Arti Tabarakallah

Posted on

Arti Tabarakallah dan Masya Allah Tabarakallah – Dalam kehidupan sehari-hari khususnya di kalangan umat muslim ucapan doa atau yang sejenisnya sudah bukan menjadi hal yang asing, karena sering di ucapkan oleh banyak orang.

Dalam hal ini ucapan do’a yang di maksud seperti barakallah, barakallahu fiik, barakallahu lakuma sampai dengan ucapan tabarakallah, dan yang mana pada umumnya ucapan tabarakallah ini di sandingakan dengan kalimat masya Allah tabarakallah, yakni menjadi Masya Allah Tabarakallah.

Nah, di kesempatan yang berbahagia ini, Yuksinauco.id akan membahas atau menjabarkan makna dan arti tabarakallahu serta penjelasan mengenai arti masya Allah tabarakallah, cara menjawab atau balasannya dan hadist yang menganjurkan untuk mengucapkan masya Allah Tabarakallahu.

Untuk itu langsung saja kita pelajari bersama mengenai arti tabarakallahu dan arti masya Allah tabarakallah beserta balasan atau cara menjawab dan hadistnya lengkap di bawah ini.

Arti Tabarakallah
Arti Tabarakallah

Arti Tabarakallah

Arti Tabarakallah ( تبارك الله ) yakni adalah ‘semoga Allah memberkahimu’. Ada juga yang menafsirkan Tabarakallah dengan ‘berkat Allah segala hal terjadi’. Ucapan tabarakallah ini sendiri biasanya akan di sandingkan dengan kalimata Masya Allah, yakni menjadi Masya Allah Tabarakallah.

Apa itu arti masya Allah? Berdasarkan Tafsir Al Quranul Karim pada Surat Al Kahfi, Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin kalimat Masyaa Allah ( ماسيا الله ) ini mengandung 2 (dua) makna.

Pertama, Masha Allah artinya “inilah yang dikehendaki oleh Allah”. Kedua, arti Masha Allah adalah “apa yang dikehendaki oleh Allah, maka akan terjadi”.

Ucapan masya Allah biasanya akan diucapkan ketika seseorang melihat sesuatu yang menakjubkan atau mengagumkan. Yang mana ketika kita mengucapkan kalimat tersebut, artinya kita mengakui bahwa apa yang membuat kita kagum adalah semata-mata atas kehendak Allah SWT.

Dengan tambahan kalimat Tabarakallah ini berarti kita mendoakan sesuatu yang kita lihat supaya menjadi lebih berkah.

Karena ucapan atau kalimat Masha Allah Tabarakallah ini merupakan doa agar apa yang sesuatu yang kita lihat menjadi lebih berkah, lebih dari itu ucapan tersebut adalah bentuk kekaguman terhadap kuasa Allah Subhanahu wa ta’ala.

Mengenai penjelasan lebih lengkapnya mengenai arti, dan mengapa kita harus mengucapkan masya Allah tabarakallah, akan yuksinau.co.id jabarkan di bawah ini beserta hadits nya.

Baca Juga : Arti Barakallah

Arti Masya Allah Tabarakallah

Merujuk kepada makna yang disebutkan di atas, yakni mengenai makna masya allah, dan arti tabarakallah. Maka masya Allah tabarakallah artinya sebagai berikut ;

Arti Masya Allah Tabarakallah (Arab; ماسيا الله تبارك الله) : Inilah yang di kehendaki oleh Allah, semoga Allah memberkahimu.

Lalu mengapa kita harus mengucapkan kata seperti di atas ketika melihat sesuatu yang menakjubkan atau yang sejenisnya?

Dengan kita mengucapkan masya Allah tabarakallah, itu artinya kita tidak lupa bahwa segala sesuatu yang terjadi di muka bumi ini atas kehendak Allah Subhanahu wa ta’ala.

Selain itu, masya Allah tabarakallah yang kita ucapkan itu bisa menghindari timbulnya penyakit ‘Ain. Mungkin sebagian dari kita telah mengenal tentang penyakit ‘Ain ini.

Ya, penyakit Ain adalah penyakit yang bisa menyerang seseorang, yang mana penyakit ini disebabkan karena adanya pandangan mata terhadap seseorang yang disertai adanya rasa ketakjuban, kekaguman atau malah disertai rasa iri, kebencian, dan kedengkian.

Berdasarkan penyebab penyakit ‘Ain di atas, maka penyakit ini bisa di datangkan oleh orang-orang yang menyukai, senang, atau bahkan cinta kepada sehingga nya ia takjub melihat apa yang kita lakukan namun tidak mengucapkan kalimat “Masya Allah Tabrakallah”, sehingga ia lupa bahwa yang orang itu lalukan itu hakikatnya atas kehendak Allah Subhanahu wa ta’ala.

Adapun datangnya dari orang yang tidak menyukai, senang atau bahan benci, karena asalnya penyakit ain ini datang dari adanya kekaguman yang disertai dengan kedengkian, kebencian, iri atau respon jiwa yang negatif lainnya.

Yang kemudian respon jiwa tersebut, menggunakan media mata untuk menyalurkan “racun” terhadap orang yang ia pandang itu tadi. Karena ‘ain ini berasal dari kata ‘aana- ya’iinu yakni makna atau artinya terkena sesuatu hal yang di sebakan oleh mata.

Penyebab penyakit ini malah lebih sering terjadi di lingkungan keluarga, seperti adanya kekaguman orang tua terhadap anaknya, atau suami kepada istri atau sebaliknya.

Maka kita sebagai umat Islam harus berhati-hati, dalam menyikapi bahaya penyakit ‘Ain ini, sebagaimana yang telah di sabdakan oleh Rasulullah Shallallhu Wa Sallam ;

“Jika seseorang dari kalian melihat dari saudaranya, melihat diri saudaranya atau melihat harta yang dimilikinya yang menakjubkan, maka hendaklah mendoakan keberkahan kepada saudaranya tersebut, kerena penyakit ‘Ain itu benar-benar ada” [HR. Ahmad].

Seperti yang diperintahkan oleh Rasulullah SAW, yakni mendoakan keberkahan seperti yang disebutkan di dalam hadist di atas, maka ketika melihat sesuatu yang menakjubkan hendaklah kita mengucapkan Masya Allah Tabarakallah.

Baca Juga : Arti Barakallahu Fiikum

Jawaban Tabarakallah

Mengenai balasan atau jawaban ucapan Tabarakallah, sebenarnya tidak ada balasan yang khusus untuk ucapan ini. Namun alangkah baiknya, ketika kita mendapatkan ucapkan tabarakallah kita membalasanya dengan kembali mendoakan keberkahan kepada orang tersebut, karena seperti yang telah di jelaskan di atas tadi bawha ucapaan tabarakallah ini adalah doa yang sangat luar biasa.

Adapun seperti yang pernah ‘Aisyah RA ucapkan saat menjawab ucapan Barakallah. yakni seperti berikut ;

Wafiika barakallah artinya yaitu “semoga Allah juga memberkahimu” (untuk laki-laki)

Wa fiiki barakallah artinya yaitu “semoga Allah juga memberkahimu” (untuk perempuan)

Baca Juga : Arti Barakallahu Fiik

Itulah serangkaian penjelasan yang bisa kami uraikan di kesempatan kali ini. Semoga bisa mengambil suatu pelajaran yang berharga dari artikel yang kami sajikan ini. Kalian juga bisa mengunjungi artikel kami yang lain di bawah ini.

Artikel Lainnya :

Related posts: