Bacaan Tasbih

Posted on

Bacaan Tasbih – Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh. Sebagai umat Islam pasti kita pernah berdzikir atau bahkan setiap hari selepas shalat kita berdzikir mengagunggkan Asma Allah. Dalam dzikir kita membaca bacaan tasbih, takbir, tahmid dan tahil. Lalu apa makna dari bacaan-bacaan tersebut?

Pada kesempatan kali ini YukSinau.co.id akan membahas tentang bacaan tasbih, tahmid, takbir dan tahlil. Untuk selengkapnya mari simak ulasan berikut ini.

Bacaan Tasbih

Bacaan tasbih merupakan salah satu bacaan yang mengagungkan asma Allah SWT. Bacaan tasbih adalah salah satu kalimat thoyyibah yang di gunakan dalam dzikir. Dzikir membaca kalimat tasbih artinya kita mengakui bahwa kita merupakan manusia yang kotor dan tak luput dari dosa.

Makna Bacaan Tasbih

Bacaan Tasbih memiliki makna yaitu menyucikan, atau kalimat Tasbih memiliki arti ialah menyucikan, menyucikan yang dimaknai adalah menyucikan Allah SWT dengan apapun selain Allah SWT. Karena hanya Allah SWT yang Maha Suci dan tidak ada yang mampu menandinginya.

Sebagai seorang muslim telah menjadi kewajiban kita untuk senantiasa mengucapkan kalimat thayyibah. Karena sesungguhnya kalimat thayyyibah atau kalimat yang baik adalah kalimat yang di sukai Allah SWT.

Keutamaan Bacaan Tasbih

Berdzikir menggunakan bacaan tasbih mempunyai keutamaan yang sangat luar biasa. Berikut ini adalah keutamaan membaca kalimat tasbih.

  • Allah SWT akan mengampuni segala doa dan kesalahan hambanya yang membaca kalimat tasbih, baik itu dosa yang sudah lampau dilakukan maupun dosa yang baru dilakukan.
  • Bacaan tasbih merupakan kalimat dzikir yang paling dicintai oleh Allah SWT.
  • Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW bersabda ” Barang siapa yang berdzikir membaca kalimat tasbih setiap harinya maka akan datang kepadanya 1000 kebaikan dan menghapus 100 keburukan”.
  • Bacaan tasbih merupakan dzikir yang paling berat timbangannya dibanding dzikir yang lainnya.
  • Dalam sebuah hadist riwayat Tarmidzi ” Barang siapa yang mengucapkan subhanallah wabihamdihi, maka akan ditanamkan untuknya sepohonn kurma di surga kelak”
  • Allah akan menjajikan balasan berupa surga untuk yang membiasakan mengucap tasbih.
  • Tasbih adalah ucapan yang sangat disukai oleh Allah SWT, terdapat 4 bacaan yang paling Allah SWT sukai yaitu, Subhanallah, Walhamdulillah, Laa Ilaha Illallah dan Allahu Akbar.
  • Dari Abu Hurairoh r.a berkata: Rasulullah SAW bersabda; Barang siapa melafazkan ‘Subhanallah wa bihamdih’ sebanyak seratus kali, maka akan dileburkan dosanya meskipun dosa tersebut seperti buih di lautan. (Muttafaqun ‘Alaih).

Arti Kalimat Tahmid

Kalimat Tahmid berasal dari bahasa Arab yaitu ( تهمد ) ”Taḥmudu” merupakan istilah dalam frasa bahasa Arab yaitu Alhamdulillah, yang berarti ” Segala puji bagi Allah”. Alhamdulillah sering kali diucapkan ketika orang-orang muslim bersyukur kepada Allah SWT untuk nikmat yang telah Allah berikan.

Arti Kalimat Tahlil

Kalimat Tahlil berasal dari bahasa Arab yaitu التهليل ”At-Tahliil” merupakan kalimat tauhid. Yaitu لا إله إلا الله, yang mempunyai makna bahwa ” Tiada Tuhan Selain Allah SWT”.

Kalimat tahlil adalah bagian dalam kalimat syahadat, yang hakikatnya adalah inti dari semua landasan dalam ajaran Islam yang bermakna bahwa Allah adalah Tuhan yang Esa.

Arti Kalimat Takbir

Kalimat Takbir dalam bahasa Arab: ( تكبير )”Takbīra” yang merupakan frase dalam bahasa Arab Allahu Akbar الله أَكْبَر yang artinya Allah Maha Besar. Allahu Akbar merupakan seruan umat Muslim di seluruh dunia kepada Allah yang berarti telah memuliakan Allah. Tak ada satupun di dunia ini yang mampu menandingi kebesaran Allah SWT.

Kalimat Tasbih, Tahmid, Tahlil Dan Takbir

Kalimat Tasbih

  • Dalam Tulisan Arab : سبحان الله
  • Tulisan Latin : Subhanallah”
  • Artinya : Maha Suci Allah”.

Kalimat Tahmid

  • Dalam Tulisan Arab : والحمد لله
  • Tulisan Latin : Alhamdulillah”
  • Artinya : Segala Puji Untuk Allah ”.

Kalimat Tahlil

  • Dalam Tulisan Arab : لااله الا الله
  • Dalam Tulisan Latin : Laa ilaha Illallah”
  • Artinya : Tiada Tuhan Kecuali Allah”.

Kalimat Takbir

  • Dalam Tulisan Arab : الله أَكْبَر
  • Dalam Tulisan Latin : AllahuAkbar”
  • Artinya : Allah Maha Besar”.

Adapun jika ke empat kalimat tersebut disatukan maka bunyi dalam tulisan Arab nya yaitu سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ للهِ وَلَا لَه إِلَّا اللهُ وَ اللهُ اَكْبَرُ – Subhanallah Wal Hamdulillah Wa Laa ilaaha illallah, Wallahu Akbar

Penjelasan tentang Bacaan Tasbih, , Takbir, Tahmid dan Tahlil

“Barang siapa menyucikan Allah 33x sehabis sholat, memuji Allah 33x, dan mengagungkan kebesaran Allah 33x, yang mana hal itu menjadi 99 bilangan,

lalu menyempurnakannya menjadi 100 dengan bacaan laa ilaha illallahu wahdahu laa syarikalah lahul mulku walalhul hamdu wahuwa ‘alaa kulli syai in qodiir, maka diampuni semua kesalahannya meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR. Muslim no. 597).

Dalam hadits yang lain juga disebutkan:

Ada beberapa penyerta (dzikir) sehabis selesai sholat yang tidak akan merugi bagi yang mengucapkannya , yaitu bertasbih 33x, bertahmid 33x, dan bertakbir 34x.” (HR. Muslim no. 596).

Keutamaan Kalimat Tasbih, Tahmid, Tahlil dan Takbir

  • Dari Abu Sa’id Al-Khudri r.a berkata: Rasulullah SAW bersabda (Beberapa amalan shalih yang tetap pahalanya, yaitu Subhanallah, Alhamdulillah, Laa Ilaaha Illallah, Allahu Akbar, Laa Haula Walaa quwwata illa billah) (Hadist Riwayat. An-Nasa’i, dan dishohihkan oleh Ibnu Hibban dan Al-Hakim)
  • Ucapan yang Dicintai oleh Allah dan Terjaga dari Marabahaya. Dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh Samuroh bin Jundab r.a

Dari Samuroh bin Jundab r.a berkata: Rasulullah SAW bersabda (Ucapan yang paling dicintai Allah yaitu empat, yang tidak ada sesuatu apapun yang membahayakan mu jika kamu mengawali dengan empat kalimat itu, yaitu: Subhanallaah, Alhamdulillaah, Laa ilaaha illallaah, Allaahu akbar). (HR. Muslim)

  • Ringan Diucapkan Namun Berat dalam Mizan

Dan hadits yang diriwayatkan oleh Syaikhoni (Imam Bukhari & Imam Muslim) berikut:

Diriwayatkan oleh Syaikhoni, dari Abu Hurairoh r.a berkata: Rasulullah SAW bersabda (Dua kalimat yang paling dicintai oleh Dzat yang Maha Welas Asih, ringan diucapkan oleh lisan dan berat dalam timbangan (Mizan), yaitu: Subhanallahi Wa bihamdih , Subhanallaahil ‘adziim).

Sungguh begitu banyak manfaat dari berdzikir mengagungkan asma Allah. seperyti keutamaan-keutamaan dzikir yang telah di bahas pada kesempatan kali ini. Oleh karena itu kita sebagai hamba Allah marilah kita senantiasa berusaha untuk selalu berdzikir.

Karena dengan dzikir hati menjadi tentram dan damai, serta semoga kita senantiasa terhindar dari segala kemaksiatan dan tipu daya syaiton. Ternyata hanya dengan satu atau dua kalimat keutamaan dan makna yang terkandung di dalamnya sangat banyak. Sekian ulasan dari bacaan dzikir tasbih, semoga bermanfaat. Terima kasih Wassalamualaikum wr.wb

Artikel Lainnya :

Rate this post