Aamiin Ya Rabbal Alamin

Posted on

Aamiin Ya Rabbal Alamin – Kalimat آمِيْنُ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن ini merupakan salah satu kalimat yang kerap diucapkan setelah memanjatkan do’a yang dilakukan seorang muslim kepada Allah Swt sesuai dengan apa yang dimintanya.

Sebagai umat muslim (umat Islam), kita diperintah oleh Allah Swt selalu meminta/memohon/berdo’a kepadanya. Doa termasuk salah satu ibadah yang paling agung dan juga merupakan ibadah yang tidak terlalu memakan banyak tenaga dan biaya.

Kendati demikian, masih banyak orang atau umat Islam yang enggan memanjatkan do’a bahkan tak sedikit orang yang melupakan dan meninggalkannya. Sebenarnya, kita sebagai hamba tentu membutuhkan Tuhan nya (Allah SWT), maka dengan berdoa atau meminta dan memohon ini menunjukan rasa butuh kita kepada Allah SWT.

Do’a ini juga menjadi salah satu sarana komunikasi kita dengan Allah Subhanahu wa Ta’ala yang paling baik. Doa juga memiliki berbagai keutamaan dan keistimewaan. Allah Swt memerintahkan kepada seluruh hambanya untuk berdo’a kepada-Nya. Seperti dalam firman Allah SWT dalam surat berikut ini.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Artinya ; Dan Tuhanmu berfirman:“Berdoalah kepada-Ku, niscaya Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang yang menyombongkan diri dari beribadah (ber’doa) kepada-Ku akan masuk neraka Jahannam dengan keadaan yang hina dina [Al-Mu’min/Ghafir/40: 60].


Nah, dalam berdo’a dibagian akhir atau setelah doa tersebut biasanya akan mengucapkan “Aamiin ya Rabbal Alamin”. Lalu, kalimat Aamiin ya Rabbal Alamin artinya apa? Berikut penjelasan lengkapnya!

Baca Juga : Aamiin Allahumma Aamiin

Aamiin Ya Rabbal Alamin
Aamiin Ya Rabbal Alamin

Aamiin Ya Rabbal Alamin

Aamiin ya Rabbal Alamin (Arab; آمِيْنُ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن) artinya “Kabulkanlah do’a kami wahai Tuhan Semesta Alam”.

Kalimat tersebut biasanya akan diucapkan oleh umat muslim setelah memanjatkan do’a kepada Allah Azza wa Jalla, dengan harapan Allah SWT mengabulkan doa-doa nya. Jadi setelah berdo’a silakan baca kalimat yang baik (toyyiba) ini karena terkandung makna yang sangat baik di dalamnya.

Biasanya sesudah berdo’a dan membaca Aamiin ya rabbal alamin, akan diiringi dengan mengusap kedua telapak tangan ke bagian wajah. Tentu dalam memohon kepada Allah Swt kita ingin memanjatkan permohonan dengan sebaik-baiknya.

Namun fakta nya, dalam pengucapan “Aamiin” yang artinya “kabulkanlah Ya Allah” masih banyak yang salah atau dalam pengucapan nya berbeda-beda, ada yang mengucapkan Amin, Aamin, Amiin, dan Aamiin.

Saat diucapkan kalimat tersebut akan terdengar sama, namun empat kata itu memiliki arti dan makna yang berbeda. Lalu manakah kalimat yang benar? Berikut arti dari 4 kata tersebut:

  1. AMIN artinya Aman
  2. AAMIN artinya Meminta Pertolongan
  3. AMIIN artinya Jujur atau Amanah.
  4. AAMIIN artinya Kabulkan doa kami.

Kata Aamiin, yang mana kata tersebut berdasarkan kata kerja dalam Bahasa Arab (fi’il) merupakan permohonan kepada Allah SWT agar doa yang di panjatkan dikabulkan atau di ijabah oleh-Nya.

Baca Juga : Arti Aamiin Ya Mujibassailin

Keutamaan Berdo’a kepada Allah Swt.

Berdo’a selain diperintah oleh Allah Swt, yang artinya kita melakukan salah satu perintah-Nya juga mempunyai keutamaan dan keistimewaan yang belum banyak kita ketahui. Lalu apa saja keutamaan berdo’a? Diantaranya sebagai berikut.

  1. Allah Ta’ala memerintahkan kepada hamba-hamba-Nya untuk berdoa, tentu dengan kita berdoa berarti kita mematuhi salah satu perintahnya.
  2. Doa merupakan inti dari ibadah.
  3. Doa bisa menolak bala atau terhindar darinya.
  4. Allah Swt akan selalu bersama orang-orang yang berdoa kepada-Nya.
  5. Tiada ada yang bisa menolak keputusan (qadha`) Allah Subhanahu wa Ta’ala kecuali doa.

Dengan kita berdo’a artinya kita menitipkan pahala atau ganjaran kepada Allah Ta’ala, terlepas dari dikabulkan nya atau tidak doa yang kita panjatkan kepada-Nya.

F.A.Q

Apa arti Aamiin Ya Mujibassailin?

Aamiin Ya Mujibassailin artinya ; “Kabulkan wahai Yang Maha Mengabulkan (Allah SWT) permintaan orang-orang yang meminta/berdoa.

Apa arti Aamiin Allahumma Aamiin?

Aamiin Allahumma Aamiin (Arab; آمِيْن اللّهُمَّ آمِيْن) artinya kabulkanlah ya Allah kabulkanlah. 

Apa arti Arti Alhamdulillahi rabbil ‘alamin?

Arti Alhamdulillahi rabbil ‘alamin adalah “segala puji bagi Allah tuhan seluruh alam”

Nah, itulah penjelasan kami mengenai Arti dan Penjelasan Aamiin ya rabbal alamin. Semoga kita dijadikan sebagai hamba yang senantiasa berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Aamiin.

Related posts: