Jumlah Pemain Sepak Bola

Posted on

Jumlah Pemain Sepak Bola – Pada kali ini yuksinau.co.id akan menerangkan materi tentang Jumlah Pemain Sepak Bola yang mana pembahasanya meliputi pengertian, cara bermain, peraturan, teknik dasar, contoh gambar lapangan dan berita tentang Dunia Olah Raga secara lengkap.

Dalam pertandingan sepak bola kita harus mengikuti aturan ketika kita berpartisipasi dalam permainan.

Secara umum, aturan main sepakbola diketahui oleh semua orang, baik pemain yang berpartisipasi dalam pertandingan dan penonton yang hanya menonton.

Sebelum kita memainkan pertandingan sepak bola, alangkah baiknya jika kita mengetahui teknik dasar sepak bola sehingga ketika kita bermain sepakbola kita tidak lagi jelas tentang langkah apa yang harus diambil.

Jumlah Pemain dalam Olahraga Sepak Bola

Jumlah Pemain dalam Olahraga Sepak Bola

Kita tahu bahwa jumlah pemain sepakbola terdiri dari 11 pemain inti dan sejumlah pemain cadangan telah ditambahkan. Setiap pemain memiliki posisi dan tugas yang berbeda dari masing-masing pemain. Biasanya ada 6 pemain atau lebih untuk pemain cadangan, tetapi dalam permainan kelas internasional seperti Piala Dunia atau Kejuaraan Eropa biasanya ada 12 pemain.

Praturan Dalam Sepak Bola

Lapangan Sepak Bola

  • Panjang bidang = 100-110 m
  • Lebar bidang = 64 – 75 m
  • Area pos gawang adalah 18,35 x 5,5 m
  • Jari-jari lingkaran tengah = 9,15 m
  • Daerah penalti adalah 40,39 x 16,5 m
  • Jarak titik penalti ke garis gawang = 11 m

Gawang Bola

  • Gerbang tinggi = 2,44 m
  • Lebar gerbang = 7,32 m

Bola

  • Bahan bola = kulit
  • Bentuk bulat = bulat
  • Berat bola = 396 – 453 gram
  • Di sekitar lingkaran bola = 68 – 71 cm

Aturan Untuk Memulai Permainan

Sebelum pertandingan dimulai, pemain harus berjabat tangan dengan sesama pemain atau lawan dan berbaris ke penonton.
Wasit membawa koin dan kapten dari masing-masing tim memilih sisi koin, kemudian wasit membalik koin dan pilihan sisi koin yang sesuai oleh kapten dapat memilih bola atau gol asli.

Jumlah Pemain Sepak Bola

Ada 2 tim dan masing-masing tim terdiri dari 11 orang (salah satunya adalah penjaga gawang). Jika sebuah tim dengan kurang dari 7 atau 4 pemain terkena dan ditinggalkan oleh kartu merah, tim tersebut dianggap kalah

Pemimpin tim (kapten)

Setiap tim harus memiliki kapten untuk kapten untuk berdiskusi dengan wasit jika ada masalah dengan tim.

Aturan untuk Penggunaan Aksesori

  • Jersey, dalam satu pertandingan kedua tim mungkin tidak mengenakan kemeja satu warna. Setiap tim harus memiliki identitas yang berbeda, masing-masing tim harus memiliki 2 warna baju. 1 untuk pertandingan kandang dan satu lagi untuk pertandingan tandang.
  • Socks, pada pertandingan sepakbola resmi, warna kaus kaki harus sama. Kaus kaki ini juga dimaksudkan untuk melindungi tulang kering dan mencegah cedera.
  • Sarung tangan hanya boleh digunakan oleh penjaga gawang (penjaga gawang) untuk mempermudah menangkap bola dan melindungi tangan dari serangan bola keras. Pemain lain juga bisa memakainya, tetapi jika berada di tempat yang dingin atau bersalju.
  • Tutup kepala, hanya bisa digunakan oleh pemain yang cedera.
  • Aksesori yang dilarang, termasuk anting-anting, kalung, gelang dan lainnya.

Wasit

Wasit mencatat seluruh jalannya pertandingan dan memutuskan apakah pemain sepak bola melanggar aturan yang berlaku. Wasit utama didukung oleh 2 asisten wasit.

Asisten Wasit

Asisten wasit disebut Linesman. Beri tahu wasit utama jika ada posisi offside dengan bendera, dan waspadai lemparan dan sudut.

Aturan Musim Untuk Sepak Bola

Permainan bertahan 90 menit dan dibagi menjadi 2 putaran, masing-masing babak memiliki 45. Dengan istirahat tidak lebih dari 15 menit.

Ketika 90 menit habis dan permainan membutuhkan pemenang, waktu tambahan akan menjadi 2 x 15 menit. Jika posisinya masih sama, denda akan ditahan.

Aturan Kick-off

Kick-off terjadi di awal pertandingan, di sepakbola, jika:

  • Mulai pertandingan
  • Sebuah tujuan telah terjadi
  • Mulai putaran kedua
  • Mulai ekstensi

Aturan Target

Perhitungan gol dilakukan ketika bola masuk ke gawang dan melewati gawang dan tidak ada pemain dalam posisi offside, ofensif atau bola tangan. Semua keputusan ada di tangan wasit, yang akan menentukan apakah tujuannya valid atau tidak.

Aturan offside dan offside

Offside terjadi ketika rekan satu tim beralih ke pemain lain tetapi sedikit di depan bek lawan.

Asisten wasit menentukan offside atau offside dengan mengangkat bendera. kontrol terbalik onside.

Aturan Untuk Bola Keluar

Jika bola datang dari bidang samping, lemparan ke dalam terjadi. Dan jika ada tendangan sudut di sebelah gawang.

Wasit memiliki hak untuk memerintahkan pemain melepas bola jika pemain cedera.

Lempar Masuk

Yang terjadi ketika bola meninggalkan lapangan permainan adalah tim yang melakukan lemparan ke dalam, tim yang tidak melempar bola. Saat melempar, pemain tidak boleh membuang waktu dan satu kaki tidak dapat dinaikkan.

Tendangan Gol

Dilakukan ketika bola melewati garis gawang karena pemain lawan. Kiper atau rekan setimnya dapat melakukan tendangan jika bola tidak melewati garis gawang.

Tendangan Sudut

Jika bola jatuh melewati garis gawang melalui bek, pemain lawan menendang bola. Tempat tendangan tergantung pada tempat (kanan atau kiri) bola.

Aturan Substitusi Pemain

Pertukaran pemain hanya dimungkinkan untuk maksimal 3 orang. Namun, dalam pertandingan persahabatan, pemain bisa diganti tujuh kali.

Aturan Untuk Pelanggaran

Cedera bisa terjadi ketika duel terlalu keras, mengepalkan tangan, mendorong lawan, menarik jersey lawan, mengganggu gerakan kiper, dan banyak lagi. Wasit mengeluarkan dua jenis kartu, kartu merah dan kuning.

Ketika Anda menerima kartu merah, pemain meninggalkan lapangan. Jika Anda menerima kartu kuning, Anda akan menerima peringatan keras, dan jika Anda menerima kartu kuning dua kali, Anda akan secara otomatis menerima kartu merah.

Aturan tendangan bebas

Tendangan bebas yang terjadi di TKP memiliki dua opsi: Mereka menendang langsung ke gawang atau pas dengan rekan satu tim.

Kasus Penalti

Terjadi karena pemain melakukan pelanggaran di area gawang. Seperti bola tangan, tekel dan pelanggaran lainnya. Salah satu pemain ditunjuk sebagai orang yang menendang bola.

Demikian Pembahasan kali ini mengenai Jumlah Pemain Sepak Bola. Dan Jangan Lupa Tetap Kunjungi yuksinau.co.id karena banyak artikel menarik dan bermanfaat. Terimaksih telah setia bersama kami dan tetap sinau ya sobat semua.

Baca Juga :

Rate this post