Teknik Dasar Lompat Galah

Posted on

Teknik Dasar Lompat Galah – Pada kali ini yuksinau.co.id akan menerangkan materi tentang Lompat Galah yang mana pembahasanya meliputi pengertian, cara bermain, peraturan, teknik dasar, contoh gambar lapangan dan berita tentang Olahraga secara lengkap.

Anda perlu tahu bahwa perilaku lompat galah sangat tergantung pada jenis tiang yang digunakan atlet. Galah dapat dibuat dari bambu, kayu, logam, aluminium atau fiberglass. Penggunaan batangan yang terbuat dari bambu atau aluminium hampir sama. Bahan bambu atau aluminium tidak akan mengalami banyak lengkungan ketika tubuh atlet berayun.

Ini sedikit lebih sulit dengan batang serat daripada dengan batang bambu atau aluminium. Karena para atlet harus membiasakan diri dengan kondisi batang serat yang lebih terorganisir. Bahkan jika memegang batang, memegang awalan dan memegangnya dari ketinggian adalah sama untuk setiap batang.

Apa itu Lompat Galah

Lompat galah adalah salah satu cabang atletik dari lompat galah, lompat galah juga dapat disebut sebagai lompat tinggi karena dalam penilaiannya seberapa tinggi atlet dapat melintasi garis atau tiang menggunakan tongkat atau tongkat.

Karena lompat galah melibatkan memukul tongkat sampai lompat dan melewati tiang, diperlukan teknik khusus. Kali ini kita akan membahas segala sesuatu tentang lompat galah, dari memahami teknik dasar hingga aturan.

Teknik Dasar Dalam Olahraga Lompat Galah

Teknik Dasar Dalam Olahraga Lompat Galah

Pada dasarnya ada 6 teknik dasar lompat galah yang perlu Anda perhatikan untuk menjadi pemain yang baik. Keenam teknik tersebut adalah cara memegang tiang, cara membawa tiang, cara membuat awalan, cara menempelkan tiang dari ketinggian tertentu, cara menggantung dan mengayunkannya, cara melintasi tiang dan bagaimana mendarat.

Teknik Lompat Galah

Teknik Pegang Galah

Bagi Anda yang menggunakan kaki kiri sebagai alas, cara memegang tiang adalah sebagai berikut:

  • Tempatkan tangan kiri Anda dengan punggung tangan Anda menghadap ke atas. Kecuali ibu jari, jepit semua jari di kanan atau di luar. Jempol ada di dalam atau di bawah. Tekuk siku Anda pada sudut 90 derajat. Angkat lengan
  • Anda sampai sejajar dengan solar plexsus Anda. Jarak antara lengan dan ulu hati sekitar 1 inci.
  • Letakkan tangan kanan di belakang punggung dengan menekuk siku setidaknya 90 derajat. Letakkan lengan bawah dan sedikit ke belakang.
  • Keempat jari berada di bagian dalam dan ibu jari di bagian luar.
  • Pegang tangan Anda dengan upaya biasa, berhati-hatilah agar tidak terlalu kuat dan tidak terlalu lemah.
  • Untuk memastikan bahwa berat batang tidak terlalu besar, letakkan tangan kanan sedikit ke bawah sehingga posisi tangan kanan lebih rendah dari lengan kiri.
  • Bagian batang di antara tangan harus sedekat mungkin dengan tubuh dan tingginya sejajar dengan pinggang. Sesuaikan ujung batang sehingga maju atau berada di sisi kiri di atas kepala.
  • Jaga agar bahu Anda rata dengan dada Anda ke depan.
  • Untuk menyesuaikan ketinggian atau panjang pendek bilah, itu tergantung pada ketinggian bilah silang. Bagi Anda yang masih pemula, pegangan depan tangan Anda dapat setinggi palang. Sementara bagi mereka yang senior memegang tangan, ketinggian tiang bisa lebih rendah. Namun, jika tinggi batang lebih tinggi dari batang itu sendiri, pegangan pada batang harus lebih rendah dari tinggi batang.

Teknik Awalan

Langkah-langkah untuk melakukan teknik awalan meliputi:

  • Untuk memulai lompat galah, penghapusan awalan tergantung pada kemampuan, stabilitas dan kenyamanan masing-masing atlet. Jarak awal biasanya sekitar 25 hingga 35 meter. Secara umum, jarak awal dari lompat tiang itu sendiri tidak sejauh lompat jauh atau lompat lompat. Karena jika jaraknya terlalu besar, ini mengarah ke tangan yang lelah.
  • Langkah pertama dari pergeseran kutub lambat, tetapi semakin lama kecepatannya meningkat. Jumper juga dapat menjalankan freewheel. Roda freewheel digunakan untuk menolak, sekitar tiga langkah sebelum memasukkan batang atau sebelum menolak.
  • Jika pelompat berjalan untuk menerima awalan, jangan pegang tangan terlalu keras. Kedua tangan tidak harus digerakkan ke depan dan ke belakang secara aktif. Jaga tangan Anda tetap rileks dan selalu fokus ke depan.
  • Saat berlari, para atlet harus berkonsentrasi ke depan dan arah tiang juga harus tetap lurus. Posisikan ujung tiang sehingga lebih tinggi dari kepala.
  • Jika seorang atlet atau pelompat mendekati tempat peristirahatan atau seseorang berbicara tentang pivot point. Kemudian secara bertahap posisikan ujung batang untuk segera dimasukkan ke batang batang atau bukaan.

Teknik Untuk Memasukkan Batang dan Melakukan Langkah-Langkah

Tahapan yang harus dilakukan dalam teknik kutub dan kutub adalah:

  • Batang dimasukkan dengan merentangkan kedua tangan ke depan ke bawah untuk memasukkan batang ke dalam lubang tusukan, bukan secara vertikal dari atas ke bawah. Ketika ujung batang menyentuh bagian bawah lubang, pegangan depan perlu sedikit digerakkan ke kanan.
  • Kemudian angkat kedua tangan Anda dengan kaki kanan, terutama paha, ke atas dan ke depan. Tekuk anggota tubuh bagian bawah dengan santai. Pada titik pivot, tolakan kaki kiri harus begitu kuat, cepat dan energik sehingga pada akhirnya lutut akan diposisikan lurus. Untuk mendapatkan tumpuan kaki yang kuat, Anda harus sering berolahraga, tetap sehat, dan tetap fokus.
  • Anda perlu tahu bahwa pergeseran dari pegangan tangan kiri ke tangan kanan memiliki tujuan sehingga kekuatan kedua tangan bekerja dengan harmonis dan membuatnya mudah untuk memposisikan atau memutar tubuh saat Anda melewati mistar. Tetapi Anda juga tidak harus menggerakkan gagang. Metode ini sebenarnya tersebar luas, terutama ketika tiang fiberglass digunakan.
  • Pada titik ini, jika kaki kiri tidak menginjak lantai dan kedua lengan dalam posisi lurus, tubuh Anda akan menjadi tergantung pada batang saja. Jaga mata Anda di bar.

Teknik Menggantung dan Mengayun

Berikutnya, sertakan beberapa teknik untuk melakukan gerakan bergantung dan berayun:

  • Jika kaki kiri tidak di tanah dan kedua lengan tepat di atas kepala, angkat paha kanan ke depan. Kemudian ayunkan kaki kiri Anda ke atas dan ikuti kaki kanan.
  • Jika Anda menggunakan batang fiberglass, batang dalam posisi ini benar-benar dalam kondisi optimal. Pada saat itu, kaki Anda berayun di atas kepala.
  • Dorong tubuh ke atas sambil memutarnya ke kiri dengan satu tangan yang tetap di bar ketika kedua kaki berayun dengan benar.

Teknik Menyalip

Langkah-langkah untuk menggunakan teknik palang meliputi:

  • Ketika tubuh bertambah satu kaki di sebelah kiri, kedua tangan tetap di atas palang untuk menaikkan seluruh berat badan ke posisi atas. Pada saat ini kepala Anda diturunkan ke arah semula dan perut Anda mengarah ke palang.
  • Ujung kedua tangan terletak di bar, setengah dari tubuh Anda telah melewati palang dan pada saat itu bar Anda dapat dilepaskan. Kedua kaki diturunkan, perhatian terfokus pada proses pendaratan.
  • Jika tongkat fiberglass digunakan dan tongkat menunjuk lurus ke atas, atlet harus menekan atau mengandalkan kedua tangan saat ini. Ini berarti bahwa posisi kutub sudah dalam keadaan lurus saat dilepaskan.

Teknik Pendaratan

Prinsip pendaratan di lompat galah sama dengan lompat tinggi. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa tubuh tidak mengalami rasa sakit atau cedera saat mendarat. Cara yang baik untuk melakukan pendaratan adalah menjaga kedua kaki tetap lurus. Terlepas dari kenyataan bahwa banyak jumper akhirnya duduk atau berbaring. Ini sebenarnya tergantung pada keseimbangan jumper saat jatuh. Karena itu harus dicatat bahwa pendaratan terbuat dari spons. Ketika sampai pada pasir, Anda harus lebih berhati-hati dan tetap fokus.

Sejarah Dari Lompat Galah

Sejarah Dari Lompat Galah

Lompat Galah adalah olahraga yang berawal di benua Eropa. Tepatnya di provinsi Friesland di Belanda. Pada waktu itu tiang itu digunakan untuk melewati sungai atau rawa.

Pada saat itu, Belanda selalu memiliki tiang. Tiang selalu digunakan ketika mencoba menyeberangi sungai dan danau atau hambatan lain saat berkendara dari satu tempat ke tempat lain. Misalkan Foerljeppen atau Danau Polsprung diperkenalkan.

Baca Juga : Teknik Dasar Tenis Meja

Awal kejadian lompat galah tidak memperhitungkan ketinggian, tetapi hanya jarak yang bisa dicapai oleh seorang pelompat.

Pada saat itu, tumpukan yang digunakan terbuat dari kayu, yang berbentuk tajam di tepinya. Seiring berjalannya waktu, zaman menjadi semakin maju dan menuntut, dan tepatnya pada tahun 1896 lompat galah yang resmi memasuki kompetisi Olimpiade.

Pada saat itu, batang yang digunakan terbuat dari bambu dan aluminium, sedangkan penggunaan batang fleksibel yang terbuat dari serat kaca dan serat karbon dimulai pada 1950-an.

Demikian Pembahasan kali ini mengenai Teknik Dasar Lompat Galah. Dan Jangan Lupa Tetap Kunjungi yuksinau.co.id karena banyak artikel menarik dan bermanfaat. Terimaksih telah setia bersama kami dan tetap sinau ya sobat semua.

Baca Juga :