanya 2. Berikut ini adalah daftar negara maju yang ada di benua Amerika beserta profil atau penjelasan mengenai kedua negara maju tersebut.

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah negara yang menggunakan sistem pemerintahan republik konstitusional federal. Negara ini termasuk sebagai negara ketiga terbesar di dunia yang terletak di bagian utara benua Amerika dengan luas total 9.833.517 km2.

Populasi di Amerika Serikat adalah 325.625.791 km2 dan populasi rata-rata adalah kulit putih, hitam, dan Indian Amerika. Bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Inggris.

Saat ini Amerika Serikat adalah salah satu negara maju di Amerika dengan produk domestik bruto yang mencapai US$. 19,39 triliun dan pendapatan per kapita US $. 59.500.

Dalam hal ekonomi, Amerika Serikat memiliki ekonomi paling maju di dunia. Karena itu negara ini diakui oleh negara lain sebagai negara adikuasa. Sektor yang paling utama di negeri ini berasal dari sektor industri yang mampu menghasilkan produk ekspor terbaik. Beberapa produk yang dapat diproduksi termasuk gadget, elektronik, pesawat terbang dan alat-alat transportasi lainnya.

Selain berasal dari sektor industri, Amerika Serikat juga mampu menghasilkan produk makanan yang berasal dari sektor pertanian seperti gandum, sayuran, daging dan susu.

2. Kanada

Kanada adalah negara yang menggunakan sistem monarki pada pemerintahannya (kerajaan). Di divisi wilayah benua Amerika, Kanada berada di Amerika Utara. Kanada adalah salah satu negara terbesar di dunia dengan luas total 9.984.670 km2.

Total populasi mencapai 35.362.905 orang dan pertumbuhan populasi tahunannya hanya 0,74%. Bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Inggris dan Prancis.

Kanada saat ini diklasifikasikan sebagai negara maju di benua Amerika dengan pendapatan domestik bruto $ 1,532 triliun dan pendapat per kapita US $. 46.200.

Dalam hal ekonomi, Kanada adalah negara terkaya di dunia. Pertumbuhan ekonomi Kanada yang cepat didukung oleh sektor industri dan sektor pertambangan. Dari sektor industri, Kanada mampu menghasilkan produk yang dapat bersaing bahkan di pasar dunia seperti elektronik dan bahan makanan.

Tetapi sektor yang paling unggul atau utama berasal dari sektor pertambangan yang dapat menghasilkan minyak berkualitas ekspor.

Baca Juga : Peta Negara Maju dan Berkembang

Negara Berkembang di Benua Amerika

Selain memiliki negara-negara maju, di benua Amerika juga terdapat negara-negara yang berkembang, yang artinya di negara ini banyak yang berpotensi menjadi negara maju, menyusul kedua negara maju yang telah di jelaskan di atas tadi. Berikut adalah negara-negara berkembang di benua Amerika beserta profil negara-negaranya ;

Negara Berkembang di Benua Amerika
Negara Berkembang di Benua Amerika

Daftar Negara Berkembang di Benua Amerika Utara

1. Republik Dominika

Dominika adalah republik presidensial yang demokratis atau negara yang dipimpin presiden. Jenis pemerintahannya sendiri dibagi menjadi 3 bagian, yaitu cabang eksekutif, yudikatif & legislatif.

Negara ini memiliki luas 48.442 km2 dengan populasi 10,65 juta orang dari berbagai kelompok etnis. Sebagian besar populasi adalah etnis Eropa dibandingkan dengan kelompok etnis asli di sana, yaitu Amerika. Bahasa yang umum digunakan adalah Spanyol.

Dari segi ekonomi, Republik Dominika sebenarnya memiliki ekonomi nomor sembilan yang relatif besar di Amerika Latin. Pendapatan pokok tertinggi diperoleh dari sektor pertambangan dan industri. Namun Republik Dominika masih diklasifikasikan sebagai negara berkembang di benua Amerika.

2. Kosta Rika

Kosta Rika adalah negara dengan sistem pemerintahan republik presidensial. Luas negara ini 51.100 km2, negara Kosta Rika adalah yang terkecil di wilayah Amerika.

Populasi yang terdaftar di negara ini mencapai 4.930.258 orang, yang sebagian besar berasal dari etnis mestizo atau yang dikenal secara umum dengan sebutan etnis kulit putih.

Ekonomi di negara Kosta Rika sebenarnya cukup stabil dengan pendapatan internal $ 85,2 miliar dan pendapatan per kapita $ 17.200. Sektor yang menjadi tulang punggung negara ini adalah sektor pertanian.

Dari sektor pertanian, dapat menghasilkan produk yang berbeda, seperti jagung, gula, nanas, kopi, dan pisang. Meski pun perekonomian nya cukup stabil, masih membuat negara ini menjadi negara berkembang di benua Amerika.

3. Jamaika

Jamaika adalah negara yang menggunakan sistem monarki konstitusional atau dipimpin oleh seorang raja atau ratu. Jamaika adalah negara kepulauan yang memiliki luas 11.000 km2 dengan populasi 3 juta jiwa.

Sebagian besar populasinya berkulit hitam dan sisanya berasal dari Eropa, Cina, dan India. Bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah bahasa Inggris.

Untuk ekonominya, Jamaika menghasilkan dari sektor pertambangan dan industri. Jamaika mampu menghasilkan aluminium dari hasil pertambangannya.

Meskipun dapat menghasilkan dari sektor pertambangan dan industri, kondisi ekonomi kurang stabil. Ini berarti bahwa negara ini adalah negara berkembang di benua Amerika.

4. Meksiko

Meksiko adalah negara dengan sistem pemerintahan republik presidensial federal. Luas negara yang satu ini mencapai 1.964.375 km2.

Total populasi yang dimiliki oleh negara Meksiko mencapai 123.166.749, menjadikan Meksiko sebuah negara yang terdaftar memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia yakni urutan ke-11.

Sebagian besar penduduk berasal dari Ethni Mestizo dan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi. Meksiko masih tergolong negara berkembang di benua Amerika, hal ini disebabkan pertumbuhan penduduk yang tidak bisa dikendalikan.

5. Panama

Panama adalah republik yang terletak di Amerika Utara dengan luas 75.420 km2. Total populasi saja mencapai sekitar 3.753.142 orang.

Di bidang ekonomi negara, dapatkan hasil dari sektor jasa dan industri. Negara ini masih tergolong negara berkembang di Amerika.

Daftar Negara Berkembang di Benua Amerika Selatan

1. Brazil

Brasil adalah negara dengan bentuk pemerintahan republik presidensial federal. Negara ini termasuk yang terbesar di benua Amerika Selatan dengan luas 8.515.770 km2. Selain itu, Brasil juga dinobatkan sebagai negara terbesar kelima di dunia

Penduduk di negara ini mencapai 205.823.665 jiwa, dengan jumlah penduduk yang sebanyak itu menjadikan Brasil menjadi negara terbesar kelima di dunia.

Dari sudut pandang ekonomi, Brasil memiliki ekonomi terbesar kedelapan di dunia, meskipun Brasil memiliki ekonomi terbesar ke-8 di dunia, negara ini tetap menjadi negara berkembang di Amerika. Ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti populasi yang tidak terkontrol.

Sektor yang paling unggul dan utama di negara ini berasal dari sektor pertanian. Produk utama sektor pertanian adalah kopi, jagung, kedelai, tebu, beras, gandum, dan kakao.

2. Chili

Chili adalah negara yang menganut sistem pemerintahan republik presidensial, yang merupakan negara yang dipimpin oleh presiden. Negara ini memiliki luas 756.102 km2 dengan jumlah penduduk mencapai 17.789.267 jiwa.

Sebagian besar kelompok etnis yang menduduki negara itu adalah etnis kulit putih dan bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Spanyol.

Dalam hal ekonomi, negara yang satu ini juga cukup stabil. Pertambangan dan perkebunan telah menjadi sumber pendapatan utama bagi negara Chili.

Hasil perkebunan yang sangat unggul di negara ini adalah kayu. Sedangkan untuk hasil pertambangan nya adalah besi dan baja.

3. Kolumbia

Kolombia adalah negara dengan sistem pemerintahan republik presidensial. Negara ini memiliki luas 1.138.910 km2 dengan total populasi 47.698.524 orang.

Sebagian besar penduduk Chili, berasal dari kelompok etnis Mestizo, adalah kelompok etnis yang memiliki campuran darah Eropa dan India.

Ekonomi Kolombia terutama didasarkan pada sektor pertambangan, karena Kolombia adalah negara penghasil minyak keempat di Amerika Selatan. Dan produsen batubara terbesar kedelapan di dunia.

Tidak hanya dari sektor pertambangan, Kolombia juga unggul di sektor pertanian. Dari sektor pertanian, Kolombia mampu menjadi pengekspor kopi terbesar ke-3 di dunia.

4. Argentina

Argentina adalah negara yang menggunakan sistem pemerintahan republik presidensial, yakni negara yang dipimpin oleh presiden. Negara ini termasuk dalam negara terbesar ke-8 di dunia dengan luas 2.780.400 km2.

Populasi mencapai 44.293.293, yang sebagian besar berasal dari Eropa dan mestizos. Bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Spanyol.

Sumber daya alam yang ditemukan di Argentina memang sangat berlimpah, jadi dalam hal ekonomi Argentina sangat menguntungkan dari sektor pertanian.

Beberapa produk pertanian yang ditaburkan dari Argentina adalah teh, kacang kedelai, kacang-kacangan, gandum, tembakau, jagung, lemon, anggur, dan biji bunga matahari. Selain sektor pertanian, ada juga memainkan peran penting bagi negara Argentina ini yaitu sektor industri.

________________________

Itulah penjelasan kami mengenai Negara Maju di Benua Amerika dan Negara Berkembang di Benua Amerika. Kalian juga bisa mengunjungi artikel kami yang lain di bawah ini.

Artikel Terkait :

Related posts: