Selamat Sore Bahasa Arab

Posted on

Selamat Sore Bahasa Arab – Di kesempatan yang berbahagia ini yang mana kami menyurvei, ternyata masih banyak yang mengetahui ucapan selamat sore dalam bahasa Arab.

Padahal di negara kita ini, sudah sangat banyak mereka menggunakan bahasa Arab yang sederhana ini baik itu di ucapkan oleh laki-laki atau pun wanita. Lalu apa ucapan selamat sore dalam bahasa Arab? Nah, untuk itu langsung saja kalian simak pembahasan nya secara rinci dan mendetail lengkap di bawah ini.

Selamat Sore Bahasa Arab

Selamat Sore Bahasa Arab

Bagaimana jika kita ingin mengucapkan selamat sore menggunakan bahasa Arab, apa bahasa Arab nya selamat sore? Nah, berikut ini adalah ucapan selamat sore dalam bahasa Arab dan jawabannya.

Ucapan selamat sore dalam bahasa Arab adalah طاب يومك dibaca Thooba yaumuk artinya selamat sore atau مساء الخير dibaca Masaa ul khair yang artinya selamat petang/sore.

Itu tadi kalimat yang kita gunakan jika ingin menyampaikan ucapan selamat sore kepada seseorang. Lalu bagaimana jika ucapan tersebut ditujukan kepada kita? Apa jawaban dari ucapan Thooba yaumuk atau Masaa ul khair (selamat sore)?

Nah untuk jawaban atau balasannya sendiri kita bisa menggunakan kalimat مساء النو dibaca Masaa un nuur, yang dalam hal ini bisa di artikan selamat sore juga.

Selain ucapan selamat yang telah dijelaskan di atas, kalian juga perlu menghafal ucapan-ucapan selamat lainnya seperti yang akan kami sajikan di tabel berikut ini.

ArabCara BacaArtinya
ليلتك سعيدةLailatuka sa’iidahselamat malam
سعيدة مباركة sa’iidah mubaarakahselamat malam juga
صَبَاح الْخَيْرShobaakhul khoirSelamat pagi
طاب نهاركThooba nahaarukSelamat siang
مساء النورMasaa un-nuurSelamat siang juga
سَعِيْدَةٌ مُبَارَكَةSa’iidatun mubaarokahSemoga malam yang berkah
مَعَ السَّلاَمَةMa’assalaamahSelamat Tinggal
أَهْلًا وَسَهْلًاAhlan wa sahlan Selamat Datang
هنيئا مريئاHanii.an marii.anSelamat Makan

Cara Menyampaikan / Memberikan Ucapan Selamat Sore

Dalam menyampaikan ucapan selamat sore ini, kita bisa saja menggunakan kalimat tersebut untuk di sampaikan kepada seseorang melalui media sosial dengan kata lain tidak langsung bertemu dengan lawan bicara itu sendiri.

Lalu bagaimana kalimat tersebut digunakan sebagai sapaan secara langsung atau langsung berhadapan dengan lawan bicara? Nah, berikut ini adalah cara ketika kita ingin menyampaikan ucapan selamat kepada seseorang yang bisa kalian praktekan langsung :

  1. Ketika kita berpapasan dengan seseorang dan ingin menyapa nya dengan ucapan selamat sore menggunakan bahasa Arab, maka ucapkankan lah Masaa ul khair dan kemudian sebut namanya sambil senyum.
    Contoh : Masaa ul khair ( مساء الخير ) Indah 🙂 )
  2. Iringi dengan gerakan tubuh dan harus sesuai dengan ucapan atau bisa juga sambil menundukan / menganggukan kepala dan bisa juga yang lainnya.
  3. Akan lebih baik di awali dengan ucapan Assalamualikum. Sehingga kalimatnya menjadi Assalamualaikum, Masaa ul khair. Tentunya dengan kita mengucapkan salam terlebih dahulu, yang kita ucapkan itu akan lebih terkesan.
  4. Dalam mengucapkan salam yang diiringi ucapan selamat sore, kontak mata kita mesti tertuju terhadap lawan bicara dengan penuh keramahan.

Manfaat Memberikan Ucapan Selamat

Ucapan selamat sore merupakan ucapan yang ternyata mengandung manfaat yang cukup banyak, yang tentunya manfaat ini akan dirasakan baik bagi yang menyampaikan maupun yang menerimanya.

Nah, berikut ini adalah manfaat dari kita mengucapkan atau menyampaikan ucapan selamat sore baik kepada saudara, sahabat, atau yang lainnya.

  1. Sebagai penopang semangat hilang, karena seharian dari pagi sampai sore melakukan berbagai aktivitas. Sebab ucapan ini mengandung energi positif tersendiri, yakni energi yang dapat memunculkan semangat dan bahkan motivasi yang tentunya dibutuhkan oleh semua orang guna mengisi pundi – pundi semangat yang kendor setelah beraktivitas.
  2. Memberikan kesan persaudaraan atau persahabatan dan juga bentuk keramahan. Sapaan dalam bentuk apa pun ketika bertemu dengan rekan tentu akan memberikan kesan persahabatan lebih dari itu memberikan nilai keramahan yang merupakan sikap baik dan terpuji
  3. Dapat mencairkan suasana. Maksudnya, ketika kita sedang berada di suatu ruangan atau sedang berada di tengah-tengah masyarakat tentu akan terasa kaku atau kurang bersemangat jika tidak diawali dengan ucapan selamat atau bisa juga sapaan akrab yang lain terlebih dahulu. Kalimat sapaan ini bisa menjadi awalan dalam membuka pertemuan dan juga akan memberikan kesan keakraban terhadap lawan bicara di tambah lagi jika ia menjawab ucapan kita.

Demikianlah pembahasan kami mengenai materi selamat malam bahasa Arab. Semoga dengan adanya penjelasan kami ini bisa menambah wawasan kita semua.

Artikel Lainnya :

Related posts: