Arti Yaumul Milad

Posted on

Yaumul Milad (يَوْمُ الْميلاد) – Apa arti yaumul milad? Yaumul milad, barakallah fii umrik artinya apa? dan apa jawaban atau balasan ucapan yaumul milad, barakallah fii umrik?. Untuk penjelasan nya, langsung saja kalian simak Arti, Jawaban dan Penjelasan tentang Yaumul milad di bawah ini!

Arti Yaumul Milad
Arti Yaumul Milad

Arti Yaumul Milad (يَوْمُ الْميلاد)

Yaumul milad (يَوْمُ الْميلاد) merupakan kosakata bahasa Arab adapun arti yaumul milad ini adalah “selamat hari kelahiran” atau bisa juga di artikan “selamat ulang tahun”.

Mengapa demikian? karena istilah yaumul milad (Arabic: يَوْمُ الْميلاد ) ini akan digunakan saat atau momen di mana seseorang berulang tahun atau dengan kata lain pada saat hari seseorang dilahirkan ke dunia. Meski pun kalimat ini berasal dari Arab, namun yaumul milad ini sangat populer di Indonesia.

Kalimat tersebut juga sering di tambahkan dengan kalimat Barakallah Fii Umrik (Arab; بارك الله في عمرك ), yakni menjadi “yaumul milad, barakallah fii umrik”. Lalu apa arti dari ucapan tersebut?

Yaumul milad, barakallah fii umrik (Arab; يَوْمُ الْميلاد, بارك الله في عمرك) artinya adalah “selamat hari kelahiran, semoga Allah senantiasa memberi berkah atas usiamu”

Lalu apa jawaban atau balasan ucapan tersebut? Jika kalian mendapati ucapan seperti diatas maka kalimat bisa menjawabnya dengan mengucapkan “Wa Fiika Barakallah” (kepada laki-laki) atau Wa fiiki barakallah” (kepada wanita) yang artinya “semoga Allah juga memberkahimu”.

Kalian tentunya pernah mendengar kalimat tersebut di ucapkan seseorang atau mungkin di ucapkan kepada anda. Ya, kalimat tersebut digunakan sebagai pengganti ucapan” Happy birthday“.

Jadi, ketika kalian membaca atau mendengar ucapan yaumul milad (يَوْمُ الْميلاد), maka kata tersebut bisa diartikan sebagai ucapan “selamat ulang tahun” namun untuk arti yang lebih tepatnya yaitu “selamat hari kelahiran”. Simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga : Arti Mabruk Alfa Mabruk

Yaumul Milad

Yaumul milad, kalimat tersebut terdiri dari dua kata yaitu “Yaumul”, kata ini diambil dari kata Yaum (يوم) yang artinya “hari”. Dalam kosakata bahasa Arab, kata “Yaum” sendiri secara bahasa yaitu ialah kadar waktu yang ditentukan mulai dari terbitnya matahari sampai dengan terbenam nya matahari.

Adapun jamak dari kata “Yaum” ini yaitu adalah “Ayyam” yang artinya “hari-hari”. Kata “Yaum” ini juga merupakan kata benda atau dalam bahasa Arab dikenal dengan Isim, mengikuti pola kata fa’lun (فعل).

Dalam ilmu shafy, kata “Yaum” termasuk kategori “Ajwaf”, yaitu kata yang terdiri dari 3 huruf, dan pada huruf tengahnya merupakan salah satu huruf dari huruf mad tobi’ie.

Sedangkan Milad (ملاد) jika di artikan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah “kelahiran”. Kata milad dalam bahasa Arab termasuk dalam isim masdar atau kata dasar yang termasuk dalam kategori mistal.

Dalam ilmu Nahwu, Yumul Milad merupakan bentuk idhofah (penyandaran), sedangkan menurut istilah bahasa Inggris (grammar) idhofah yaitu possessive noun.

Milad yang disandarkan oleh kata “Yaum” maka menjadi kata keterangan yaitu menjelaskan kata yang menjadi sandaran nya, maksudnya apabila hanya mengucapkan kata yaum saja maka menjadi hal yang tidak dapahami maksudnya.

Dengan menggunakan tambahan kata “Milad”, maka akan memberi keterangan atau penjelasan bahwa itu yang di maksud adalah “hari kelahiran”.

Maka dengan demikian, untuk arti yaumul milad yang tepat adalah “selamat hari kelahiran” meski pun sering kali di artikan “selamat ulang tahun”. Namun, dari segi maknanya tetap sama.

Nah, itulah yang bisa kita bahas bersama mengenai “Arti Yaumul Milad“. Semoga dengan artikel ini bisa menambah wawasan kita semua mengenai ucapan yaumul milad. Terima kasih telah berkunjung.

Artikel Lainnya :

Rate this post