Teknik Dasar Lompat Jauh

Posted on

Teknik Dasar Lompat Jauh – Pada kali ini yuksinau.co.id akan menerangkan materi tentang Lompat Jauh yang mana pembahasanya meliputi pengertian, cara bermain, peraturan, teknik dasar, contoh gambar lapangan dan berita tentang sepak bola secara lengkap.

Dalam atletik, lompat dibagi menjadi dua bagian, yaitu lompat tinggi dan lompat jauh. Kedua lompatan bersama memiliki satu tolakan kaki. Lompat jauh adalah olahraga di mana kemampuan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain diuji.

Ada tiga jenis gaya dalam lompat jauh itu sendiri. Gaya pertama adalah gaya jongkok lompat jauh, gaya kedua adalah gaya lompat jauh saat menggantung dan gaya terakhir adalah gaya lompat jauh saat berjalan di udara. Gaya yang disebutkan di atas adalah gaya yang digunakan untuk mengatur postur atlet saat mengambang di udara. Oleh karena itu, teknik lompat jauh sebenarnya berfokus pada menghasilkan kekuatan lompat jauh sendiri.

Apa Itu Lompat Jauh

Lompat jauh adalah bentuk lompatan dan pengangkatan kaki di bagian depan tubuh. Hal ini dilakukan agar dapat membawa titik berat di udara selama mungkin. Gerakan ini cepat dengan tolakan hanya satu kaki.

Jarak yang ditempuh tidak hanya harus cepat, tetapi juga sejauh mungkin. Lompat jauh, seperti lompat tinggi, juga merupakan olahraga. Olahraga ini dimainkan oleh atlet pria dan wanita.

Tujuan olahraga ini adalah untuk mencapai hasil lompatan jarak terpanjang. Untuk mencapai hasil yang diinginkan, atlet lompat jauh harus selalu melatih kecepatan, kekuatan, dan keseimbangannya.

Teknik Dasar Lompat Jauh

Bebrapa Teknik Dasar Lompat Jauh
Teknik Dasar dari Lompat Jauh

Pada dasarnya, 4 teknik dasar dalam olahraga lompat jauh adalah teknik utama dalam olahraga. Keempat teknik tersebut adalah sebagai berikut.

 

Teknik Awalan

Awalan lompat jauh berbeda sedikit dari lompat tinggi. Awalan dalam olahraga ini adalah berlari secepat mungkin untuk mencapai kecepatan tinggi sebelum membuat gerakan penolakan.

Menurut Drs. Eddy Suparman (1995: 44), yang perlu Anda ingat ketika membuat awalan adalah bahwa penghapusan awalan tergantung pada kemampuan masing-masing peserta. Jika kecepatan maksimum dapat dicapai pada jarak pendek, jarak antara awalan sekitar 30 hingga 35 meter.

Jika atlet lain yang jaraknya cukup jauh hanya dapat mencapai kecepatan tertinggi, tentu saja sebanding dengan jarak awalan, yang harus lebih jauh 30 hingga 45 meter. Atau bahkan bisa lebih dari 45 meter. Bagi Anda yang masih pemula, jarak awalan lebih pendek dari yang diperkirakan di atas. Posisi kaki pada awalan juga tergantung pada kebiasaan masing-masing atlet lompat jauh.

Ada awalan dengan kaki sejajar, kaki kiri di depan atau kaki kanan di depan. Cobalah untuk senyaman mungkin. Cara untuk memulai lambat. Kemudian kecepatan lari dapat ditingkatkan (sprint) dan kecepatan harus dijaga sampai sesaat sebelum penolakan. Pada kecepatan maksimum, kecepatan mengemudi harus dijaga konstan atau ditingkatkan, bahkan tidak dikurangi, dalam 4 langkah terakhir sebelum mendorong. Pada saat ini ada juga perubahan energi dari awal ke tolakan atau basis.

Untuk memulai awal yang baik dalam lompat jauh, cobalah beberapa kali untuk berlari dengan cepat dari tempatnya saat Anda membuat awalan untuk papan tolakan. Anda harus membiasakan diri dengan jarak di podium untuk mencapai kecepatan yang benar saat melompat.

Tolak Teknologi

Penolak di sini adalah transmisi kecepatan vertikal, yang diperoleh dari berlari ke kecepatan horizontal. Ini dilakukan agar tubuh bisa melayang di udara. Ketika mendorong lompat jauh, atlet mendukung dan mengayunkan kaki depan dengan kaki terkuatnya dan mengangkat tangannya. Jika atlet dapat menggabungkan kecepatan yang baik dengan tolakan ke atas saat berlari, atlet akan mengangkat tubuhnya dan dapat melayang ke depan di udara untuk waktu yang relatif lama. Ini dilakukan untuk mencapai hasil yang memuaskan dan jarak lompatan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan jika kita ingin melakukan lompat jauh.

  • Jika Anda menjijikkan, gunakan kaki terkuat Anda. Anda bisa menggunakan kaki kanan atau kaki kiri. Untuk menyangga kaki, pertama gunakan tumit dan kemudian ujung di ujung kaki.
  • Ketika dibiarkan, maka tubuh sedikit condong ke depan
    Jika Anda menggunakan alas, yang terbaik adalah jika Anda menggunakan alas
  • Kaki yang Anda gunakan sebagai kaki ayun bisa menjadi kaki kanan atau kiri Anda, yang Anda angkat dengan lutut ditekuk ke depan ke pinggul.

Teknik Berenang (postur di udara)

Ayunkan kaki kanan Anda ke depan secepat mungkin dalam lompatan panjang di udara tubuh. Ketika Anda telah mencapai titik tertinggi dari postur Anda di udara, sesuaikan kaki Anda seolah-olah Anda sedang duduk atau berjongkok. Setelah turun dari posisi berenang, regangkan kaki Anda ke depan. Karena itu, tubuh Anda akan condong ke depan dan memusatkan perhatian Anda pada situs pendaratan. Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang ini sebagai berikut:

  • Ayunkan kaki Anda ke depan saat terjadi penolakan
    Saat tubuh Anda berada di udara, turunkan kaki Anda. Pada saat yang sama, dorong pinggul ke depan, miringkan kepala, regangkan dada, dan kembalikan kedua tangan
  • Ketika Anda pergi ke posisi pendaratan, ayunkan kaki Anda ke depan. Tekuk tubuh Anda dan tekuk kepala seolah siap mendarat.

 

Ada beberapa teknik gaya yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan lompatan maksimum dalam olahraga ini:

  • Hovering Postur – Metode melayang postur adalah bahwa posisi yang Anda dukung kaki Anda akan berayun sangat tinggi tergantung pada keterampilan Anda. Kemudian ikuti dengan sandaran kaki. Saat dalam posisi melayang, posisikan kaki Anda ke depan.
  • Drifting with drifting – Dalam posisi yang satu ini, biarkan kaki ayun Anda menggantung lurus ketika Anda berada dalam posisi pendukung. Usahakan tubuh Anda tetap tegak, diikuti sandaran kaki, dan tekuk lutut saat mendorong pinggul ke depan. Kemudian rentangkan kedua tangan ke atas untuk menjaga keseimbangan.
  • Terbang dengan sikap berjalan di udara – Saat tubuh Anda melayang, ayunkan kaki belakang Anda ke atas dengan kuat. Kemudian lakukan gerakan seperti menendang atau berjalan di udara. Anda dapat menggunakan kaki yang Anda gunakan untuk penolakan atau dukungan.

Teknik Pendaratan

Pendaratan adalah gerakan terakhir dalam serangkaian gerakan lompat jauh dan yang terakhir dari 4 teknik dasar dalam olahraga lompat jauh. Poin-poin berikut harus dipertimbangkan selama langkah ini:

  • Harus dilakukan dengan kesadaran dan fokus penuh sehingga gerakan lain yang tidak perlu dan berbahaya dapat dihindari
  • Untuk menghindari cedera atau rasa sakit, tanah dengan kedua kaki dalam posisi paralel dan tumit, yang pertama kali mendarat di posisi dengan posisi tumit, harus runtuh
  • Jika tumit Anda belum menyentuh pasir pendaratan, kedua kaki harus lurus atau maju. Cobalah untuk memisahkan kedua kaki Anda. Karena ketika jarak antara kedua kaki Anda meningkat, jarak antara lompatan Anda juga berkurang.
  • Untuk menghindari duduk dan jatuh di bokong Anda pada saat mendarat, miringkan tubuh Anda ke depan sambil menekuk lutut setelah tumit menyentuh area pendaratan.
  • Setelah melompat di atas pasir, jangan kembali ke tempat Anda melakukan alas bergerak dengan menginjak landasan pendaratan.

Demikian Pembahasan kali ini mengenai Teknik Dasar Lompat Jauh. Dan Jangan Lupa Tetap Kunjungi yuksinau.co.id karena banyak artikel menarik dan bermanfaat. Terimaksih telah setia bersama kami dan tetap sinau ya sobat semua.

Baca Juga :