Peta Negara Maju dan Berkembang

Posted on

Peta Negara Maju dan Berkembang – Apa itu Negara Maju? Apa itu Negara Berkembang? Apa ciri ciri Negara Maju dan Berkembang? Apa perbedaan Negara Maju dan Berkembang? Jika ini yang menjadi pertanyaan kalian, artinya kalian masuk ke website yang tepat. Untuk itu simaklah Materi Peta Negara Maju dan Berkembang, meliputi Pengertian, Ciri, Karakteristik, Perbedaan dan Gambar Lengkap di bawah ni.

Peta Negara Maju dan Berkembang

Pengertian Negara Maju dan Berkembang

Peta Negara Maju dan Berkembang
Peta Negara Maju dan Berkembang

Sebelum kita masuk kepada pembahasan inti yakni Peta Negara Maju dan Berkembang, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang di maksud dengan negara Maju dan Berkembang beserta ciri-cirinya. Nah, untuk mengetahui hal tersebut, berikut ini akan kami ulas secara singkat penjelasan nya.

Apa itu Negara Maju? Negara maju adalah julukan untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi dengan melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang terjadi secara merata.

Kebanyakan negara dengan GDP per kapita (besarnya pendapatan rata-rata penduduk di suatu negara) tinggi dianggap sebagai negara maju.

Apa itu Negara berkembang? Negara berkembang merupakan istilah yang yang digunakan untuk menjelaskan suatu negara dengan kesejahteraan material tingkat rendah.

Namun tidak ada definisi tetap mengenai negara berkembang yang diakui secara internasional, tingkat pembangunan kemungkinan bisa bervariasi di dalam negara berkembang yang di maksud.

Dengan penjelasan tersebut kita tentunya bisa melihat perbedaan antara yang dimaksud dengan negara maju dan negara berkembang. Lebih jauh lagi mengenai perbedaan negara maju dan berkembang, bisa dilihat dari ciri cirinya.

Disebut Negara maju atau berkembang tentunya negara-negara tersebut sudah diakui dari segala hal, yakni hal yang mengedentifikasikan bahwa negara tersebut termasuk Negara maju dan berkembang.

Di sebut Negara maju atau berkembang jika karakteristik berikut ini terpenuhi, apa saja ciri ciri Negara Maju dan Negara berkembang?

Ciri-Ciri Negara Maju :

  • Angka Pengangguran Rendah
  • Pendapatan Perkapita Tinggi
  • Pesatnya Kemajuan di Bidang Iptek
  • Jasa dan industri menjadi tumpuan utama perekonomian
  • Budaya Disiplin Tinggi
  • Pendidikan Yang Baik dan Merata
  • Laju Pertumbuhan Rendah

Ciri-Ciri Negara Berkembang :

  • Memiliki pendapatan berkapita rendah
  • Perekonomian Masih Mengandalkan Sektor Primer
  • Tingkat Pendidikan Rendah
  • Tingginya Tingkat Pengangguran
  • Budaya displin Kurang
  • Kurang Penguasaan IPTEK
  • Tingginya Laju Pertumbuhan Penduduk
  • Import Lebih Banyak Dari Pada Eksport
  • Masalah Korupsi Tidak Ujung Kelar

Peta Negara Maju dan Berkembang

Peta Persebaran Negara Maju dan Berkembang
Peta Persebaran Negara Maju dan Berkembang

Gambar ilustrasi di atas merupakan Garis batas antar Negara-Negara maju dan Berkembang. Hampir seluruh Negara yang terletak di sebelah utara garis batas persebaran negara maju dan negara berkembang adalah Negara yang termasuk dalam kelompok negara maju, sedangkan pada bagian sebelah selatan merupakan Negara berkembang, kecuali Singapura.

Singapura terletak di antara Negara berkembang, luas negara singapura ini pun sangatlah kecil, bahkan hampir tidak terlihat di Peta Dunia. Baiklah mari kita langsung saja melihat Peta Negara Maju dan berkembang di Dunia, berikut ini :

Peta Negara Maju dan Berkembang
Peta Negara Maju dan Berkembang

Peta di atas merupakan peta Negara berkembang, bisa kita lihat pada peta tersebut bahwa Negara yang di tandai dengan warna kuning merupakan Negara Negara Berkembang, sedangkan yang negara yang ditandai dengan warna putih adalah negara negara maju, yuk kita lihat peta berikutnya.

Baca Juga : Peta Asia Tenggara

Peta Negara Maju dan Berkembang
Peta Negara Maju dan Berkembang

Gambar peta di atas ialah peta negara negara maju dan negara berkembang, dimana negara yang diarsir atau ditandai dengan warna kuning adalah Negara Maju (developed countries), sedangkan yang diarsir atau yang ditandai dengan warna orange adalah negara berkembang (developing contries).

Arti Developed Countries secara harifah yaitu adalah “negara negara yang sudah berkembang”. Sedangkan Developing Countries secara harifah yaitu adalah “negara-negara yang sedang berkembang”.

Peta Negara Maju dan Berkembang

Gambar peta di atas, menunjukkan peta negara maju, berkembang, negara Industri baru serta negara yang kurang berkembang. Peta di atas ini adalah gambar peta yang merupakan pengembangan kuda gambar peta sebelumnya.

Dalam peta tersebut Indonesia termasuk Negara Berkembang, tapi setelah Yuksinau.co.id telusuri atau setelah mencari informasi, ternyata saat ini Negara Indonesia saat ini sudah tidak lagi di termasuk sebagai Negara Berkembang, melainkan saat ini Indonesia adalah Negara Industri Baru. Apa itu yang di maksud dengan Negara Industri baru?

Baca Juga : Peta Indonesia

Negara Industri baru merupakan klasifikasi negara yang memiliki perekonomian yang sangat baik, akan tetapi belum mencapai tahap negara maju. Syarat lain, negara dikatakan atau yang termasuk ke dalam kategori negara industri baru yaitu berdasarkan hasil ekspornya.

Apa yang dimaksud dengan Negara Maju?


Negara maju adalah julukan untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi dengan melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang terjadi secara merata.

Kebanyakan negara dengan GDP per kapita (besarnya pendapatan rata-rata penduduk di suatu negara) tinggi dianggap sebagai negara maju.

Apa yang di maksud dengan Negara Berkembang?


Negara berkembang merupakan istilah yang yang digunakan untuk menjelaskan suatu negara dengan kesejahteraan material tingkat rendah.

Namun tidak ada definisi tetap mengenai negara berkembang yang diakui secara internasional, tingkat pembangunan kemungkinan bisa bervariasi di dalam negara berkembang yang di maksud.

Sebutkan negara-negara maju di Benua Eropa beserta Ibukota negaranya?


1. Andorra – Andorra la Vella
2. Austria -Vienna
3. Belanda – Amsterdam
4.Belgia – Brussels
5. Denmark – Copenhagen
6. Estonia – Tallinn
7. Finlandia – Helsinki
8. Hungaria – Budapest
9. Inggris Raya – London
10. Irlandia – Dublin
11. Islandia – Reykjavik
12.Italia – Roma
13. Jerman – Berlin
14. Liechtenstein – Vaduz
15. Luksemburg – Luxembourg City
16. Malta – Valletta
17. Monako – Monaco
18. Norwegia – Oslo
19. Polandia – Warsaw
20. Portugal – Lisbon
21. Prancis – Paris
22. Republik Ceko – Prague
23. Rusia – Moscow
24. San Marino – San Marino
25. Siprus – Nicosia
26. Slovenia – Ljubijana
27. Spanyol – Madrid
28. Swedia – Stockholm
29. Swiss – Bern
30. Yunani – Athens

Sebutkan negara negara maju di Benua Asia?


1. Arab Saudi
2. Brunei Darussalam
3. Hong Kong
4. Jepang
5. Korea Selatan
6. Makau
7. Qatar
8. Singapura
9. Taiwan
10. Uni Emirat Arab

Demikianlah penjelasan kami mengenai Materi Peta Negara Maju dan Berkembang. Baca juga Peta Persebaran Flora dan Fauna. Terima kasih ,semoga bermanfaat.

5/5 - (1 vote)