Teknik Renang Gaya Bebas

Posted on

Teknik Renang Gaya Bebas – Pada kali ini yuksinau.co.id akan menerangkan materi tentang Renang Gaya Bebas yang mana pembahasanya meliputi pengertian, cara bermain, peraturan, teknik dasar, contoh gambar lapangan dan berita tentang Olahraga secara lengkap.

Renang adalah olahraga yang digandrungi banyak orang. Berenang adalah olahraga yang sesuai dengan kecepatan renang atlet saat berenang. Banyak gaya berenang diadakan di kompetisi renang. Beberapa dari mereka adalah gaya bebas, kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada.

Seorang atlet renang dapat disebut sebagai pemenang dalam kompetisi renang jika dia dapat menyelesaikan kursus dengan waktu tercepat di antara lawan-lawannya. Ada babak penyisihan dalam kompetisi renang. Jika seseorang menang di babak penyisihan, mereka akan memasuki semi final. Jika dia menang di semi final, perenang memasuki babak terakhir, babak terakhir.

Peraturan untuk kompetisi renang ditetapkan oleh FINA atau Federasi Renang Internasional. Selain peraturan untuk kompetisi renang, FINA juga memantau peraturan untuk lompatan yang indah, kompetisi renang yang indah, renang air terbuka dan polo air. Jika induk perusahaan dari organisasi gabungan adalah FINA di tingkat internasional, perusahaan induk dari organisasi gabungan di Indonesia adalah PRSI. PRSI adalah kelanjutan dari Asosiasi Renang Indonesia.

Sejarah Renang

Seperti olahraga lainnya, berenang memiliki kisahnya sendiri. Berenang dimulai di Eropa pada tahun 1800. Pada saat itu, sebagian besar atlet renang menggunakan gaya dada. Berenang juga merupakan salah satu olahraga yang berlangsung di Olimpiade Athena pada tahun 1896. Federasi Renang Internasional sendiri didirikan pada tahun 1908.

Sejarah renang di Indonesia dimulai pada tahun 1917 dengan dasar asosiasi renang Bandung. Pada tahun 1918 Serikat Renang Jawa Barat dan Serikat Renang Jawa Timur juga didirikan pada tahun 1927. Karena banyak asosiasi renang didirikan, kompetisi renang antar daerah mulai berlangsung.

Bagian Dari Kolam Renang

Bagian Dari Kolam Renang

Kursus Berenang Pertama

Ada dua jenis ukuran kolam, panjang dan pendek. Panjang kolam renang pada rute panjang adalah 50 m, sedangkan kolam jarak pendek adalah 25 m. Untuk ukuran kolam yang digunakan di Olimpiade, spesifikasi yang ditetapkan oleh Federasi Renang Internasional (FINA) berlaku untuk kolam dengan panjang 50 m dan lebar 25 m dengan kedalaman mandi minimum 1,35 m. Mulai dari ukuran 1 m pertama rute hingga minimum 6 m, dihitung dari dinding kolam, yang dilengkapi dengan bar awal. Kedalaman terendah di bagian lain adalah 1 m.

Untuk jalur berenang, lebar minimum adalah 2,5 m dengan jarak minimum 0,2 m di luar jalur pertama dan di jalur terakhir. Di setiap lajur, lajur pertama dan terakhir dipisahkan oleh tali, yang panjangnya sesuai dengan lajur.

Tali Penyeberangan

Ada pelampung pada tali ini yang bisa bergerak saat terkena gelombang atau gerakan air. Tali rel ini juga memiliki warna sendiri, mis. B. Hijau untuk garis 1 dan 8, kuning untuk garis 4 dan 5 dan biru untuk garis 2, 3, 6 dan 7.

Atlit renang akan ditempatkan pada rute yang berbeda sesuai dengan catatan waktu babak penyisihan. Perenang unggulan unggulan berada di tengah-tengah kursus di kolam dengan lintasan yang tidak biasa. Di jalur kolam 8, perenang tercepat ditempatkan di jalur 4. Perenang lain, yang rekornya tidak lebih cepat dari perenang sebelumnya, akan ditempatkan di jalur 5, 3, 6, 2, 7, 1 dan 8.

Sinar Awal

Dalam kompetisi renang ada juga nama balok awal. Ada loudspeaker pada setiap balok mulai yang melepaskan tembakan, serta sensor timer yang bekerja segera ketika perenang melompat dari balok awal ke kolam. Ukuran balok awal juga memiliki penentuan. Jet awal memiliki ketinggian 0,5 m hingga 0,75 m dari permukaan air. Bahan anti-selip dipasang di panel start.

Turnamen Renang

Seperti olahraga lainnya, berenang memiliki aturan dalam lomba. Saat berenang dengan gaya bebas, kupu-kupu, dan dada, perenang mulai dengan membungkukkan badannya. Tubuh atlet ditekuk di atas air dengan lutut ditekuk.

Wasit pemula dalam kompetisi renang bersiul lama untuk memberi isyarat kepada atlet renang bahwa ia harus naik di atas balok start. Jika wasit membuat sinyal, atlet juga harus mulai. Posisi awal dinyatakan tidak valid jika atlet renang melompat dari balok start sebelum wasit memberikan sinyal. Tubuh atlet renang harus diam sampai senjata dimulai.

Kompetisi renang dapat diklasifikasikan menurut jenis kelamin, jarak dan gaya berenang seperti gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya dada dan kekuatan punggung.

Teknik Dasar Dari Renang Gaya Bebas

Teknik Dasar Dari Renang Gaya Bebas

Gaya bebas adalah posisi berenang di mana dada Anda menyentuh permukaan air. Dalam berenang gaya bebas, lengan Anda digerakkan bergantian jauh ke depan dengan gerakan seperti menendang, sementara kedua kaki Anda digerakkan secara bergantian dengan gerakan dari atas ke bawah dan seterusnya seperti pukulan di air. Bernapas dalam berenang gaya bebas ini dapat terjadi ketika lengan dipindahkan dari permukaan air, ketika tubuh dimiringkan dan kepala berputar ke samping.

Tidak seperti gaya renang lainnya, yaitu gaya dada, gaya punggung, dan telinga kupu-kupu, Federasi Renang Internasional tidak mengatur teknik yang Anda gunakan dengan gaya bebas ini. Sekalipun perenang dapat mempraktikkan gaya berenangnya dalam berenang gaya bebas, gaya bebas yang paling bebas dan paling universal adalah gaya Krol atau gaya merangkak ke depan. Gaya merangkak depan identik dengan berenang gaya bebas.

Gaya berenang yang diadakan di Olimpiade dan kompetisi renang lainnya adalah gaya bebas. Gaya bebas juga dikenal sebagai perayapan depan. Selain istilah “Free Front Crawl”, gaya berenang juga disebut sebagai “stroke crawl”. Gaya merangkak depan atau merangkak stroke ini adalah salah satu gaya berenang yang paling mudah dibandingkan dengan gaya berenang lainnya seperti gaya katak, gaya belakang, atau gaya kupu-kupu.

Teknik Pemosisian Tubuh

Saat berenang gaya bebas, kita juga harus memperhatikan postur tubuh. Berikut adalah postur yang perlu diperhatikan saat berenang atau merangkak gaya bebas.

  • Putar kepala Anda ke bagian bawah kolam.
  • Saat Anda bernapas ke permukaan, putar kepala Anda ke samping.
  • Bawa dadamu ke dasar kolam
  • Ayunkan tangan Anda untuk mendayung ke depan
  • Setel kaki Anda dan turunkan kaki Anda secara bergantian.
  • Selalu ingat bahwa posisi berenang gaya bebas atau merangkak ke depan sejajar dengan permukaan air.

Jika Anda tidak bisa berenang dan Anda harus belajar berenang dari pemula atau dari awal. Gaya pertama yang direkomendasikan untuk Anda adalah berenang gaya bebas. Mengapa berenang gaya bebas sangat dianjurkan? Karena begitu Anda telah menguasai gerakan berenang gaya bebas ini, Anda akan dengan mudah dapat belajar berenang dengan gaya lain. Dengan mudah Anda dapat mempelajari gaya dada, tempat tidur, dan berenang kupu-kupu.

Untuk melakukan gerakan berenang gaya bebas dengan benar, benar dan mudah, ada beberapa hal yang harus selalu Anda perhatikan.

Gerakan Tangan Teknologi

Untuk bisa berenang gaya bebas, Anda harus merentangkan tangan ke depan. Ayunkan tangan Anda ke depan. Pastikan juga jari-jari Anda kencang. Inilah gerakan tangan yang bisa Anda lakukan:

  • Periode waktu ketika memasuki permukaan air (meluncur)
  • Coba letakkan tangan Anda di air yang dapat Anda jangkau dengan tangan Anda sebanyak mungkin.
  • Tangan pertama memasuki air dengan ujung jari pertama. Telapak tangan menghadap ke bawah atau ke dasar kolam.
  • Sudut kemiringan antara telapak tangan dan permukaan air adalah antara 30 dan 30 derajat.
  • Waktu memancing
  • Periode tangkapan ini terjadi setelah periode di mana tangan Anda berada di permukaan air.
  • Periode ini dibagi menjadi dua, yaitu periode pembukaan dan berlutut. mendayung waktu
  • Selama periode ini, dayung hingga jari-jari Anda agak jauh dari garis tengah
  • Anda mendayung sampai jari-jari Anda mendekati tengah
  • Anda mendayung sampai Anda menyilangkan jari dan kemudian melewati garis tengah
  • Masa mendorong kembali
  • Periode dorongan terbalik ini dilakukan saat periode dayung berakhir. Posisi ujung tangan Anda dalam fase mendorong ke belakang adalah di bagian bawah paha Anda, dengan ibu jari menyentuh bagian paha Anda.

Teknik Menggerkan Kdua Kaki

Angkat kaki Anda secara bergantian saat berenang gaya bebas. Pusatkan gerakan Anda di pangkal paha dan ingatlah untuk tidak menekuk lutut Anda. Kaki Anda harus tetap di posisi titik. Posisi titik di sini adalah bahwa kaki Anda harus tetap lurus. Latihan sederhana untuk membiasakan kaki dengan air adalah sebagai berikut:

  • Duduklah di kolam renang. Tahan ke kolam dan regangkan kaki Anda ke depan. Gerakkan kaki Anda secara bergantian. Relakskan kaki Anda, jangan kaku. Gerakkan kaki Anda dari bar. Anda tidak harus mengangkat kaki Anda, Anda hanya harus mengangkatnya cukup dekat ke permukaan air.
  • Saat melakukan gerakan kaki, Anda bisa menggunakan variasi dengan gerakan tubuh. Yaitu dengan postur atau posisi meluncur di mana tangan Anda masih memegang ke dinding kolam dan tubuh Anda terbaring telungkup di dalam air. Anda bisa secara bergantian menggerakkan kaki ke atas dan ke bawah tanpa terlalu tinggi. Gerakan yang sama yang dimulai dari bilah.

Teknik Melatih Pernapasan

Ada cara lain untuk bernapas ketika berenang gaya bebas. Bernapas saat berenang gaya bebas atau merangkak sangat mudah.

  • Putar kepala Anda ke samping lalu masukkan napas Anda melalui mulut. Anda hanya bisa bernapas di sisi kiri, hanya di sisi kanan atau bahkan dari kedua sisi, kanan dan kiri.
  • Jika Anda seorang pemula dan baru belajar berenang, Anda bisa mengambil napas dalam-dalam dengan dua gerakan tangan.
  • Tetapi jika atlet renang sudah profesional, mereka biasanya bernapas dalam delapan gerakan tangan sekali.
  • Anda dapat melakukan latihan pernapasan ini di kolam yang dangkal. Caranya adalah dengan menjaga salah satu lengan Anda lurus dan sejajar dengan permukaan air. Jika Anda memegang tangan kiri ke depan, Anda bisa bernafas dengan memutar kepala ke kanan. Sebaliknya, jika Anda maju dengan tangan kanan, Anda dapat memutar kepala ke kiri.

Teknik Gerakan Geser

Berenang gaya bebas harus dimulai dengan gerakan meluncur. Apa itu gerakan geser? Gerakan geser dapat dilakukan di tepi kolam renang dengan cara berikut:

  • Tekuk tubuh Anda ke depan.
  • Tempatkan kaki Anda ditekuk di dinding kolam.
  • Kemudian dorong dan dorong kaki dan tubuh Anda ke depan sekuat mungkin.
  • Rentangkan tangan Anda ke depan seperti posisi meluncur.
  • Setelah menyelesaikan langkah ini, lanjutkan dengan gaya renang berikutnya atau merangkak ke depan.

Ini adalah salah satu yang tercepat dalam gaya bebas berenang dibandingkan dengan gaya berenang lainnya. Karena ini adalah gaya berenang yang penting sebagai dasar untuk pemula, penting juga untuk membuatnya dengan benar dan belajar.

Kesalahan gaya berenang bebas yang biasa terjadi adalah posisi kepala di atas permukaan air. Jika Anda melakukan kesalahan seperti itu, tubuh bagian bawah Anda cenderung turun dan meningkatkan ketahanan air. Dalam hal ini, tentu saja, kecepatan renang menurun. Solusi untuk masalah ini adalah menenggelamkan wajah Anda ke dalam air dengan wajah tegak lurus ke dasar kolam.

Demikian Pembahasan kali ini mengenai Teknik Renang Gaya Bebas. Dan Jangan Lupa Tetap Kunjungi yuksinau.co.id karena banyak artikel menarik dan bermanfaat. Terimaksih telah setia bersama kami dan tetap sinau ya sobat semua.

Baca Juga :