Arti Barakallah

Posted on

Arti Barakallah apa ya? Bagaimana cara menjawab / balasan ucapan barakallah? Bagaimana penggunaan barakallah yang benar?. Nah, untuk itu langsung saja simak pembahasan kami mengenai Arti Barakallah, Penggunaan, dan Balasan atau Jawaban Ucapan Barakallah lengkap di bawah ini.

Arti Barakallah
Arti Barakallah

Arti Barakallah

Baarakallaah (بَارَكَ اللَّهُ ) merupakan sebuah kalimat yang berasal dari Bahasa Arab, kalimat tersebut terdiri dari dua kata “baaraka” dan “Allah”. Adapun arti “baaraka” adalah berkah, sedangkan “Allah” artinya tetap Allah (tidak berubah).

Jadi, Barakallah (Tulisan Arab; بَارَكَ اللَّهُ ) artinya adalah barokah Allah, atau berkah dari Allah.

Kita bisa liat huruf Ba’ pada tulisan arab di atas, Ba’ pada kalimat tersebut mestinya ditulis / di baca baarokallah. Karena sudah sangat umum, tidak jadi masalah ditulis latin demikian, akan tetapi tulisan Arab nya harus benar.

Lalu apa yang di maksud dengan Barokah? Beberapa ulama menjelaskan artinya bahwa barakah/barokah (باركة) artinya adalah Ziyadatul khair (bertambahnya kebaikan).

Adapun makna yang terkandung dalam kata Barakallah adalah ‘semoga mendapatkan berkah dari Allah’, ada pula yang memaknai nya ‘semoga di berkahi Allah’.

Karena pada dasarnya ucapan kalimat barakallah merupakan do’a yang di panjatkan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala untuk seseorang dengan harapan agar orang tersebut diberi limpahan rahmat dan hidayah dari Allah SWT dalam segala hal di dalam hidupnya.

Pengunaan Kata Barakallah

Sudah menjadi hal yang sangat sering kita dengar orang hanya mengucapkan “barakallah”, meskipun maksudnya adalah mendoakan “semoga Allah memberkahimu”.

Tapi jika di artikan demikian, maka kalimatnya kurang lengkap karena jika kalimat do’a itu di tujukan kepada seseorang, harus mendapat tambahan kata “fiik/ فيك ” dan “lak / لَكَ ”, yakni menjadi “baarakallaahu fiik (Arab; بارك الله فيك) ” dan “barakallaahu lak (Arab; بارك الله لك)

Lalu apa arti Barakallahu Fiik dan Barakallah Lak? Sebenarnya kedua kata tersebut memiliki arti yang sama yaitu “semoga Allah memberkahimu”. Adapun perbedaannya terletak pada maknanya, yang mana ;

Barakallahu Fiik maknanya ; “Semoga Allah memberikan berkah kepada seseorang dari sisi keutamaan yang ia miliki, atau karena akhlaknya, atau yang semisalnya.”

Barakallahu Lak maknanya ; “Mendoakan keberkahan baginya atas hal yang baru terjadi padanya (berupa kenikmatan) atau yang Allah anugerahkan kepadanya.”

Keterangan Kalimat Barakallah Fiik :

Barakallah Fiika ( بَارَكَ اللَّهُ فِيكَ ) artinya “Semoga Allah memberkahimu” kalimat ini ditujukan kepada laki-laki.
Barakallahu Fiiki ( بَارَكَ اللَّهُ فِيكِ ) artinya “Semoga Allah memberkahimu” kalimat ini di tujukan kepada wanita.

Namun cara pengucapannya tidak terlalu berbeda baik yang berakhiran fiika maupun fiiki, sama-sama dibaca fiik. Jadi, jangan heran jika ada yang mengucapkan fiika / fiiki, karena ini hanya memperjelas kalimat yang ia ucapkan, maksudnya di tujukan kepada siapa kalimat itu laki-laki atau wanita.

Keterangan Kalimat Barakallah Lak :

Barakallah Laka ( بَارَكَ اللَّهُ لَكَ ) artinya “Semoga Allah memberkahimu” (kepada laki-laki)
Barakallahu Laki ( بَارَكَ اللَّهُ لَكِ ) artinya “Semoga Allah memberkahimu” (kepada wanita).

Namun cara pengucapan nya tetap Barakallahu Lak, maka jangan heran jika ada yang mengucapkan Laka/Laki, karena ini hanya memperjelas sama halnya dengan Fiik tadi.

Pelajari Juga : Arti Baraka Allahu Lakuma

Jawaban / Balasan Barakallah

Setelah kita mengetahui arti dan cara penggunaanya, maka penting bagi kita untuk menjawab ucapan Barakallah atau doa tersebut. Lalu bagaimana cara membalas atau menjawab Barakallah yang tepat? berikut ini penjelasan nya.

Apabila kata “Barakallah” di ucapkan oleh Akhwat/wanita maka balas / jawablah dengan mengucapkan “Wafiiki barakallah”

Sedangkan, bilamana “Barakallah” di ucapkan oleh ikhwan/laki-laki, maka balas/jawablah dengan mengucapkan “Wafiika barakallah”

Wafiika / wafiiki barakallah artinya yaitu “semoga Allah juga memberkahimu”

Ucapan yang demikian itu merupakan balasan dari do’a yang ia beri kepada kita. Sudah kita pahami bersama bahwa ucapan barakallah ini adalah do’a yang baik, maka kita juga di anjurkan untuk membalas kebaikan tersebut dengan kebaikan pula.

HADIST :
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Dan barangsiapa yang berbuat baik kepada kalian maka balas lah dengan kebaikan yang setimpal dan jika tidak mendapat sesuatu untuk membalas nya (kebaikannya) maka berdo’alah untuk nya sampai kalian merasa telah membalas kebaikannya.” [HR. al-Bukhari]

Demikianlah pembahasan kami mengenai Arti Barakallah. Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya :

Related posts: