Selamat Pagi Bahasa Arab

Posted on

Selamat Pagi Bahasa Arab – Di kesempatan kali ini Yuksinau.co.id akan membahas secara lengkap mengenai materi Agama Ucapan Selamat Pagi Bahasa Arab beserta jawaban atau cara membalas ucapan selamat pagi dalam bahasa Arab.

Selamat Pagi Bahasa Arab
Selamat Pagi Bahasa Arab

Selamat Pagi Bahasa Arab

Selamat pagi bahasa Arab nya adalah صَبَاح الْخَيْر dibaca Shobaakhul khoir  artinya : “Selamat pagi”.

Adapun penjelasannya sebagai berikut, kata “shabaahulkhair” apabila kita jabarkan yang mana kalimat tersebut terdiri atau gabungan dari dua kata yaitu “shabaah” dan “alkhair”.

Kata shabaah (Arab : صَبَاحٌ) berarti “pagi”, dan alkhair (Arab : الخَيْرُ) adalah “baik”. Jadi secara bahasa, kata “shabaahulkhair” dapat diartikan “pagi yang baik”.

Lalu bagaimana jika ucapan tersebut di tujukan kepada kita, apa jawaban atau balasan ucapan selamat pagi dalam bahasa Arab? Berikut ini adalah adalah balasan ucapan Shobaakhul khoir.

Balasan ucapan Shobaakhul khoir adalah صَبَاحُ النُّوْرِ dibaca shabaahunnuur yang artinya : “Selamat pagi juga”.

Adapun kata “shabaahunnuur” yang mana kalimat ini juga tersusun atau gabungan dari dua kata yaitu “shabaah” dan “ shabaah ”. Kata shabaah (Arab : صَبَاحٌ) berarti “pagi”, dan kata shabaah (Arab : النُّوْرُ) adalah “cahaya”. Jadi, ungkapan “shabaahunnuur” secara bahasa dapat diartikan “pagi yang cerah/bercahaya”.

Bahasa Arab Selamat Pagi

Jika sebelumnya kami hanya mengenalkan “shabaahulkhair” beserta jawabannya saja, ternyata ucapan selamat pagi ini cukup bervariasi, dimana orang-orang Arab apabila menyapa orang lain di pagi hari, ungkapan mereka cukup bervariasi.

Akan tetapi secara keseluruhan ucapan tersebut selalu mereka awali dengan kata “shabaah dan diakhiri kata-kata yang memiliki makna kebaikan maupun keindahan.

Ucapan yang dimaksud diantaranya seperti “shabaahulbarakah” (Arab : صَبَاحُ البَرَكَةِ) artinya “pagi yang berkah”, atau mereka mengatakan “shabaahulyumni wa barakah” (Arab : صَبَاحُ اليُمْنِ وَالبَرَكَةِ), kata (اليُمْنُ) dan (البَرَكَةُ) memiliki makna yang sama, yaitu keberkahan.

Selain itu, mereka juga biasa mengatakan, “shabaahulward” (صَبَاحُ الوَرْدِ) yang artinya “pagi yang indah” (seindah mawar), atau dengan kata (اليَاسْمِيْنُ) yang berarti “bunga melati” yakni menjadi “shabaahulwardi wal yasmiin” (Arab : صَبَاحُ الوَرْدِ وَاليَاسْمِيْنِ).

Selain ucapan selamat diatas, ucapan selamat dalam bahasa Arab sangatlah bervariasi. Berikut ini adalah ucapan selamat sehari-hari dalam bahasa Arab.

ArabCara BacaArtinya
طاب نهاركThooba nahaarukSelamat siang
مساء النورMasaa un nuurSelamat siang juga
مساء الخيرMasaa ul khairSelamat sore
مساء النورMasaa un nuurSelamat sore juga
ليلتك سعيدةLailatuka sa’iidahselamat malam/selamat tidur
لَيْلَتُكَ سَعِيْدَةLailatuka sa’iidahSelamat malam
سعيدة مباركة sa’iidah mubaarakahselamat malam juga
سَعِيْدَةٌ مُبَارَكَةSa’iidatun mubaarokahSemoga malam yang berkah
مَعَ السَّلاَمَةMa’assalaamahSelamat Tinggal
تَهْنِئَةً لَكَTahniatan lakaSelamat untuk mu
مَبْرُوْكMabruukhSelamat sukses
مَبْرُوْك عَلَى نَجَاحِكَMabruuka ‘ala najaahikaSelamat atas keberhasilanmu

Manfaat Memberikan Ucapan Selamat

Ucapan selamat ialah merupakan ungkapan yang mengandung banyak sekali manfaat, yang mana manfaat tersebut akan didapatkan oleh yang memberikan ucapan dan juga yang menerimanya.

Ucapan selamat yang kami maksud di sini diantaranya seperti ucapan selamat pagi, siang, sore dan ucapan selamat malam. Nah, berikut ini manfaat apabila kita memberikan ucapan selamat seperti yang disebutkan di atas:

  1. Dapat menambah semangat bahkan memberikan motivasi dalam beraktivitas. Sebab ucapan ini mengandung energi yang positif bagi yang menerimanya maupun yang mengucapakan nya.
  2. Memberikan kesan persaudaraan atau persahabatan dan Keramahan. Sapaan ketika bertemu siapa pun dan di mana pun itu tentu akan memberikan kesan persahabatan dan terdapat nilai keramahan.
  3. Dapat mencairkan suasana. Ketika kita berada di dalam suatu ruangan atau suatu kelompok, biasanya kita akan merasa kaku dan bahkan kurang bersemangat jika tidak diawali dengan ucapan-ucapan selamat atau sapaan yang lainnya terlebih dahulu. Kalimat sapaan selamat pagi ini bisa dijadikan sebagai awalan pertemuan yang juga memberikan kesan keakraban tersendiri.

F.A.Q

Apa bahasa Arab selamat siang?

Masaa ul khair (Arab : مساء الخير ) artinya Selamat siang

Apa bahasa Arab selamat sore?

Thooba nahaaruk (Arab : طاب نهارك) artinya Selamat Siang

Apa bahasa Arab selamat malam?

Lailatuka sa’iidah (Arab: لَيْلَتُكَ سَعِيْدَة ) artinya selamat malam

Demikianlah pembahasan kami mengenai Ucapan Selamat Pagi Bahasa Arab. Kalian bisa mempelajari materi atau artikel kami yang lain di bawah ini yang masih berkaitan dengan materi Agama. Syukron telah berkunjung.

Artikel Lainnya :

Related posts: