Teknik Dasar Lari Jarak Pendek

Posted on

Teknik Dasar Lari Jarak Pendek– Pada kali ini yuksinau.co.id akan menerangkan materi tentang Lari Jarak Pendek yang mana pembahasanya meliputi pengertian, cara bermain, peraturan, teknik dasar, contoh gambar lapangan dan berita tentang Olahraga secara lengkap.

Lari jarak pendek adalah jenis lari yang menggunakan kekuatan kaki, keseimbangan tubuh, dan teknik kecepatan penuh pada rute. Untuk menjadi ahli dalam olahraga ini, Anda setidaknya harus menguasai teknik dasar.

Berlari jarak pendek sangat berat bagi pemula, sehingga diperlukan teknik pernapasan yang baik dan benar agar Anda tidak terlalu bernafas saat berlari.

Apa Itu Lari Jarak Pendek

Apa Itu Lari Jarak Pendek

Berlari adalah salah satu atletik tertua di dunia dan satu-satunya olahraga yang tepatnya 776 SM. Chr. Diadakan di Olimpiade di Yunani kuno.

Setelah kompetisi, beberapa olahraga lain muncul di Olimpiade berikutnya, seperti memanah, bela diri, tombak dan juga beberapa olahraga lain yang masih harus dilakukan dengan persiapan perang.

Ini karena olahraga yang dilakukan pada waktu itu adalah fasilitas pelatihan untuk persiapan perang.

Menurut sejarah orang-orang, perlombaan yang diadakan di Olimpiade di Yunani adalah bentuk penghormatan terhadap prajurit yang berlari sejauh 42.195 km dan membawa berita tentang kemenangan perang Yunani atas Persia.

Ketika mereka tiba di Athena, prajurit itu memanggil orang-orang tentang kemenangan Yunani. Ironisnya, prajurit itu meninggal sesudahnya.

Olahraga jarak pendek, juga dikenal sebagai sprint, pertama kali dimainkan di Olimpiade modern di Stadion Panathinaiko pada tahun 1896.

Pelari cepat dalam pelari disebut pelari cepat. Di Indonesia sendiri ada banyak pelari berbakat yang mencapai tingkat internasional.

Salah satu pelari berbakat Indonesia, Purnomo. Kecepatan sprint terbaik yang pernah dicapai pada saat ini adalah 10,28 detik.

Setelah catatan berlangsung 20 tahun, pelari cepat lainnya, Suryo Agung Wibowo, membuat sprint dengan catatan barunya 10,17 detik.

Salah satu pelari cepat dunia, yang disebut orang tercepat, adalah Usain Bolt dengan catatan waktu 9,58 detik untuk lari cepat 100 meter.

Selain sprint, ada jenis lari lainnya, seperti lari jarak menengah dan jarak jauh. Setiap jenis berlari memiliki teknik yang berbeda.

Teknik Dasar Dalam Olahraga Lari Jarak Pendek

Teknik Dasar Dalam Olahraga Lari Jarak Pendek

Untuk menjadi pelari profesional, setidaknya teman saya harus terlebih dahulu menguasai teknik dasar lari cepat, yang terbagi dalam tiga gerakan, yaitu berjongkok, berlari dan memasuki garis finish.

Teknik Peluncuran Jarak Pendek

Mulai adalah teknik dasar dalam persiapan awal pelari menjalankan lari sehingga pelari dapat mengoptimalkannya.

 

Teknik awal yang tersedia meliputi:

  • Start pendek: Gunakan start pendek dengan kaki kiri di depan dan lutut kaki kanan dengan tinju di sekitar kaki kiri sehingga kedua tangan dapat diletakkan di belakang garis start.
  • Awal yang panjang: Awal yang panjang dilakukan dengan kaki kiri di depan lutut sehingga kaki kanan berada di belakang.
  • Intermediate start: Intermediate start dilakukan dengan kaki kiri di depan, sehingga lutut dan kaki kanan diletakkan di belakang garis start dengan empat jari yang ditekan bersamaan.

Teknik Untuk Postur Selama Lari Jarak Pendek

Teknik postur untuk lari jarak pendek ini adalah: jangan terlalu tegak dan jangan terlalu banyak menekuk pada garis bintang, seperti pada titik awal start, yang terlalu tegak.

Hal ini dapat mengarah pada fakta bahwa kecepatan yang terlalu melengkung dapat mengganggu pernapasan tegak dan postur miring sedikit ke depan. Sehingga mulai otomatis menjalankan perlahan mengikuti gerakan.

Mencapai Teknik Target

Mencapai teknik target adalah salah satu tujuan yang akan dicapai ketika Anda mencapai garis finish karena kecepatan secara otomatis tetap fokus pada garis finish.

Jadi gerakan tubuh yang menyentuh garis finish dapat muncul dengan setiap tindakan untuk melanjutkan dengan kecepatan yang dengan mudah mencapai target secara penuh.

Ukuran Lapangan Untuk Lari Jarak Pendek

Ukuran Lapangan Untuk Lari Jarak Pendek

Lapangan dalam penggunaan olahraga ini dapat dilakukan di lapangan terbuka atau di lapangan tertutup atau di lapangan khusus.

Jenis bidang lari jarak pendek berikut adalah:

  • Memiliki luas 400 meter persegi dengan dan ada garis finish
  • Memiliki garis awal yang berbeda dan berukuran 100 m dan 200 m dan 400 m
  • Memiliki jarak sprint 100 m dari awal hingga akhir
  • Pelari cepat memiliki angka awal dalam jarak 400 m dan atlet melakukan putaran di lapangan

Aturan Untuk Lari Jarak Pendek

Aturan-aturan olahraga ini dapat diatur sampai mereka diresmikan oleh asosiasi atletik di tingkat internasional dalam asosiasi olahraga nasional.

Berikut adalah beberapa aturan untuk lari jarak pendek:

  • Setiap pelari harus melewati garis start dan finish dengan benar, tegak dan lurus.
  • Setiap atlet harus memperhatikan beberapa instruksi dari pemandu olahraga.
  • Setiap atlet tidak diizinkan berlari di garis start
  • Saat mulai dan awal maksimum, kesalahan dianggap tidak valid
  • Setiap pelari dilarang memasuki kursus dengan pelari lainnya
  • Setiap pelari dilarang mengganggu pelari lainnya
  • Setiap pelari tidak diperbolehkan meninggalkan lapangan
  • Tidak semua pelari diizinkan menggunakan doping

Keuntungan Lari Jarak Pendek

Memang, ini adalah olahraga yang sangat sederhana dan ada beberapa keunggulan untuk olahraga ini.

Berikut beberapa keunggulan olahraga ini:

  • Bakar lemak
  • Memperkuat tulang
  • Membangun otot
  • Tingkatkan kecepatan berjalan
  • Mengencangkan nafas

Demikian Pembahasan kali ini mengenai Teknik Dasar Lari Jarak Pendek. Dan Jangan Lupa Tetap Kunjungi yuksinau.co.id karena banyak artikel menarik dan bermanfaat. Terimaksih telah setia bersama kami dan tetap sinau ya sobat semua.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya