Arti Biidznillah

Posted on

Arti Biidznillah apa ya? Apa perbedaan Biidznillah dengan Insya Allah? Makna Biidznillah apa ya?. Nah, untuk itu langsung saja simak pembahasan kami mengenai Arti Biidznillah, Perbedaan Biidznillah dengan Insya Allah, Makna, dan Conto Penggunaannya di bawah ini.

Arti Biidznillah
Arti Biidznillah

Arti Biidznillah

Biidznillah (Arab; بِإِذْنِ اللَّهِ) artinya adalah “atas izin Allah / dengan izin Allah”

Ucapan ini adalah bentuk pengharapan, permohonan, atau doa yang di panjatkan kepada Allah SWT, mengharapkan bantuan dari-Nya atas segala upaya yang seseorang lakukan.

Maksudnya, apabila seseorang mengucapkan “biidznillah”, maka orang tersebut telah mengajukan pengharapan yang mendalam akan terjadinya sesuatu yang diharapkan olehnya itu tadi.

Dengan demikian, artinya orang tersebut tidak takabbur, karena ia tidak memastikan / meyakini segala sesuatu akan terjadi / tidak terjadi kecuali atas izin Allah.

Perbedaan Biidznillah dengan Insya Allah

Tidak sedikit orang yang keliru dalam mengartikan Biizdnillah dengan Insya Allah. Karena memang arti dari kedua kata tersebut hampir memiliki kesamaan. Namun sebenarnya berbeda baik itu dari segi arti dan maknanya.

Lalu apa perbedaan Biidznillah dengan Insya Allah? simak arti dan penjelasannya berikut ini ;

Arti Biidznillah (Arab; بِإِذْنِ اللَّهِ ) adalah “atas izin Allah / dengan izin Allah”

Arti Insya Allah (Arab; إِنْ شَاءَ اللَّهُ ) adalah “Jika Allah mengizinkan”

Secara bahasa perbedaannya memang sangat tipis, tapi sebenarnya memiliki perbedaan makna yang besar apabila hal ini ditilik dari gaya bahasa / ilmu dalam bahasa Arab (balaghagh).

Ucapan biidznillah bersifat khusus dan menunjukkan permohonan / pengharapan besar kepada Allah SWT. Sedangkan, Insya allah sifatnya lebih umum. 

Agar lebih mudah di pahami berikut contoh penggunaan kedua kata tersebut. Misalnya, apabila ada yang berkata kepada kita : “Jangan lupa ya pak Ustad, besok malam hadir untuk ngisi ceramah”, jawabannya yang tepat untuk ucapan tersebut adalah “Insya allah / jika Allah mengijinkan”.

Kemudian orang tersebut melanjutkan permintaanya dengan berkata: “Jangan lupa juga Pak, ceramahnya yang menarik agar jamaah bisa meresapi isi ceramahnya”, jawaban yang cocok untuk ucapan seperti ini adalah “Yah, biidznillah / Ya, Atas Izin Allah”.

Maksudnya, dengan menjawab “Ya, Biidznillah” artinya kita berharap kepada Allah SWT agar bisa memenuhi apa yang kita harapkan dan agar bisa memenuhi permintaan seperti contoh di atas tadi.

Lebih dari itu, dengan kita mengucapkan kata tersebut, artinya kita melibatkan Allah SWT dalam segala hal dan denyut pengharapan kita agar selalu tertuju pada-Nya.

Baca Juga : Arti Barakallahu Fiik

Makna Biidznillah

Dengan kita mengucapkan biidznillah, itu artinya kita berharap atau memohon kepada Allah SWT agar sesuatu yang menjadi keinginan kita dapat terjadi sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Karena memang kita tidak boleh memastikan atau meyakini sesuatu akan terjadi / tidak terjadi. Karena memang kita sebagai makhluknya tidak pernah tahu apa akan terjadi hari ini, esok, atau hari-hari yang lainnya.

Maka, biasakanlah memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan meminta izin-Nya dalam segala perkara baik itu besar maupun kecil. 

Baca Juga : Arti Fii Amanillah

Contoh Penggunaan Kata Biidznillah

Sebenarnya untuk penggunaan kata ini sudah kita bahas di atas tadi, tapi berikut ini adalah penggunaan kata biidznillah yang sering kali kami dengar, berikut ini contohnya :

  • Alhamdulilah, biidznillah orang-orang yang ada di sekitar bisa terbantu dengan uang yang selama ini kita kumpulkan.
  • Biidznillah, segala harapan kita bisa tercapai.
  • Insya allah biidznillah segalanya akan segera membaik
  • Biidznillah, sampai saat ini dia memang teguh keyakinan terhadap Agam Islam padahal selama ini ia bekerja di gereja.
  • Biidznillah, semua masalah yang kita hadapi ini bisa terselesaikan.

Sebenarnya masih banyak lagi contoh penggunaan kata tersebut, karena memang kata yang demikian itu sudah sangat populer, terlebih di kalangan para santri yang tentunya tidak bisa kami tulis di artikel ini.

Itulah pembahasan kami mengenai Arti Biidznillah, semoga kita di beri anugerah berupa pemahaman agar bisa memahami segala hal, salah satu nya pembahasan kita mengenai Arti Biidznillah ini. Baca juga Arti Syafahullah dan Syafahallah. Semoga bermanfaat.

Related posts: