Jumlah Pemain Basket

Posted on

Jumlah Pemain Basket – Pada kali ini yuksinau.co.id akan menerangkan materi tentang Jumlah Pemain Basket yang mana pembahasanya meliputi pengertian, cara bermain, peraturan, teknik dasar, contoh gambar lapangan dan berita tentang Dunia Olah Raga secara lengkap.

Dalam bola basket kita melihat bahwa umumnya 10 pemain bersaing satu sama lain di lapangan basket. 10 pemain dibagi menjadi dua bagian, 5 pemain untuk Tim A dan 5 pemain untuk Tim B. Penggunaan 5 pemain untuk setiap tim yang berpartisipasi dalam kompetisi telah dipraktikkan sejak ditemukannya permainan bola basket ini pada akhir tahun 1890-an. Permainan bola basket dapat diadakan di lapangan terbuka atau di ruangan tertutup (dalam ruangan) dengan fasilitas yang lebih luas seperti papan skor, stan, dan fasilitas terbaik lainnya.

Jumlah Pemain Bola Basket

Jumlah Pemain Basket

Sebagai aturan, sejumlah 5 pemain digunakan sebagai starter dan 5 pemain cadangan dalam bola basket. Pada acara yang lebih bergengsi seperti NBA, dua pemain cadangan tambahan ditambahkan, sehingga ada total 12 pemain di setiap tim. 5 pemain yang menjadi starter memiliki posisi dan tugas masing-masing serta pemain cadangan yang beradaptasi dengan posisi pemain starter. Karena olahraga ini memiliki intensitas gerakan yang sangat tinggi, sistem penggantian lebih bebas. Ini berarti bahwa pemain yang telah diganti dapat masuk kembali kapan saja setelah keputusan pelatih.

Beberapa menit untuk bermain basket

12 pemain dalam tim menerima menit permainan yang berbeda. Sebagai permulaan, jika permainan 4 kali 12 menit (48 menit), menit biasanya diperoleh dalam kisaran 30-40 menit. Pemain yang mendapat skor tertinggi adalah penghitung utama atau pemain terpenting bagi tim.

Sementara untuk pemain pengganti, menit bermain bervariasi dari kebanyakan, seperti: B. orang keenam yang mencapai 20-25 menit, hingga mereka yang hanya mendapatkan 3 menit untuk pemain prioritas utama. Strategi dan kuota permainan ditentukan oleh strategi pelatih dan kualitas individu masing-masing pemain. Sebagai cadangan, pemain biasanya disebut sebagai pemain peran.

Bermain basket

Dalam aturan FIBA, waktu standar untuk bermain basket adalah 4×10 menit. atau total 40 menit, dibagi menjadi 4 kuartal. Kuartal pertama dan kedua biasanya disebut sebagai babak pertama, sedangkan kuartal ketiga dan keempat disebut sebagai babak kedua dengan perubahan posisi di lapangan.

Ada jeda 10 menit di setiap kuartal. Jika permainan berakhir pada detik terakhir, lembur akan berlanjut sampai pemenang ditentukan. Olahraga ini juga menggunakan waktu yang fleksibel, yang berarti bahwa menit permainan hanya berjalan ketika bola / kepemilikan dimainkan. Sementara itu, jeda seperti pelanggaran, lemparan bebas dan insiden lainnya menghentikan waktu dan melanjutkan di posisi berikutnya.

Dalam kompetisi NBA, waktu default untuk bermain basket adalah 4 x 12 menit, membuat permainan lebih lama. Di sisi lain, pemain cadangan diberikan banyak menit bermain. Efek positif lainnya adalah skor yang lebih tinggi dan statistik individu yang lebih baik.

Posisi dan tugas pemain bola basket

Posisi dan tugas pemain bola basket

Posisi pemain bola basket pada umumnya dibagi menjadi tiga posisi utama, striker, penjaga dan tengah. Karena game ini menggunakan format 5-pemain, posisi forward dan guard dibagi menjadi dua bagian utama, yaitu Power Forward-Small Forward dan Point Guard-Shooting Guard. Untuk menjelaskan setiap posisi sebagai berikut:

Point Guard
Pemain yang berada di jantung permainan tim biasanya disebut sebagai playmaker dalam bola basket. Pemain dengan posisi PG adalah pemain yang paling sering membawa bola, menggiring bola, mengoper, dan mengatur ritme permainan sesuai dengan instruksi pelatih. Point guard terdiri dari para pemain dengan bola basket IQ tertinggi dalam tim dan biasanya adalah kapten.

Shooting Guard
Shooting Guard adalah ruang belakang, yang tugasnya adalah menembak keluar dari situasi yang berbeda dan mengumpulkan poin. Pemain di posisi ini harus memiliki keterampilan menembak yang baik, baik dari jarak dekat dan dengan tembakan 3 poin. SG juga harus memiliki keterampilan pertahanan yang baik untuk melindungi parameter area dari serangan musuh.

Striker kecil
Striker kecil adalah posisi yang biasanya ditempati oleh pencetak gol utama tim. Pemain di posisi ini harus memiliki keterampilan ofensif yang baik seperti lay-up, post-up, dunk, jumper fadeaway dan hingga tembakan 3 poin. SF juga harus bisa menjadi pemain bertahan dan penembak lini kedua di fase pertahanan.

Daya Maju
Power Forward adalah pemain yang tugasnya adalah melindungi area tengah dan menjadi pemain yang banyak bermain di area terlarang (area lukisan) untuk memblokir serangan lawan dan rebound di fase defensif dan ofensif. capture. Pemain dalam posisi ini biasanya memiliki fisik yang kuat dan dapat berduel dengan striker lawan.

5 tengah
Center adalah pemain terbesar dan tertinggi di tim. Fungsi utama pusat adalah bek terakhir dalam strategi pertahanan. Dan, sebagai suatu peraturan, para pemain ini adalah pemain yang paling sering memblokir dan memantul dan bertindak sebagai screener bagi para penjaga dalam permainan pick-and-roll ketika mencari jarak tembak untuk tim.

Sejarah Singkat Basket

Game basket dikembangkan oleh Dr. James Naishmith pada tahun 1891. Permainan ini awalnya dimaksudkan hanya untuk memiliki permainan yang bisa dimainkan di gedung.

Prasyaratnya adalah bahwa gim ini mudah dimainkan, mudah dipelajari dan tentu saja menarik ketika orang memainkannya atau melihatnya. Kemudian bola basket lahir. Dikenal sebagai bola basket karena tujuan utama permainan ini adalah keranjang.

Bola basket tumbuh dalam waktu singkat. Konferensi bola basket dimulai pada tahun 1932 dan menghasilkan asosiasi bola basket internasional atau Asosiasi Amatir Bola Basket Internasional (FIBA). Hingga akhirnya game ini mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1936.

Demikian Pembahasan kali ini mengenai Jumlah Pemain Basket. Dan Jangan Lupa Tetap Kunjungi yuksinau.co.id karena banyak artikel menarik dan bermanfaat. Terimaksih telah setia bersama kami dan tetap sinau ya sobat semua.

Baca Juga :

Rate this post