Arti Fii Amanillah

Posted on

Apa arti fii amanillah? bagaimana cara menjawab atau membalas ucapan fii amanillah? pada umumnya, ketika ada keluarga, sahabat, tetangga atau yang lainnya hendak berpergian, biasanya kita akan mengucapkan selamat jalan, semoga sampai tujuan, hati-hati di jalan atau kata-kata yang sejenisnya, betul tidak?

Meski pun sebenarnya, tidak ada yang salah dari ucapan atau kata-kata tersebut, karena memang penggunaan nya juga tepat ketika diucapkan pada orang yang hendak bepergian jauh maupun dekat.

Ditambah lagi ucapan yang demikian itu sudah menjadi kebiasaan dan sudah sangat umum digunakan oleh banyak orang. Orang yang diberikan ucapan itu pun menyambut baik. Tapi tidak semua orang demikian, mengapa?

Karena sebagian dari mereka hanya mengharapkan doa karena mereka akan melakukan perjalanan dalam hal ini berpergian dan tak mau ada kendala apa pun di dalam perjalanannya.

Maka dalam Islam sebuah kata-kata atau ucapan yang baik untuk diucapkan kepada orang yang hendak bepergian adalah Fii Amanillah.

Mungkin sedikit asing di telinga kita, namun sebenarnya ucapan ini mengandung makna yang sangat luar biasa. Selain cocok atau sesuai sebagai ucapan perpisahan, Fii Amanillah juga merupakan doa bagi orang yang hendak bepergian.

Lalu apa arti fii amanillah? Nah, di kesempatan kali ini kami membahas arti fii amanillah, cara menjawab / membalasnya, penggunaan yang tepat serta makna di balik fii amanillah. Untuk itu langsung saja simak uraian lengkapnya di bawah ini.

Arti Fii Amanillah
Arti Fii Amanillah

Arti Fii Amanillah

Fii amanillah (Arabic ; فِي أَمَانِ الله ) artinya adalah “semoga engkau selalu ada dalam lindungan Allah”.

Saat membaca arti fii amanillah, tentunya kita semua sepakat bahwa ucapan atau kalimat tersebut sangat cocok untuk diucapkan kepada orang yang hendak bepergian atau sedang dalam perjalanan.

Fii Amanillah, yang mana kalimat ini mengandung kebaikan karena merupakan doa keselamatan agar seseorang ketika hendak pergi atau sedang dalam perjalanan senantiasa dalam lindungan Allah SWT.

Oleh karena itu, banyak ahli agama yang menganjurkan untuk mengganti ucapan selamat jalan atau sejenisnya dengan mengucapkan Fii Amanillah.

Tentunya tidak sama dengan ucapan ‘selamat jalan’, kepedulian kita dengan mengucapkan ‘fii amanillah’ ini jauh lebih kuat karena secara tidak langsung kita mendoakan kepadanya kebaikan yakni agar terlindung dari segala musibah, bahaya, gangguan atau lain sebagainya.

Baca Juga : Arti Barakallah

Cara Mengucapkan Fii Amanillah

Pengucapan kosakata bahasa Arab memang menjadi hal yang penting untuk diperhatikan, sebab jika kita salah mengucapkannya sedikit saja, maka makna atau artinya akan berubah, tentu akan fatal akibatnya.

Salah satu contoh ketika kita mengucapkan atau membaca ayat ke 5 dalam Surat Al-fatiha ; Iyyaa Kana’budu Wa Iyyaa Kanasta’iin. “kepada Engkau kami menyembah dan kepada Engkau [ Allah ] kami meminta pertolongan”

Perhatikan kalimat yang di garis bawahi, jika kalimat tersebut di baca iya (tanpa tasydid) maka artinya merubah menjadi ‘matahari’. Maka artinya berubah menjadi “kepada matahari kami menyembah dan kepada matahari kami meminta pertolongan”. Nauzubillah min zalik !

Begitu pula dengan cara mengucapkan fii amanillah ini, kata “fii” dalam kalimat tersebut harus di baca atau di ucapkan panjang, dengan 2 huruf “i”, bagian pada kata ini artinya ialah “di dalam”.

Ada juga yang mengucapkan “fii amanilloh”, huruf “a” pada Allah dirubahnya dengan huruf “o”. Tentu ini akan merubah makna yang terkandung dalam kalimat tersebut. Maka ucapkanlah sesuai dengan apa yang sudah tertulis, yaitu Fii Amanillah tulisan arab nya ; فِي أَمَانِ الله

Baca Juga : Arti Mabruk Alfa Mabruk

Penggunaan Ucapan Fii Amanillah

Tidak hanya untuk diucapkan kepada seseorang akan berpergian atau sedang di dalam perjalanan. Fii amanillah juga cocok digunakan / diucapkan di kondisi atau situasi lainnya.

Dilihat dari artinya yaitu semoga engkau selalu ada dalam lindungan Allah, maka kalimat tersebut bisa diucapkan pada keadaan / situasi berikut ini:

  • Mendengar adanya indikasi bencana alam disuatu daerah yang di mana di daerah tersebut ada keluarga, sahabat, saudara kita
  • Di ucapkan kepada orang sedang menghadapi masalah
  • Di ucapkan kepada orang yang sedang mengerjakan sesuatu yang berbahaya, dan lain sebagainya.

Cara Menjawab / Balasan Fii Amanillah

Bagaimana cara membalas ucapan fii amanillah? apabila kita diberi doa dengan ucapan Fii Amanillah, maka kita salah satu cara membalas ucapan tersebut yaitu kita mengucapkan Ma’assalamah.

Ma’assalam artinya “semoga keselamatan selalu menyertai mu”. Maksud dari ucapan seperti ini adalah sebagai balasan doa kepada orang yang juga mendoakan kita dengan ia mengucapkan Fii Amanillah.

Dalam Islam, kita dianjurkan membalas kebaikan dengan kebaikan pula. Hal ini sesuai dengan yang pernah di ajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Yang mana beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda ;

Hadist :

“Dan barangsiapa yang berbuat baik kepada kalian maka balas lah dengan kebaikan yang setimpal dan jika tidak mendapat sesuatu untuk membalas nya (kebaikannya) maka berdo’alah untuk nya sampai kalian merasa telah membalas kebaikannya.” (HR. al-Bukhari)

Baca Juga : Arti Barakallahu Fiik

Makna Ucapan Fii Amanillah

Fii Amanillah merupakan kalimat yang apabila di ucapkan mengandung makna yang sangat luar biasa baiknya. Maka kita dianjurkan untuk membiasakan mengucapkan kalimat tersebut kepada orang yang hendak bepergian atau situasi yang telah di sebutkan di atas tadi. Makna fii amanillah, diantaranya sebagai berikut:

1. Mendoakan Keselamatan

Ucapan Fii Amanillah maknanya adalah doa keselamatan bagi siapa saja apabila kalimat ini di ucapkan kepadanya. Kita meminta dan memohonkan kepada Allah agar orang yang kita maksud mendapat perlindungan dari Allah SWT dari segala mara bahaya, musibah atau hal-hal buruk lainnya.

Perlindungan terbaik adalah perlindungan dari Allah SWT, karena hakikatnya segala sesuatu yang terjadi asalnya dari Allah SWT.

2. Bentuk atau Rasa Kepedulian

Dengan kita mendoakan seseorang, itu menandakan adanya kepedulian kita terhadap orang tersebut. Kita berharap agar orang yang kita maksud selamat dari mara bahaya atau jika ia sedang di perjalanan, sampai ke tempat tujuan dengan selamat.

3. Rasa Cinta Sesama Muslim

Ucapan fii amanillah yang mana kalimat ini mengandung makna adanya rasa cinta kita terhadap saudara sesama muslim. Cinta inilah yang mendorong kita untuk mendoakan atau memberikan kepedulian kepada saudara kita. Kita berharap agar tidak ada musibah atau keburukan lainnya menimpa saudara kita.

Baca Juga : Arti Tabarakallah

Apa makna fii amanillah?

1. Mendoakan Keselamatan
2. Bentuk atau Rasa Kepedulian
3. Rasa Cinta Sesama Muslim

Apa arti ma’assalamah?

مَعَ السَّلاَمَة dibaca ma’assalamah artinya “semoga keselamatan menyertaimu”.

Barakallah artinya apa?

Semoga diberkahi oleh Allah atau mendapat berkah dari Allah.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Arti Fii Amanillah. Baca juga Arti Kaifa Haluki. Semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung.

Related posts: