Teknik Renang Gaya Punggung

Posted on

Teknik Renang Gaya Punggung – Pada kali ini yuksinau.co.id akan menerangkan materi tentang Renang Gaya Punggung yang mana pembahasanya meliputi pengertian, cara bermain, peraturan, teknik dasar, contoh gambar lapangan dan berita tentang Olahraga secara lengkap.

Ada berbagai jenis teknik berenang dan salah satu yang paling umum adalah teknik kickback. Teknik gaya punggung dikenal sebagai teknik atau gaya tertua yang diperebutkan setelah teknik gaya bebas. Permainan kemunduran pertama terjadi di Olimpiade 1900 di Paris.

Popularitas teknik gaya punggung dalam berenang adalah sekitar tahun 1912 dan pada saat itu dibagi menjadi 3 kelas di kompetisi nasional dan internasional. Selain bagian belakang ada juga gaya bebas dan gaya dada. Untuk melakukannya dengan benar, terutama jika Anda ingin menjadi perenang profesional, teknik-teknik berikut harus dikuasai.

Apa itu Ranang Gaya Punggung

Gaya punggung adalah gaya berenang yang telah dikenal sejak zaman kuno. Bagian belakang adalah gaya renang tertua yang dilakukan setelah gaya bebas.

Gaya pinggul sangat populer sekitar tahun 1912, ketika kompetisi renang dibagi menjadi tiga kelas di kompetisi nasional dan internasional, yaitu gaya dada, gaya punggung dan gaya bebas. Gaya yang diterapkan pada saat itu adalah punggung dasar atau belakang dengan kedua tangan di atas dan gerakan kaki katak atau kaki gunting. Setelah pengenalan gaya back crowl, bentuk back style lainnya, yang bukan back crowl, secara bertahap menghilang dari kompetisi renang.

Teknik dari Renang Gaya Punggung

Teknik dari Renang Gaya Punggung
Renang Gaya Punggung

Teknologi Geser

Saat menggerakkan punggung, meluncur adalah khas karena tubuh berada pada posisi terlentang pada posisi ini dan menunjuk ke atas sehingga tubuh tetap mengambang dan tidak tenggelam. Bahkan ketika meluncur, kita bisa bernapas lega melalui gerakan itu.

Slide Latihan:

  • Kedua tangan berpegangan pada tepi kolam, jarak dari tangan kanan ke bahu kiri adalah lebar bahu
  • Kedua kaki terlipat atau ditekuk sehingga telapak kaki terletak di dinding panggul dengan kekuatan besar, kedua lutut berada di antara lengan
  • Kedua tangan melepaskan cengkeraman di tepi kolam, kepala direntangkan ke belakang, dan dengan gerakan ini kedua kaki ditekan dengan kuat ke dinding kolam, mendorong tubuh ke belakang.
  • Wajah tetap di permukaan air dan lengan berada di sisi tubuh
  • Latihan ini sering dilakukan agar siswa dapat meluncur dengan baik di punggung mereka.

Tahap Persiapan:

  • Kedua lengan melayang di punggung di sebelah tubuh
  • Tarik ibu jari Anda ke atas pada sisi tubuh Anda
  • Ibu jari menyentuh bahu bagian atas
  • Putar pergelangan tangan Anda ke luar tahap implementasi
  • Rentangkan tangan Anda dan buka
  • Jaga agar lengan Anda lurus dan setinggi bahu Anda.
  • Tahap lanjut
  • Kedua lengan melekat pada sisi tubuh, tubuh rileks sambil merasakan meluncur. Pada fase pembelajaran, gunakan pelampung sambil meluncur dan pegang pelampung tepat di atas kepala Anda dengan kedua tangan
  • Cobalah untuk meluncur tanpa pelampung dengan berdiri di tepi kolam menghadap ke dinding kolam dan mendorong kedua kaki di lantai ke belakang dan kedua tangan kembali.

Gerakan Kaki

Pada dasarnya, gerakan kaki selama gaya punggung sama dengan gerakan kaki selama berenang gaya bebas, tetapi gerakan kaki selama gaya punggung dilakukan dalam posisi terlentang. Perenang dapat melakukan latihan kaki dengan punggung dan tangan di atas kepala. Gaya punggung dimulai ketika balapan dari kolam berakhir.

Teknik berikut adalah gerakan kaki di bagian belakang gauya:

  • Masuki kolam dan berdirilah dengan punggung menghadap dinding kolam.
  • Kedua lengan ditekuk sehingga tangan bisa memegang ujung kolam.
  • Ketika ada sinyal, perenang mengangkat kakinya bersama-sama dengan tubuh ke permukaan air. Sehingga tubuh dan kaki terlentang di permukaan air.
  • Dengan sinyal “Ya”, perenang itu secara bergantian menggerakkan kakinya ke atas dan ke bawah.
  • Gerakan kaki dimulai di pangkal paha, lutut sedikit ditekuk dan diakhiri dengan ujung jari kaki. Gerakannya harus lemas dan tidak kaku, tetapi harus ke atas daripada ke bawah.

Bentuk-bentuk latihan gerakan kaki

  • Lakukan gerakan kaki sambil duduk
  • Lakukan gerakan kaki sambil merentangkan kedua lengan samping
  • Latih gerakan kaki Anda dengan landasan peluncuran
  • Gerakkan kaki Anda sambil memegang ujung kolam.

Gerakan Lengan

Teknik gerakan lengan dibagi menjadi tiga fase, yaitu fase tarik, fase tekanan dan fase istirahat. Penjelasan berikut:

  • Fase menarik – Gerakan menarik dimulai setelah telapak beberapa sentimeter dari permukaan air sampai titik maksimum di mana siku ditekuk atau telapak tangan berada di luar bahu.
  • Fase dorong – gerakan dorong dimulai pada akhir belokan, tangan bergerak mundur dan turun dalam gerakan seperempat lingkaran.
  • Fase istirahat – Gerakan istirahat dimulai dengan tangan keluar dari permukaan air, dengan ibu jari keluar terlebih dahulu. Setelah tangan berada di atas bahu (lengan tegak lurus ke bahu), tangan direntangkan dan masuk ke permukaan air dengan jari kelingking terlebih dahulu. Proses istirahat ini harus dilakukan dengan relaksasi ritmik dengan menggerakkan, menarik, dan mendorong lengan.

Teknik dasar gerakan lengan:

  • Hubungkan salah satu ujung kaki ke stang di tepi kolam, kaki yang lain bersandar sedikit di dinding kolam untuk memberikan kekuatan tubuh.
  • Posisi telentang, wajah dengan dagu sedikit ditarik ke atas dan lengan di samping. Ayunkan lengan Anda secara bergantian
  • Secara bergantian ayunkan lengan Anda langsung ke air di permukaan air di luar kepala Anda dan dengan tangan Anda di samping kepala Anda.
  • Setelah tangan memasuki air, tarik di atasnya dan tekan dengan kuat pada air sehingga lengan di sisi tubuh lurus. Untuk hasil yang lebih baik, jari-jari harus ditekan bersamaan.

Latihan lengan di darat

  • Latih gerakan lengan Anda sambil berdiri di dalam air
  • Latih gerakan lengan Anda dengan pelampung di perut Anda

Gerakan Yang Menakjubkan

Perenang dapat bernapas terus menerus selama gerakan punggung. Gaya punggung berarti bernapas dengan tenang dari satu lengan dan menghembuskan napas dengan tenang dari lengan lainnya.

Koordinasi gerakan

Pelatihan koordinasi untuk gaya punggung adalah latihan terpadu dari semua elemen gerakan punggung, yang dimulai dari gerakan geser dan dengan hati-hati dilanjutkan dengan gerakan kaki, lengan, dan pernapasan sehingga punggung yang benar dapat direalisasikan.

Mulai Gaya Punggung

Start Backstroke dilakukan dengan bersandar pada punggung Anda dan melakukan gerakan jungkir balik disertai dengan gerakan tangan dan kaki. Mulai dilakukan oleh semua perenang yang berbaris di dinding di air dan memegang pegangan mulai.

Teknik renang gaya punggung adalah sebagai berikut:

  • Posisi tangan dan kaki tergantung pada awal.
  • Tarik lengan Anda ke dinding, lalu pegang kepala Anda ke belakang
  • Bersamaan dengan tolakan kaki, kedua tangan terayun dan kepala mendongak
  • Buka lengan ke samping
  • Setelah mendorong kaki, kedua lengan harus lurus.
  • Ketika tubuh menembus permukaan air, segera bengkokkan tubuh sehingga posisi tubuh beriak di bawah permukaan air.

Balikkan Gaya Punggung

Berenang di belakang dilakukan dengan setengah jungkir balik. Teknik berayun kembali adalah:

  • Tangan kiri menyentuh dinding panggul, lutut ditekuk dan ditarik
  • Dengan bantuan tarikan tangan, lutut diarahkan ke lengan yang terletak di dinding panggul
  • Lengan dayung dan tarikan lutut yang membentuk setengah jungkir balik membawa kedua lengan ke dinding kolam
  • Ketika mereka mencapai kedua tangan di dinding kolam, kedua tangan mencapai ke atas kepala
  • Lakukan penolakan serentak pada kaki dengan meregangkan kedua lengan
  • Penolakan serentak pada kaki dengan merentangkan lengan dan tubuh dari dinding panggul

Demikian Pembahasan kali ini mengenai Teknik Renang Gaya Punggung. Dan Jangan Lupa Tetap Kunjungi yuksinau.co.id karena banyak artikel menarik dan bermanfaat. Terimaksih telah setia bersama kami dan tetap sinau ya sobat semua.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :