Aamiin Allahumma Aamiin

Posted on

Aamiin Allahumma Aamiin, kalimat tersebut biasanya akan diucapkan sebagai akhiran dari sebuah do’a yang di panjatkan oleh seorang muslim saat memohon dan meminta kepada Allah Swt.

Berdo’a merupakan kewajiban bagi kita yang merasa lemah, bodoh, dan merasa tak memiliki kemampuan kecuali jika diberi pertolongan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Selain itu, doa merupakan alat yang paling ampuhnya orang yang beriman/mukmin, sebagaimana yang pernah di ucapkan oleh Rasululloh shollallohu alaihi wasallam, beliau bersabda ;

“Doa adalah senjat nya orang beriman, tiangnya agama dan cahayanya langit dan bumi “. [HR Al Hakim]

Selain mengakui kebodohan, kelemahan, ketidakmampuan kita di hadapan Allah SWT dengan cara berdo’a. Yakin lah setiap do’a yang kita lantunkan akan di dengar dan dikabulkan oleh Allah Azza Wa Jalla, sebagaimana firmannya ;

ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

“Berdoalah kepadaku, niscaya aku kabulkan untukmu”. [QS. Al-Mukmin : 60]

Sebagai umat muslim kita harus percaya dan yakin dengan firman-firman Allah, tapi harus di garis bawahi, terkabul nya sebuah doa bukanlah sesuai keinginan kita melainkan sesuai dengan apa yang Allah SWT kehendaki.

Kalimat aamiin allahumma aamiin merupakan bentuk dari permohonan kita kepada Allah SWT. Lalu Aamiin Allahumma Aamiin Artinya apa? Nah, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

Aamiin Allahumma Aamiin Artinya
Aamiin Allahumma Aamiin Artinya

Aamiin Allahumma Aamiin artinya?

Aamiin Allahumma Aamiin Artinya
Aamiin Allahumma Aamiin Artinya

Aamiin Allahumma Aamiin (Arab; آمِيْن اللّهُمَّ آمِيْن) artinya kabulkanlah ya Allah kabulkanlah. 

Kalimat tersebut sangat erat kaitannya dengan berdo’a kepada Allah Swt, agar apa yang diminta atau dimohonkan kepada Allah SWT itu dikabulkan.

Dari penjelasan di atas tadi, maka tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak memperbanyak do’a kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Dengan berdo’a kita tentunya akan mendapatkan banyak keutamaan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Baca Juga : Arti Ana Uhibbuki Fillah

Manfaat dan Keutamaan Doa

Dari sekian banyak nya manfaat dan keutamaan do’a setidaknya ada tujuh keutamaan doa yang disebutkan oleh salah seorang ‘Ulama bernama ‘Syekh Kholid Al-Husainan dalam kitab Aktsaru min Alfi Da’wah f al-Yaumi wa al-Laili, yaitu sebagai berikut.

  1. Do’a adalah bentuk peng-hambaan serta ketaatan kita kepada Allah Swt.
  2. Do’a bisa menjadi perantara yang bisa menolak bencana sebelum (bencana tersebut) turun atau menjadi perantara terangkat nya bencana apabila sudah turun.
  3. Hasil atau pun buah dari berdoa telah dijamin oleh Allah Swt. Artinya tidak ada do’a yang sia-sia. Doa bisa saja cepat dikabulkan sebagaimana yang dimohonkan. Bisa juga do’a tersebut menjadi simpanan untuk di akhirat. Atau bisa saja doa menjadi penolak keburukan yang hendak menimpanya.
  4. Doa bisa menjadi sebab untuk tegar serta mendapatkan pertolongan Allah Swt dari musuh / dari hal-hal lain yang tidak diinginkan.
  5. Doa merupakan tanda atau dalil dari keimanan orang yang berdoa.
  6. Doa adalah tanda kepasrahan diri. Maksudnya orang yang berdo’a berarti ia bertawaqal kepada Allah Swt. Ia telah memasrahkan segala urusannya kepada Allah Swt.
  7. Dengan berdoa menjadi perantara terhindar nya kita dari murka Allah Swt. Artinya orang yang berdoa kepada Allah Swt ia mengakui bahwa dirinya tidak sama sekali memiliki kemampuan dalam hidup. Hidupnya tergantung sesuai dengan takdir dari Allah Swt. Maka dengan ia berdoa berarti ia menyadari keterbatasan yang ada pada dirinya.

Baca Juga : Arti Mabruk Alfa Mabruk

F.A.Q

Apa arti Aamiin?

Aamin (Arab; آمِيْن ) Artinya “Kabulkanlah Ya Allah”

Apa arti Aamiin ya rabbal’alamin ?

Aamiin ya rabbal’alamin ( Arab ; آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ ) Artinya “Kabulkanlah Wahai Tuhan semesta alam”

Apa arti Aamiin Yaa Mujibas Saailiin?

“Kabulkan do’a kami wahai Dzat Yang Maha Mengabulkan.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Aamiin Allahumma Aamiin Artinya Dalam Bahasa Indonesia. Baca Arti Fii Amanillah. Semoga bermanfaat.