Arti Ahlan Wa Sahlan

Posted on

Ahlan Wa Sahlan Artinya apa? Apa makna dan jawaban ahlan wa sahlan? Apa perbedaan ahlan wa sahlan dengan marhaban?. Jika pertanyaan-pertanyaan tersebut ada di benak kalian sekarang kalian tak usah bingung lagi karena di kesempatan kali ini Yuksinau.co.id akan membahas secara rinci dan mendetail mengenai Arti ahlan wa sahlan beserta jawabannya lengkap di bawah ini.

Ahlan Wa Sahlan Artinya
Ahlan Wa Sahlan Artinya

Ahlan Wa Sahlan Artinya

Ahlan Wa Sahlan Artinya

Kebanyakan orang khususnya di Indonesia mengartikan ahlan wa sahlan (Arabic : أَهْلًا وَسَهْلًا) ini sebagai “selamat datang”. Sebenarnya, arti ahlan wa sahlan ini ternyata lebih luas dari hanya sekadar ucapan selamat datang.

Secara harfiah, ahlan asal katanya adalah ahlun yang artinya “keluarga”. dan sahlan asal katanya adalah sahlun yang diartikan sebagai “mudah”.

Jadi, apabila dirangkai, ahlan wa sahlan artinya adalah “saya menerima Anda sebagai/menjadi bagian dari keluarga kami, dan kami juga menerima Anda dengan mudah”.

Adapun orang yang mengartikan ahlan wa sahlan ini dengan arti “selamat datang”, itu bukanlah sebuah kesalahan karena arti secara umum memang demikian. Namun, jika kita merujuk kepada arti sekaligus maknanya yakni seperti yang di jelaskan di atas tadi.

Merujuk dari arti tersebut, maka ucapan yang mendekati arti ataupun makna ahlan wa sahlan ini di antaranya, “silakan, jangan sungkan-sungkan” atau “silakan, anggap saja rumah sendiri”.

Maka, ketika mengucapkan ahlan wa sahlan kepada orang yang datang kepada kita, itu artinya kita telah menerima sekaligus menganggap tamu tersebut sebagai keluarga dan kita memudahkan urusan-urusannya.

Makna Ahlan Wa Sahlan

Makna ahlan wa sahlan, yang merupakan doa dimana orang-orang Arab mengatakan kepada para tetamunya dengan mengucapkan Ahlan wa sahlan yang mana kalimat tersebut oleh orang Arab dimaknainya sebagai berikut!

Ahlan ( أَهْلًا ) : Anda sekarang sudah menjadi keluarga bagi kami
Wa sahlan ( وَسَهْلًا ) : Mudah-mudah Allah swt memudahkan segala urusan Anda.

Jadi, merujuk kepada maknanya ahlan wa sahlan ini bukan hanya ucapan selamat datang atau welcome seperti yang biasa di ucapkan oleh orang-orang Barat.

Jawaban Ahlan Wa Sahlan

Untuk jawaban atau balasan ucapan ahlan wa sahlan ini tergantung dari siapa yang mengucapkan kalimat tersebut. Maksudnya, untuk laki-laki dan wanita balasannya berbeda. Lalu apa jawaban ahlan wa sahlan? Berikut ini adalah penjelasan dari jawaban ahlan wa sahlan!

Ahlan bik artinya “sama-sama/kepada juga”

  • Ahlan bika / أَهْلًا بِكَ (diucapkan kepada laki-laki)
  • Ahlan biki / أَهْلًا بِكِ (diucapkan kepada wanita)
  • Ahlan bikum / أَهْلًا بِكُمْ (di ucapkan kepada laki-laki (jamak/lebih dari satu orang)
  • Ahlan bikunna (di ucapkan kepada wanita (jamak/lebih dari satu orang)

Perbedaan Ahlan Wa Sahlan dan Marhaban

Dalam kaidah bahasa Arab, selamat datang diucapkan dengan perkataan Marhaban, atau bisa juga dengan Ahlan wa Sahlan. Quraish Shihab, yang mana beliau menjelaskan perbedaan kata Ahlan wa Sahlan dan Marhaban serta alasan penggunaan nya mendahului kata Ramadan.

Marhaban,merupakan kata yang telah diserap Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yang diartikan sebagai “kata seru menghormati / menyambut tamu (yang berarti selamat datang)”.

Sedangkan kata Ahlan wa Sahlan, belum terserap dalam KBBI, apabila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia yakni memiliki arti selamat datang. Namun, secara etimologi, Ahlan Wa Sahlan dan Marhaban memiliki perbedaan yang mendasar. 

Frasa Ahlan wa Sahlan terdiri dari 2 kata, yakni; Ahlan yang berasal dari kata ahl yang artinya “keluarga”, dan sahlan dari kata sahl yang artinya “mudah”.

Sedangkan Marhaban diambil dari kata rahb yang artinya “luas / lapang”. Dari asal kata yang sama muncul kata rahiba yang berarti selamat datang.

Sehingga kata Marhaban secara etimologi literal nya dimaknai ungkapan selamat datang kepada para tamu yang diterima dan disambut dengan lapang dada, penuh dengan kegembiraan, dan dipersiapkan baginya ruangan yang luas melakukan apa saja yang ingin dilakukan.

Dari pengertian dan makan tersebut, para ‘Ulama terdahulu menggunakan kata Marhaban daripada Ahlan wa Sahlan karena kata tersebut memang lebih tepat dan tersambung jika digabungkan dengan bulan Ramadan. Yakni menjadi Marhaban Ya Ramadhan.

Kalimat Marhaban Ya Ramadan mempunyai makna “kami menyambut (Ramadan) dengan kegembiraan dan kami persiapkan tempat yang luas supaya engkau bisa melakukan apa saja, yang berkaitan dengan mengasah serta mengasuh jiwa kami.”

____________________

Itulah penjelasan kami mengenai Materi Agama Ahlan Wa Sahlan Artinya. Kalian bisa mengunjungi artikel kami yang lain masih seputar materi Agama di bawah ini.

Artikel Lainnya :

Related posts: