Arti Aamiin Ya Mujibassailin

Posted on

Aamiin Ya Mujibassailin (Arabic; آمينَ يَا مُجِيبَ السَّائِلِينَ ) – Apa arti Aamiin Ya Mujibassailin dan Apa maknanya?. Jika kedua pertanyaan tersebut ada dalam benak kalian, artinya kalian masuk dalam website yang tepat.

Karena kami akan membahas secara rinci, tentang Aamiin Ya Mujibas sailin yang merupakan kalimat yang sangat luar biasa, mulai dari arti dan makna yang tersimpan dalam kalimat itu sendiri. Lalu apa arti dan maknanya?. Simak pembahasan nya di bawah ini !

Aamiin Ya Mujibassailin

Aamiin Ya Mujibassailin

Aamiin Ya Mujibassailin

Apa arti Aamiin Ya Mujibassailin? Mari sedikit kita mengurai kalimat ini dari segi linguistik. Secara bahasa Aaminn (Arab : امين): artinya kabulkanlah, Ya ( يا ) artinya Wahai, Mujibasailiin (Arab; مجيبالسائلين): Mujiba: artinya Yang Maha Mengabulkan/Menjawab, as-Saailin: orang-orang memohon/berdoa/meminta.

Jadi, Aamiin Ya Mujibassailin ( آمينَ يَا مُجِيبَ السَّائِلِينَ ) artinya ; “Kabulkan wahai Yang Maha Mengabulkan (Allah SWT) permintaan orang-orang yang meminta/memohon/berdoa atau “Kabulkanlah doa kami, Wahai Tuhan yang menunaikan permintaan orang-orang yang meminta”.

Kalimat Aamiin Ya Mujibassailin ini menyimpan makna yang sangat luar biasa. Jika tadi kita sudah sama-sama mengetahui arti dari kalimat tersebut. Mungkin perlu kalian ketahui juga maknanya. Lalu apa makna yang tersimpan di kalimat Aamiin Ya Mujibassailin? Simak pembahasan nya di bawah ini!

Baca Juga : Aamiin Allahumma Aamiin

Makna Kalimat Aamiin Ya Mujibassailin

Apa makna yang tersirat dalam kalimat tersebut? Jika kita berbicara tentang kalimat ini, artinya kita berbicara tentang “Kesadaran”. Kesadaran yang bagaimana dan seperti apa?. Untuk menjawab ini kita harus menguraikan satu persatu kalimat tersebut.

Pada kata Aaminn yang artinya kabulkanlah atau terimalah, di sanalah kata ‘Sadar’ ini sebenarnya sedang duduk atau dengan kata lain sedang bersemanyam menantikan manusia-manusia berseru Aamiin!.

Yakni berserah namun bukan pasrah. Sebab berbicara tentang konteks ‘Terimalah’ kepada Allah SWT artinya kita telah ‘memberi atau melakukan sesuatu’, yang dimaksud ialah \tidak meng-hamba dengan buta yakni tidak melakukan apa-apa. Itulah perwujudan Sadar.

Berikutnya Ya Mujibassailin. Yang artinya “Wahai Yang Maha mengabulkan orang – orang yang meminta.” Memohon atau meminta dengan permohonan/permintaan yang bijak, memohon (meminta) setelah melakukan.

Bukan meminta namun tidak mau melakukan hal apa-apa. Kemudian menemukan diri selayaknya orang yang sedang memohon atau meminta. Tanpa penjelasan panjang lebar, Ya Mujibassailin inilah dimana titik Kesadaran itu terletak.

Dari uraian secara etimologi tersebut, sadar dan kesadaran seolah menjadi sebuah makna yang terselubung di dalam susunan kata Amin Ya Mujibassailin.

Ya mungkin hal ini sedikit metaforis, hanya batas nalar dalam bentuk kiasan. Tapi hal ini membuat saya pribadi tertegun. Secara fonem, Amin Ya Mujibassailin seperti hembusan dan bunyi dari angin malam yang bergesekan dengan pohon bambu, layaknya mantra.

Kalimat tersebut dalam bentuk sintaksisnya sangatlah tegas, terdiri dari 5 susunan kata yang menjadi satuan kalimat utuh yaitu, Aamiin!

Konklusinya seperti ini, Amin Yaa Mujibassailin merupakan tawaran yang sederhana namun penuh hikmah sebagai rumus dalam mencari ‘apa itu sadar dan kesadaran‘.

Lebih ringkas lagi, Amin Ya Mujibassailin adalah sebuah kalimat yang memiliki nilai filosofi yang mampu memberikan batasan di luar batas nalar pencarian mengenai kesadaran itu sendiri.

Adapun setelah ini muncul sebuah kesadaran yang lebih implisit secara praktik, Amin Ya Mujibassailin berperan pada tahap introspeksi atau dalam agama Islam disebut dengan Muhasabah. (Baca : Arti Muhasabah).

F.A.Q

Apa Arti Alhamdulillahi rabbil ‘alamin?

Arti Alhamdulillahi rabbil ‘alamin artinya “segala puji bagi Allah tuhan seluruh alam”

Apa arti Aamiin Allahumma Aamiin

Amiin Allahumma Aamiin artinya “kabulkanlah ya Allah kabulkanlah”.

Apa arti Aamiin ya rabbal’alamin?

Aamiin ya rabbal’alamin artinya “Kabulkanlah Wahai Tuhan semesta alam”

Demikianlah penjelasan singkat kami mengenai “Arti dan Makna Aamiin Ya Mujibassailin“. Semoga bermanfaat untuk sobat-sobat Yuksinau.co.id semua.

Baca Juga :

Related posts: