Macam Macam Gaya Lompat Jauh

Posted on

Macam Macam Gaya Lompat Jauh – Pada kali ini yuksinau.co.id akan menerangkan materi tentang Gaya Lompat Jauh yang mana pembahasanya meliputi pengertian, cara bermain, peraturan, teknik dasar, contoh gambar lapangan dan berita tentang olahraga lompat jauh secara lengkap.

Dalam kompetisi olahraga tentu saja ada banyak olahraga dalam perlombaan. Salah satu hal yang perlu Anda ketahui adalah lompat jauh. Lompat jauh ini sendiri adalah salah satu cabang atletik, yang selalu memperebutkan banyak kejuaraan nasional dan internasional.

Dan itu tidak terhindar dalam perlombaan untuk Olimpiade Dunia juga. Di cabang ini, tentu saja, memiliki teknik khusus untuk mendapatkan lompatan panjang. Karena itu teknik yang digunakan tidak sembarangan untuk mencapai hasil maksimal dalam lompat jauh itu sendiri.

Macam Macam Gaya Lompat Jauh jauh itu sendiri memiliki gaya tersendiri yang banyak digunakan oleh atlet lompat jauh dari olahraga ini. Dan dari beberapa gaya yang banyak digunakan, menggerakkan anggota tubuh untuk mencapai teknik yang sempurna tidak sembarangan dan mengarah pada lompatan panjang ini.

Salah satu gaya yang paling umum adalah gaya mengambang. Dalam lompat jauh ada tiga jenis gaya yang banyak digunakan dalam lomba lompat jauh ini oleh para atlet, termasuk gaya jongkok, gaya berjalan, dan gaya gantung.

Untuk penjelasannya sendiri tentang lompatan panjang, gerakan tubuh yang melompat ke depan saat bergerak ke atas, di mana gerakan itu mencoba untuk menjaga pusat gravitasi di udara selama mungkin, atau mengambang di udara, dengan gerakan cepat dilakukan. Dengan mendorong papan kayu dengan panjang 20 cm atau panjang 8 inci dengan satu kaki Anda dapat mencapai atau mencapai jarak sejauh mungkin dan sejauh mungkin.

Untuk mencapai jarak ini, ada sejumlah 5 teknik dasar yang digunakan oleh sebagian besar atlet lompat jauh, yaitu mendekati dengan berlari, dua langkah terakhir saat lepas landas atau melompat, di udara (mengambang di udara) dan yang terakhir ketika tubuh telah mendarat atau baru saja mendarat.

Lompat jauh adalah lompatan, yang tujuannya adalah untuk mencapai jarak sejauh mungkin, menggunakan kaki sebagai dasar lompat dan ketika melompat papan kayu yang disebutkan di atas didorong keluar sehingga mereka dianggap sah saat mendarat nanti .

Lompat jauh biasanya dilakukan di daerah tertentu di mana atlet harus melompat dan mendarat di bak pasir dan atlet harus mencapai jarak tertentu untuk memenangkan lomba lompat jauh. Kemudian mari kita rangkum berbagai jenis gaya lompat jauh yang Anda butuhkan untuk mendapatkan wawasan tambahan tentang cabang olahraga atletik ini dan untuk mempelajari bagaimana teknik-teknik tersebut harus digunakan dalam penerapannya.

Macam Macam Gaya Lompat Jauh

Macam Macam Gaya Lompat Jauh

Gaya Jongkok atau Gaya Ortodok

Dalam balap lompat jauh, gaya ini lebih sering digunakan dengan menggunakan teknik awal yang menggunakan gerakan cepat saat berlari. Karena dengan gaya ini, fungsinya adalah untuk mencapai kecepatan maksimum saat melompat, dan juga dengan berlari secepat mungkin dari jarak 40 hingga jarak 45 m pada rute tertentu untuk area lompat jauh ini. .

Untuk melakukan lompatan, atlet harus melakukan push-off pada papan kayu dan kaki yang digunakan sebagai push-off foot adalah kaki yang dianggap paling kuat untuk memegang pangkalan dengan posisi tubuh tetap dan kedua tangan. diangkat ke atas. Dan pada saat mendarat, tumit kaki sedikit tertekuk untuk mendarat.

Awalan Gaya Jongkok
Fase pertama dari gaya jongkok adalah untuk menciptakan awalan yang membutuhkan pelompat panjang atau atlet untuk berlari melalui sprint agar dapat berkonsentrasi saat mendorong papan kayu. Saat memulai dengan sprint, jumper harus menjaga kecepatan lari konstan dan tidak boleh mengurangi kecepatan sehingga lompatan yang dihasilkan mencapai jarak yang cukup jauh.

Dukungan Gaya Jongkok
Ada alas setelah tingkat awalan berikutnya. Tendangan ini dilakukan ketika pelompat ingin melompat dan merupakan kombinasi dari berlari dan mengambang di udara. Keakuratan dalam pelaksanaan basis ini memiliki pengaruh besar pada hasil lompatan maksimum.

Perlu dicatat bahwa alas ditopang sebagai tolakan pada papan kayu dan bahwa hasil yang diinginkan sangat berpengaruh dengan akurasi maksimum dalam pelaksanaan alas ini, terutama ketika Anda melompat dan alas tumpuan pada tolakan kurang akurat daripada posisi yang Waktu dan kecepatan yang hilang. Oleh karena itu hasil untuk jarak jauh di bawah maksimum.

Saat Mengambang
Ketika tubuh telah meledak, pelompat memiliki dudukan di atas papan kayu. Ketika berada di atas udara, posturnya tampak condong ke depan. Untuk mengangkat tubuh di udara, angkat kedua tangan ke atas.

Ketika Anda berada dalam posisi kaki, kaki harus lurus dan ketika telah melompat, tubuh harus lebih rileks atau rileks di udara sehingga hasil lompatan dapat dimaksimalkan dan jarak yang dicapai cukup jauh. Postur, dilakukan di udara, adalah postur jongkok, di mana kedua kaki terayun ke depan untuk menaikkan titik berat tubuh Anda.

Saat Mendarat
Tahap keempat atau terakhir ini adalah mendarat di bak diisi dengan pasir. Jumper, jika Anda ingin melakukan pendaratan, disarankan untuk meletakkan kedua tangan di udara atau sejauh mungkin. Gerakan tersebut berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh secara optimal.

Kemudian tubuh ditekuk dan pada saat yang sama kedua tangan direntangkan ke depan. Ketika tiba saatnya mendarat, lutut harus ditekuk agar pendaratan yang dihasilkan sempurna dan tubuh lebih seimbang.

Gaya Hidup Berjalan di Udara

Gaya berjalan untuk gaya lompat ini dapat dikatakan dengan kata lain saat Anda berjalan di udara. Dikatakan bahwa gaya ini cukup sulit untuk dibuat, karena ketika menggunakan gaya ini waktu dan kemajuan dalam menjaga keseimbangan tubuh harus diperhitungkan dengan tingkat tinggi.

Dengan mulai menyusun hingga 10 langkah, atau Anda mungkin lebih bergantung pada perkiraan Anda sendiri. Kemudian tingkatkan kecepatan saat berlari sebelum menempelkan alas ke papan kayu sebagai alas tolakan, menurunkan pinggang sedikit, mengayunkan paha Anda dengan bebas dan meluruskannya dengan lurus. Selanjutnya untuk perincian dan perincian lebih lanjut:

Awalan untuk gaya kiprah
Awalan adalah langkah pertama yang diperlukan untuk gaya yang satu ini. Yaitu, dengan memperkirakan jarak ke awalan, apakah cukup untuk membuat podium dan melompat atau tidak.

Perlihatkan jumper yang terbiasa hanya melakukannya karena insting, mereka tidak perlu ukuran tertentu karena mereka sudah terbiasa melakukannya. Hal lain yang perlu diingat adalah kecepatan, akselerasi, waktu dan energi saat memulai sebelum melompat jauh melampaui tolakan.

Tusukan gaya berjalan di udara
Dengan menggunakan gaya ini, jumper dapat dipilih dengan kaki kanan atau kaki kiri sebagai alas. Kebanyakan jumper menggunakan kaki terkuat saat memilih pijakan kaki untuk lompat jauh.

Saat melompat, tubuh harus dimiringkan ke depan, yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh. Selain pandangan lurus ke depan, kedua lengan berada di sisi tubuh, sehingga gerakannya lebih efisien dan lompatan dapat mencapai hasil maksimal.

Saat mengambang
Tubuh yang melayang di udara muncul ketika kaki beristirahat setelah itu oleh jumper panjang. Dan postur yang digunakan adalah mengayunkan kedua kaki di udara seolah-olah pergi, seperti pergi ke darat.

Untuk hasil lompatan maksimum dan jarak yang cukup jauh, coba ayunkan kedua kaki di udara untuk waktu yang lama atau sampai tubuh dan kaki Anda mendarat di permukaan atau pasir yang telah disiapkan sebelumnya.

Saat mendarat
Saat Anda mengarahkan kedua kaki ke udara, langkah selanjutnya adalah mendarat. Gerakan ini dari atas ke atas ketika udara mengambang mendekati permukaan kaki atau pasir, mengarahkan kedua tangan ke depan dan kemudian menggerakkan mereka ke belakang dan kemudian meregangkan kedua kaki ke depan sejauh mungkin. Untuk menghindari cedera saat mendarat, kedua kaki harus mendarat di permukaan secara bersamaan.

Gaya Gantung atau Gaya Schnepper

Dalam lompat jauh, gaya gantung ini juga bisa disebut sebagai gaya Schnepper. Jika Anda menggunakan gaya ini untuk lomba lompat jauh di mana kekuatan itu sendiri tidak berubah, itu tidak akan mempengaruhi kecepatan Anda saat berlari.

Kemudian lompat ketika kaki bersandar pada tolakan atau papan kayu sebagai alasnya. Sehingga postur tubuh selalu tetap tegak. Dengan gerakan kaki yang diayunkan ke belakang, kedua tangan secara bersamaan diarahkan ke belakang dan kemudian maju atau berputar.

Mendarat dengan merentangkan kedua kaki ke depan dan mendarat dengan teknik tumit pertama untuk menjaga keseimbangan tubuh saat mendarat. Dari tiga gaya lompat jauh, perbedaannya terletak pada teknik yang memasuki fase mengambang, di mana setiap gaya memiliki karakteristik sendiri dalam teknik yang ada pada waktu itu.

Awalan gaya gantung
Apa yang perlu dilakukan pada fase pertama adalah awalan. Jika Anda berlari secepat mungkin, perlu dicatat bahwa kecepatan lari harus tetap konstan dengan tidak mengubah kecepatan saat berlari dan juga memprediksi langkah-langkah yang akan mendukung papan penolakan atau papan kayu sebagai alas.

Gaya gantung
Setelah Anda berlari secepat mungkin, langkah selanjutnya adalah melakukan alas atau mengusir alas. Diikuti oleh gerakan tubuh saat Anda melakukan alas pada alas, dan melakukan urutan yang benar ketika melakukan alas, mulai dari tumit kaki, telapak kaki, dan akhirnya di ujung telapak kaki.

Ini bertujuan untuk membuat lompatan yang dihasilkan lebih sempurna dan untuk menjaga jarak lompatan yang cukup. Kemudian gerakkan kedua kaki ke belakang, ke depan, ke atas dan bersamaan dengan lengan Anda.

Saat mengambang
Setelah melompat, tubuh memasuki fase melayang di atas udara. Begitu dia telah memasuki fase ini, berbagai teknik harus dipertimbangkan dengan jenis suspensi ini untuk melakukan gerakan tubuh di udara atau saat melayang. Artinya, dengan menekuk posisi tubuh ke belakang lalu merentangkan kedua tangan di atas sisi kepala Anda dan kemudian menutup kedua kaki yang diarahkan di belakang tubuh.

Saat mendarat
Level terakhir adalah level setelah berenang dan mendarat di permukaan. Gerakan yang benar sangat luar biasa, sehingga keseimbangan tubuh tetap terjaga saat mendarat di permukaan. Dengan meregangkan kedua tangan ke depan dan kemudian menggerakkan lutut kaki ke depan. Ketika tubuh mencapai lokasi pendaratan, kedua kaki diregangkan ke depan dan mendarat dengan kedua tumit terlebih dahulu. Ini untuk meminimalkan terjadinya kerusakan tubuh. Untuk membuatnya lebih mudah untuk mendarat dengan tumit Anda terlebih dahulu, berat tertimbang seolah-olah dibawa ke depan.

Dengan gaya gantung ini, ada beberapa hal yang perlu diingat jika Anda ingin menggunakan gaya ini sebagai salah satu gaya dalam lomba lompat jauh, yaitu:

  • Saat mengambang, ada panggung di mana ksatria telah membawa alas di papan tulis. Dan ketika Anda berdiri dan melompat di atas alas, cobalah untuk membuat postur Anda menggantung. Dengan kedua tangan terentang seolah dia tergantung di udara.
  • Jika Anda berada di udara atau berenang, Anda perlu mengangkat kedua kaki ke depan dan kemudian mengayunkan kaki kembali dengan menekuk kaki.
  • Posisi tubuh yang menggembung ke depan atau ke belakang. Dengan kata lain, tekuk posisi tubuh ke depan atau ke belakang.
  • Maka jangan lupa ayunkan lengan Anda ke belakang dengan memiringkan kepala ke depan atau ke atas.
  • Dengan cara ini langkah pendaratan yang baik dapat dilakukan untuk mencapai lompatan yang cukup lama dengan gaya suspensi ini.
  • Jika kita sudah tahu segalanya, sangat mungkin lompatan yang dihasilkan maksimal dan mencapai jarak yang cukup jauh. Namun, perlu dicatat bahwa teknik yang digunakan harus benar dan tepat. Selain itu, keakuratan saat mengayuh, waktu ketika melompat, waktu ketika menyiapkan alas dan pendaratan setelah melompat harus diperhitungkan.

Teknik Lompat Jauh

Teknik Lompat Jauh

Dalam lompat jauh itu sendiri, kita dapat melihat beberapa teknik dasar yang dapat dilakukan, dan kita membahasnya bersama sebelumnya. Yaitu ada 4 jenis teknik yang bisa kita latih dalam lompat jauh.

Teknik Awalan Lompat Jauh

Teknik awalan ini adalah teknik yang berjalan secepat mungkin untuk mencapai kecepatan maksimum untuk mendorong soket. Saat memulai, para atlet mencoba mencapai kecepatan maksimum sebelum mendorong alas, sehingga ketika melompat setelah memasuki jembatan, mereka mencapai jarak yang cukup jauh.

Karena jarak itu sendiri dari awalan lompat jauh tergantung pada kemampuan dan pengetahuan seorang atlet untuk berakselerasi pada kecepatan yang dihasilkan oleh berlari. Teknik awalan yang baik yang perlu dilakukan adalah berlari cepat dari jarak sekitar 40 hingga 45 meter pada jarak lompat jauh yang diberikan.

Teknik dukungan lompat jauh

Untuk mencapai lompatan yang sempurna dan jarak yang jauh, teknik ini sangat penting bagi atlet apakah lompatan yang dihasilkan sempurna atau tidak. Teknik ini dilakukan dengan mendorong alas atau papan kayu dengan salah satu kaki, yang dianggap paling kuat untuk alas, menggunakan kecepatan dan waktu yang benar saat mengeksekusi alas atau melompat di atas papan.

Ketika berdiri di atas alas, postur tidak boleh miring terlalu banyak, alas harus sangat kuat dan kecepatannya cepat dan aktif. Keseimbangan tubuh, yang harus dijaga agar tidak ada guncangan dan lompatan saat berkendara di alas, bisa sempurna. Agar alas dapat bekerja dengan sempurna, beberapa teknik dalam alas serta elemen penting dalam mendukung alas harus diabaikan sehingga lompatan yang dihasilkan dapat dimaksimalkan dan jarak yang dicapai juga cukup panjang.

Teknik berenang di udara lompat jauh

Teknik ini terjadi pada lompat jauh ketika telah membawa pangkalan di papan dasar. Keseimbangan tubuh perlu dipertahankan pada tahap ini, dan mengayunkan kedua tangan untuk menjaga keseimbangan tubuh tetap terjaga. Ada dua teknik yang bisa Anda gunakan untuk melayang di udara dan Anda bisa berlatih. Yakni, dengan menggunakan postur jongkok saat terbang, dan juga bisa menggunakan postur gantung saat tubuh Anda berada di udara atau melayang.

Teknik mendarat lompat jauh

Setelah melalui fase mengambang di udara, teknik ini adalah fase di mana pendaratan di permukaan bisa sempurna. Para atlet harus mencoba mendarat sebaik mungkin dengan menjaga keseimbangan dan tetap terjaga agar tidak jatuh ke belakang. Teknik ini dimulai dengan posisi kaki atlet dan tumit kaki, yang ditutup bersama. Kemudian pendaratan berlangsung dengan kedua kaki pada saat bersamaan. Saat mendarat, dua kaki mendarat di permukaan, diikuti oleh tekanan pada pinggul ke depan. Tugasnya adalah membuat tubuh atlet agar tidak jatuh ke belakang, yang dapat menyebabkan cedera pada atlet ini.

Untuk atletik atau Anda yang dianggap pemula, penting untuk mempertimbangkan bahwa Anda yakin akan mengambil risiko sendiri dalam latihan ini jika Anda tidak berhati-hati. Dan jika Anda melakukannya dengan teknik dan gerakan sewenang-wenang, Anda mungkin terkena cedera yang tidak Anda inginkan sebelumnya.

Demikian Pembahasan kali ini mengenai Macam Macam Gaya Lompat Jauh. Dan Jangan Lupa Tetap Kunjungi yuksinau.co.id karena banyak artikel menarik dan bermanfaat. Terimaksih telah setia bersama kami dan tetap sinau ya sobat semua.

Baca Juga :

Related posts: