Negara Maju Di Benua Eropa

Posted on

Negara Maju Di Benua Eropa – Di benua Eropa ada banyak negara yang merupakan negara maju. Bahkan hampir semua di benua eropa adalah negara maju. Negara-negara berkembang sebagian ditemukan di bagian timur benua Eropa.

Sebagian besar negara di Eropa adalah negara maju karena mereka memiliki pendapatan per kapita yang tinggi. Selanjutnya, tingkat penguasaan teknologi juga sudah sangat maju. Berikut adalah Daftar negara maju di benua Eropa beserta penjelasan nya lengkap.

Negara Maju Benua Eropa
Negara Maju Benua Eropa

Negara Maju Di Benua Eropa

Negara Maju di Benua Eropa
Negara Maju di Benua Eropa

1. Italia

Italia adalah negara di benua selatan Eropa. Bentuk Pemerintahannya Republik. Negara dipimpin oleh presiden, sedangkan kepala pemerintahan adalah oleh perdana menteri.

Ibukota Roma, Lagu kebangsaan “Frateli D’Italia La Italia S’E Desta”. Wilayah ini memiliki luas 301.270 km2. Mata uang euro Penghasilan per kapita adalah $ 35,123.

Sebagian besar populasi adalah Katolik Roma. Bahasa resmi adalah bahasa Italia dan mayoritas penduduk adalah bahasa Italia. Produk pertanian dan pertambangan termasuk buah-buahan, kalium, belerang sayuran, dan gandum.

2. Portugal

Portugal adalah negara di sebelah barat benua Eropa. Formulir Pemerintah Republik. Negara dipimpin oleh presiden, sedangkan kepala pemerintahan adalah oleh perdana menteri.

Ibukota Lisbon Lagu kebangsaan “Heiros Do Mar”. Daerah ini 94.276 km2. Total populasi 9.800.000 jiwa. Jumlah kepadatan penduduk 107 orang / km2.

Mata uang euro Penghasilan per kapita adalah $ 20.663. Sebagian besar populasi adalah Katolik Roma. Bahasa resmi adalah bahasa Portugis.

Populasi asli terdiri dari Portugis. Produk pertanian dan pertambangan meliputi: beras, zaitun, buah, gandum, anggur, uranium, besi, emas, batu bara, tembaga, dan koalin.

3. Spanyol

Spanyol adalah negara di sebelah barat benua Eropa. Terletak di bagian timur Portugal. Bentuk pemerintahan monarki konstitusional. Negara dipimpin oleh raja, sedangkan pemerintah oleh perdana menteri.

Ibukota Madrid. Lagu kebangsaan “Himno Nacional (Marcha Granadera)”. Luas wilayahnya adalah 505.050 km2. Populasi adalah 36.900.000. Kepadatan populasi adalah 79 orang / km2. Mata uang euro Penghasilan per kapita $ 30,315.

Sebagian besar populasi adalah Katolik Roma. Bahasa resmi adalah bahasa Spanyol. Populasi terdiri dari suku-suku Kastilia, Galicia, Valencia, Andalusia, dan Basque.

Produk pertanian dan pertambangan meliputi: zaitun, anggur, uranium, potasium, gandum, jeruk, merkuri, timah, besi dan tembaga.

4. Jerman

Jerman adalah negara di utara benua Eropa. Bentuk pemerintahan Republik. Kepala negara dan pemerintahan dipimpin oleh kanselir. Ibukota Berlin. Lagu kebangsaan “Einigkeit und Recht und Freiheit”.

Luas wilayahnya adalah 356.910 km2. Total populasi 81,6 juta jiwa. Kepadatan populasi adalah 33 orang / km2. Mata uang euro Penghasilan per kapita $ 45.925.

Mayoritas penduduknya adalah Protestan dan Katolik. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Jerman. Penduduk asli terdiri dari campuran suku Tentania, Celtic dan Slavia.

Produk pertanian dan pertambangan meliputi: kentang, bit gula, anggur, beras, umbi-umbian, minyak, tembaga, dan bijih besi.

5. Swiss

Swiss adalah negara di bagian tengah benua Eropa. Bentuk pemerintahan republik federal. Kepala negara dan pemerintahannya dipimpin oleh presiden. Ibukota Bern. Lagu kebangsaan “Rufst Du Mein Vaterland”.

Area ini adalah 41.290 km2. Populasi adalah 7.200.000. Kepadatan populasi adalah 181 orang / km2. Franc Swiss. Penghasilan per kapita $ 80.276.

Mayoritas penduduk adalah Katolik Roma dan Kristen Romawi. Bahasa yang digunakan adalah Prancis, Jerman dan Italia. Populasi terdiri dari orang Jerman, Prancis, & Italia. Produk pertanian dan pertambangan meliputi: kentang, bibit gula, tembakau, sereal dan garam.

6. Belanda

Belanda adalah negara di sebelah barat benua Eropa. Bentuk pemerintahan nyata. Negara dipimpin oleh raja / ratu, sedangkan kepala pemerintahan adalah oleh perdana menteri. Ibukota Amsterdam.

Lagu kebangsaan “Wilhelmus van Nassouwe”. Daerah ini adalah 37.330 km2. Total populasi 15.500.000 jiwa. Kepadatan populasi adalah 457 orang / km2. Mata uang dalam euro dan dolar AS. Penghasilan per kapita $ 47.651.

Populasinya adalah orang Katolik Roma. Bahasa yang digunakan bahasa Belanda. Sebagian besar penduduk adalah etnis Belanda. Produk pertanian dan pertambangan meliputi: gula, tembakau, sereal dan batubara.

7. Belgia

Belgia adalah negara di sebelah barat benua Eropa. Bentuk pemerintahannya adalah kerajaan. Negara ini dipimpin oleh raja / ratu, sementara pemerintah dijalankan oleh perdana menteri. Ibukota Brussels. Lagu kebangsaan “Brabanconne Noble Belgique O Mere Cheire”.

Daerah ini memiliki luas 33.100 km2. Total populasi 10.100.000 jiwa. Kepadatan populasi adalah 33.100 orang / km2. Mata uang euro Penghasilan per kapita $ 43.686. Sebagian besar populasi adalah Katolik Roma.

Bahasa yang digunakan adalah Belanda, Prancis dan juga bahasa Jerman. Populasi Belgia terdiri dari suku Fleming dan Wallon. Produk pertanian dan pertambangan meliputi: gula, tembakau, sereal dan batubara.

8. Inggris (United Kingdom)

Inggris adalah sebuah kerajaan di utara benua Eropa. Bentuk pemerintahan nyata. Desa ini dipimpin oleh ratu. Pemerintah dipimpin oleh perdana menteri. Ibukota London. Lagu kebangsaan “God Save the Queen”.

Luas wilayahnya 249.988 km2. Total populasi 241 jiwa / km2. GBP. Penghasilan per kapita adalah $ 39.049. Populasinya adalah Anglikan dan Katolik Roma.

Bahasa resmi adalah bahasa Inggris. Sebagian besar populasi adalah bahasa Inggris. Produk pertanian dan pertambangan meliputi: kentang, susu, mentega, sayuran, gandum, batu bara, seng, mangan, tembaga, timah, dan bijih besi.

9. Perancis

Prancis adalah negara di utara benua Eropa. Bentuk pemerintahan Republik. Negara dipimpin oleh presiden, sedangkan kepala pemerintahan adalah oleh perdana menteri. Ibukota Paris Lagu kebangsaan “La Marsillaise”. Daerah ini memiliki luas wilayah 557.670 km2. Populasi adalah 58.000.000.

Kepadatan populasi adalah 105 orang / km2. Mata uang nya Euro dan franc. Penghasilan per kapita $ 44,730. Sebagian besar populasi adalah Katolik Roma.

Bahasa resmi adalah bahasa Prancis. Produk pertanian dan pertambangan meliputi: beras, barley, gandum, apel, persik, aprikot, mentega, bijih besi, anggur, susu, keju, kalium, garam, fosfat, bauksit, minyak dan batubara.

10. Rusia

Rusia adalah negara di benua timur Eropa. Rusia adalah kelanjutan dari Uni Soviet. Bentuk pemerintah negara bagian federal. Negara ini dipimpin oleh presiden, sedangkan kepala pemerintahan adalah oleh perdana menteri. Ibukota Moskow. Lagu kebangsaan “Nyanyian Soviet”.

Daerah ini 17.075.400 km2. Total populasi 144.080.000 jiwa. Kepadatan populasi adalah 8 orang / km2. Rubel mata uang. Penghasilan per kapita adalah $ 14.973. Sebagian besar penduduknya adalah Ortodoks Rusia.

Bahasa resminya adalah Rusia. Sebagian besar penduduk berasal dari kelompok etnis Rusia. Produk pertanian dan pertambangan meliputi: ubi jalar, gandum, bibit gula, mangan, bauksit, merkuri, minyak dan batubara.

Baca Juga : Peta Negara Maju dan Berkembang

Daftar Negara Maju di Eropa Lengkap

Selain dari 10 Negara maju di benua Asia di atas, lebih lengkapnya dibawah ini beberapa daftar negara yang bisa dikatakan sebagai negara maju di Benua Eropa;

  1. Negara Turki
  2. Negara Swedia
  3. Negara Liechtenstein
  4. Negara Luksemburg
  5. Negara Belgia
  6. Negara Norwegia
  7. Negara Denmark
  8. Negara Irlandia
  9. Negara Islandia
  10. Negara Yunani
  11. Negara Estonia
  12. Negara Andorra
  13. Negara Siprus
  14. Negara Finlandia
  15. Negara Austria
  16. Negara Slovenia
  17. Negara Republik Ceko
  18. Negara Hungaria
  19. Negara Latvia
  20. Negara Rusia
  21. Negara Malta
  22. Negara Polandia
  23. Negara Lithuania
  24. Negara Slovakia
  25. Negara San Marino
  26. Negara Monako

Itulah pembahasan kita di kesempatan kali ini mengenai Daftar Negara Maju di Benua Eropa. Semoga bermanfaat. Kunjungi artikel kami yang lain di bawah ini.

Artikel Lainnya :

Related posts: