Negara Maju di Benua Afrika

Posted on

Benua Afrika adalah salah satu nama dari benua-benua besar dunia, benua ini berbatasan langsung dengan benua Asia. Benua Afrika sering memiliki sebutan “benua hitam” karena kondisi ini disebabkan oleh kenyataan bahwa sebagian besar orang yang tinggal di benua Afrika adalah penduduk kulit hitam, banyak agama tersebar luas di benua ini, mulai dari Islam, Kristen, hingga Budha dan beberapa agama-agama lain

Sejauh ini benua Afrika juga dapat didefinisikan sebagai benua tertinggal, karena di benua ini ada banyak negara yang tergolong miskin. Sedangkan untuk benua Afrika, ada juga negara yang diklasifikasikan sebagai negara maju.

Negara Maju Benua Afrika

Negara Maju di Benua Afrika

Pada prinsipnya, negara-negara maju di Afrika tidak sebanyak negara-negara yang terdapat di benua Asia atau yang lainnya, bahkan dalam banyak sumber dinyatakan bahwa di benua Afrika tidak ada yang di klasifikasikan sebagai negara maju.

Hanya saja dalam dokumen sejarah ada beberapa negara yang di klasifikasikan sebagai negara maju di Afrika. Nah jadi berikut ini adalah negara-negara maju benua afrika berdasarkan catatan sejarah.

1. Negara Libya

Libya adalah satu-satunya negara maju di benua hitam (Afrika) dengan ibu kota di kota Tripoli. Negara ini adalah bekas jajahan Italia (dalam Perang Dunia Kedua) yang menjadi merdeka setelah Italia menyerah kepada sekutu.

Sumber kekayaan negara Libya berasal dari cadangan minyak terbesar kesepuluh dari semua negara di dunia. Selain itu, Libya juga memiliki produksi minyak tertinggi ke-17 di negara-negara di dunia, sehingga negara ini memiliki indeks pengembangan Manusia (IPM) yang merupakan yang tertinggi di Afrika dan juga memiliki PDB per kapita terbaik di benua Afrika.

Namun, saat ini negara Libya telah gagalatau mengalami kebangkrutan sehingga negara Libya tidak lagi diklasifikasikan sebagai negara maju, Kabangrutan telah menderita status Libya karena perang saudara memperebutkan kekuasaan, perang ini terjadi antara Februari dan Oktober 2011

2. Negara Seychelles

Negara berikutnya adalah Seychelles yang memiliki ibukota Victoria, negara ini memiliki indeks pembangunan manusia (IPM) terbaik di benua Afrika dengan total sekitar 0,845 pada tahun 2007.

Negara Seychelles terletak di timur laut Madagaskar, yang memiliki sumber kekayaan dari perkebunan dan pariwisata. Negara Seychelles hampir identik dengan negara Indonesia, persamaannya adalah karena banyaknya pulau.

3. Negara Mauritius

Negara terbaik di benua Afrika dalam hal Indeksi Pembanguan Manusia adalah Negara Mauritius dengan ibu kota Port Louis, negara ini memiliki nilai pengembangan sekitar 0,804 pada 2007. Dengan sumber daya ekonomi untuk pertanian, pariwisata, dan bahkan industri.

Daftar Negara Berkembang di Benua Afrika

Selain hal tersebut di atas untuk daftar negara maju, yang ada di Benua Afrika berdasarkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) adalah sebagai berikut;

  • Negara Tunisia
  • Negara Guinea Khatulistiwa
  • Negara Tanjung Verde
  • Negara Gabon
  • Negara Aljazair
  • Negara Mesir
  • Negara Botswana

Daftar Negara Berkembang di Benua Afrika

Berdasarkan laporan terkini seperti yang juga telah di jelaskan di atas bahwa tidak ada negara maju di benua Afrika. Dahulu negara Libya menjadi negara maju namun setelah ada gejolak politik yang mengakibatkan kebangkrutan yang di alami negara ini maka negara Libya tidak lagi di kategorikan dalam daftar negara maju.

Meski pun tidak ada negara maju, tapi di benua afrika ini memiliki banyak negara berkembang. Berikut ini adalah daftar negara berkembang di benua asia :

  1. Libya
  2. Mauritania
  3. Maroko
  4. Algeria
  5. Djibouti
  6. Mesir
  7. Djibouti
  8. Benin
  9. Botswana
  10. Burkina Faso
  11. Burundi
  12. Sudan
  13. Sudan Selatan
  14. Tunisia
  15. Angola
  16. Chad
  17. Komoro
  18. Kamerun
  19. Cape Verde
  20. Republik Afrika Tengah
  21. Republik Demokratik Kongo
  22. Republik Kongo
  23. Gabon
  24. Gambia
  25. Ghana
  26. Guinea
  27. Guinea-Bissau
  28. Ivory Coast
  29. Guinea Khatulistiwa
  30. Eritrea
  31. Ethiopia
  32. Malawi
  33. Mali
  34. Mauritus
  35. KenyaLesotho
  36. Liberia
  37. Madagaskar
  38. Rwanda
  39. Sao Tome and Principe
  40. Senegal
  41. Mazambik
  42. Namibia
  43. Niger
  44. Nigeria
  45. Swaziland
  46. Tanzania
  47. Togo
  48. Seychelles
  49. Sierra Leone
  50. Uganda
  51. Afrika Selatan
  52. Zambia
  53. Zimbabwe

Itulah pembahasan kami mengenai Materi Daftar Negara Maju di Benua Arika. Kalian bisa mengunjungi artikel kami yang lain di bawah ini. Terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Related posts: