Sandi Rumput

Posted on

Di kesempatan kali ini Yuksinau.co.id mengajak kalian semua mempelajari mengenai Sandi Rumput Beserta Cara Membaca, Cara Membuat, Rumus Lengkap dengan Cara Mudah Menghafal nya. Tak perlu panjang lebar langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Sandi Rumput

Sandi Rumput

Sandi Rumput merupakan sistem representasi huruf, angka dan juga tanda baca yang dibuat dengan didasari prinsip Kode Morse. Perbedaan antara keduanya hanya terletak di cara penulisannya saja, di mana titik maupun garis pada kode morse diganti dengan rumput kecil dan besar.

Contoh : abjad = “A” morse = .-

Sandi Morse :

Sandi Morse

Kuncinya adalah :

1. Strip (-) diganti rumput panjang ;



2. Titik (.) diganti rumput pendek ;

3. Pemisahan antar huruf yakni menggunakan tanda strip tidur “_” dan tetap disambung.

4. Pemisahan antar kata menggunakan tanda [spasi]

Contoh : AKU

Sandi Rumput

Cara Membaca dan Membuat Sandi Rumput

Sandi yang satu ini dibuat dengan menggunakan kombinasi garis pendek dan garis tinggi. Garis-garis inilah yang kemudian disusun sedemikian rupa sehingga jika dilihat secara sekilas mirip seperti rerumputan yang berjejer. Untuk jelasnya, bisa kalian perhatikan contoh di bawah ini.

Sandi Rumput

Garis pendek dan garis tinggi pada gambar di atas melambangkan titik dan strip kode morse. Di mana garis pendek yaitu ialah titik sedangkan garis tinggi melambangkan strip.

Titik dan strip inilah yang kemudian dibaca menggunakan kode morse. Guna memisahkan antar huruf dipergunakan tanda pemisah seperti garis mendatar.

Sandi Rumput

Selanjutnya setelah baris pertama selesai, silakan coba untuk mengerjakan (memecahkan) baris yang ke-2 dan ke-3 contoh di atas. Di mana baris kedua dari contoh di atas terdiri atas 7 huruf sementara pada baris ketiganya terdiri dari sepuluh huruf.

Dalam kepramukaan tentu akan kita jumpai beberapa sandi lain yang penampakan nya mirip sandi rumput. Dan uniknya cara pemecahannya pun sama seperti mengerjakan sandi rumput. Berikut ini adalah sandi-sandi yang mirip dengan sandi rumput ;

  • Sandi Air
  • Sandi Gergaji
  • Sandi Gedung Bertingkat
  • Sandi Awan
  • Sandi Ombak

Kelima sandi tersebut selain bentuknya mirip dengan sandi rumput dan bahkan cara pengerjaan nya pun sama dengan cara mengerjakan sandi rumput yakni sama-sama menggunakan kode morse.

Nah, setelah kita mempelajari mengenai sandi rumput, cara membuat hingga cara membacanya (termasuk sandi-sandi lain yang memiliki kesamaan / kemiripan dengan sandi rumput), maka sekarang tidak ada lagi alasan bagi anggota pramuka mengatakan bahwa sandi rumput ini sulit.

Contohnya: ketika hurup “A” itu yang mana morse menjadi “titik strip” maka dalam sandi rumput yakni menjadi satu rumput pendek dan juga satu rumput tinggi dan seterusnya.

Tapi jika masih kurang paham, berikut ini akan kami sajikan mengenai rumus sandi rumput beserta cara menghafal nya. Untuk itu simak penjelasan berikut ini.

Rumus Sandi Rumput

Rumus serta cara membuat Sandi Rumput ini menurut kalian sulit atau mudah? Tentu ada yang menjawab mudah dan ada juga ada yang menganggapnya sulit. Padahal kita sudah ketahui bersama bahwasanya Sandi yang satu ini adalah salah satu Sandi dasar dalam kepramukaan.

Seharusnya sandi-sandi seperti ini sudah diajarkan semenjak masih di sekolah dasar (SD) atau pada tingkat siaga yakni tingkat yang paling rendah dalam pramuka. Meski pun begitu, Sandi ini akan tetap digunakan meski pun kalian yang berkecimpung di dunia pramuka sudah menginjak tingkat Penegak atau anggota muda dalam pergerakan pramuka.

Sandi ini juga memiliki gaya yang khas (dibandingkan dengan sandi yang disebutkan di atas tadi) bentuknya yang khas inilah jenis sandi ini dapat dengan mudah dikenali walaupun kalian hanya melihatnya secara sekilas.

Hal ini tentu berbeda dengan jenis sandi lainnya yang lebih sulit menemukan maupun menentukan jenis sandi yang pakai adalah sandi apa, lalu setelah mengetahui jenisnya kalian juga harus menerjemahkan kembali ke dalam tulisan yang normal lagi. Cukup ribet bukan?

Tak perlu panjang lebar, langsung saja simak gambar di bawah ini yang merupakan rumus sandi rumput :

Sandi Rumput

Dari rumus di atas tentu saja kalian tetap akan kesulitan dalam mengingat bentuk dari tiap-tiap huruf nya, dengan gaya yang khas, jika kita perhatikan di dalam rumus di atas hanya ada dua jenis rumput, yakni rumput pendek dan rumput tinggi / tinggi saja, namun dengan susunan yang tidak sama alias berbeda. Lantas bagaimana mengenai cara menghafal Rumus di atas? Simak lagi penjelasan berikut ini ;

Cara Mudah Menghafal

Pada dasarnya Sandi Rumput ini adalah berdasarkan pada dua jenis kunci/ metode atau cara yang lebih mudah:

Morse

Jika kalian sudah mengenal Morse, tentu akan lebih mudah menghafal rumus sandi rumput seperti gambar di atas, jika dalam morse yang kalian hafal tentunya, itu menggunakan titik (.) dan juga strip (-) dalam sandi rumput akan terdapat sedikit perbedaan, yakni dengan cara mengganti titik dengan rumput pendek dan kemudian mengganti tanda strip dengan rumput tinggi atau panjang.

Nah, dari sini tentu saja kalian sudah mulai paham kan? Namun di sini kami tidak akan membahas lebih rinci mengenai morse karena mungkin kalian semua para pembaca sudah memahaminya, karena memang hanya mengonta-ganti tanda saja.

Menghafal Kata

Kenyataannya, penulis sebagai salah satu yang pernah ikut dalam kegiatan pramuka merasa lebih mudah dalam menghafal beberapa nama atau pun kata dibanding dengan menghafal lengkukan-lengkukan yang tidak jelas dan berbeda-beda.

Oleh karena itu, cara yang satu ini lebih mudah menurut pribadi saya (karena menghafal titik strip dalam morse lebih sulit). Yakni dengan cara menghafal kata (kata-kata yang dimaksud di sini juga sudah kami sertakan dalam gambar rumus sandi rumput di atas).

Lalu, kata apa saja yang harus atau perlu untuk di hafalkan? Terdapat 26 kata yang harus kalian hafal sebagai bagian dari pramuka, di mana setiap kata yakni mewakili tiap huruf abjad A – Z. Di bawah ini adalah kata-kata yang dimaksud:

A: ANOJ: JAGOLOROS: SAHARA
B: BONAPARTEK: KOMANDOT: TON
C: COBA-COBAL: LIMONADEU: UNESCO
D: DOMINANM: MOTORV: VERSIKARO
E: EGGN: NOTESW: WINOTO
F: FATERJONANO: OMONOX: YOSIMONO
G: GOLONGANP: PERTOLONGANY: XOSENDERO
H: HIMALAYAQ: QONOKAROZ: ZOROASTER
I: ISLAMR: RASOHE

Nah, apabila ke-26 kata di atas sudah kalian hafalkan, sekarang hanya tinggal menerapkan pengubahan ke dalam rumus, kuncinya cukup mudah, kalian hanya perlu memperhatikan huruf vokal yakni huruf A, I, U, E, O dalam tiap katanya.

Huruf vokal yang selain O diganti dengan Rumput Pendek sedangkan huruf vokal O diganti dengan Rumput yang Panjang/tinggi.

Contoh misalnya : Kata UNESCO yang menjadi perwakilan huruf U ada 3 huruf vokal yang berurutan yakni huruf U, E, O, jadi dari sini kita telah mengetahui akan ada 3 rumput yang harus kalian gambar menjadi Sandi Rumput huruf U ini, akan tetapi mesti disesuaikan dengan urutan huruf vokal kata itu tadi.

  • Huruf U (menjadi rumput yang pendek).
  • Huruf E (menjadi rumput yang pendek)
  • Huruf O (menjadi rumput yang panjang).

Demikianlah pembahasan kali ini, semoga dengan adanya artikel ini menjadikan atau menambah wawasan kita semua mengenai Sandi Rumput beserta penjelasan lengkapnya.

Related posts: