Arti Mabruk Alfa Mabruk

Posted on

Mabruk Alfa Mabruk Artinya Dalam Bahasa Indonesia – Apa arti mabruk alfa mabruk? Bagaimana cara penggunaan kalimat Mabruk alfa mabruk yang tepat? Nah, untuk itu simak saja langsung pembahasan kami mengenai Materi Agama Mabruk Alfa Mabruk Artinya di bawah ini.

Mabruk Alfa Mabruk
Mabruk Alfa Mabruk

Mabruk Alfa Mabruk

Untuk bisa memahami suatu kalimat dari bahasa lain yang belum pernah diketahui adalah hal yang sulit. Kita harus mencari tahu dulu arti perkataan tersebut untuk bisa memahami kalimat itu sendiri.

Terkadang ketika mengartikan suatu perkataan dalam kalimat serasa tidak nyambung jika dikait-kaitkan. Dan jalan satu-satunya adalah dengan menyimpulkannya, iya kan?

Nah, kalian mencari arti mabruk alfa mabruk karena sedang berulang tahun dan ada yang mengucapkan kalimat tersebut kepada anda, atau mungkin anda pernah mendengar ucapan “mabruk alfa mabruk” dan ingin mencari tahu artinya, bukan begitu?

Lalu Mabruk Alfa Mabruk Artinya apa? Secara lafal kalimat tersebut berasal dari bahasa Arab. Sebagian besar dari kita mungkin masih belum mengerti artinya orang Islam sekali pun.

Hal tersebut bukan sesuatu yang mengherankan karena memang kalimat tersebut cukup asing / memang sangat jarang sekali di gunakan di negara kita ini, Indonesia. Berikut akan kami jelaskan mengenai arti mabruk alfa mabruk.

Baca Juga : Arti Tafadhol

Mabruk Alfa Mabruk Artinya

Mabruk Alfa Mabruk artinya
Mabruk Alfa Mabruk artinya

Biasanya ketika kita “Milad” atau bahasa yang sering kita gunakan sedang “berulang tahun”, biasanya kita akan mendapat ucapan seperti Barakallah fii umrik atau dalam bahasa Indonesia artinya adalah semoga mendapat berkah dari Allah dalam usiamu.

Namun tak jarang pula ketika kita sedang Milad / berulang tahun, kita mendapat ucapan “Mabruk Alfa Mabruk (Arabic; مَبْرُوْكْ اَلْفَ مَبَرُوْكْ)“, lalu apa arti dari kalimat tersebut? Mari kita artikan satu persatu dari kalimat tersebut :

  • Mabruk = Berkah / semoga berkah.
  • Alfa = Beribu (banyak)
  • Alfa Mabruk = Seribu / banyak keberkahan

Jadi secara harifiah, arti Mabruk Alfa Mabruk ( مَبْرُوْكْ اَلْفَ مَبَرُوْكْ ) adalah “Berkah Beribu Berkah” / “Semoga di berkahi dengan ribuan berkah”

Mabruk dalam kalimat tersebut adalah kata maf’ul bihi / objek, yang mana maksud dari kata ini adalah ; orang yang sedang milad / berulang tahun yang kemudian didoakan agar di sisa usianya diberi keberkahan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Maka, mabruk alfa mabruk bisa diartikan “Selamat hari milad / ulang tahun semoga mendapat banyak keberkahan”.

Kalimat mabruk alfa mabruk ini biasanya akan diucapkan kepada orang yang sedang milad / bertambah usia / berulang tahun.

Biasanya ketika kita sedang berulang tahun, kita akan mendapat ucapan seperti “selamat ulang tahun, semoga panjang umur, atau bahkan ada yang mengucapkannya dengan bahasa Inggris, happy birthday to you.

Nah, ucapan tersebut oleh orang islam biasanya akan diganti dengan mengucapkan Barakallahu Fii Umrik / Mabruk alfa mabruk, yang mana kedua kalimat tersebut sebenarnya adalah do’a.

Memang kurang lengkap rasanya jika kita sedang milad / berulang tahun namun orang-orang terdekat kita tidak ada yang mengucapkan selamat.

Maka bagi kita umat Muslim jika ada dari keluarga, sahabat, sanak saudara, atau yang lainnya yang sedang berulang tahun alangkah baiknya kita memberi ucapan seperti yang telah di sebutkan di atas tadi.

Penggunaan Kalimat Mabruk Alfa Mabruk

Seperti yang telah kami jelaskan di atas tadi bahwa mabruk alfa mabruk ini merupakan kalimat yang digunakan atau di ucapkan kepada seseorang yang sedang berulang tahun / milad / bertambah usianya.

Nah, kita bisa menambahkan kalimat tersebut dengan beberapa kalimat lain, contohnya sebagai berikut :

Mabruuk alfa mabruuk ‘alaika mabruuk, Mabruuk alfa mabruuk yawm miiladik mabruuk

Artinya : Selamat hari milad semoga mendapat rahmat dari Allahu Ahad sehingga hidup menjadi selamat.

Dengan kita mengucapkan selamat ulang tahun (milad) menggunakan bahasa Arab, maka ucapan tersebut akan terkesan islami & religius. Maka mulailah mengganti ucapan yang biasa kita gunakan ketika ada seseorang yang ulang tahun dengan kalimat tersebut atau kalimat lainnya yang memberi kesan islami.

Baca Juga : Arti Syafakillah dan Syafakallah

Apa arti milad?

Kata “milad” adalah kata yang berasal dari bahasa arab yang maknanya yaitu “lahir”, sedangkan untuk kalimat “selamat milad” maksudnya yaitu adalah “selamat hari kelahiran”

Apa arti Barakallah Fii Umrik?

Arti dari Barakallah Fii Umrik kurang lebih ” Semoga Allah memberkahi usiamu“

Sebutkan contoh ucapan singkat selamat ulang tahun?

Selamat milad, semoga berkah diturunkan untukmu oleh Allah
Yang Maha Pengampun, Sehingga hidup rukun. Aamiin..

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Mabruk Alfa Mabruk Artinya. Baca juga Pengertian Asma’ul Husna. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk sobat Yuksinau.co.id semua. Syukron telah berkunjung ke website kami…

Related posts: