Arti Ya Muqollibal Qulub

Posted on

Ya Muqollibal Qulub (Arabic: يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ) – Apa arti Arti Ya Muqollibal Qulub? Apa makna Arti Ya Muqollibal Qulub? Apa arti Ya muqollibal quluub tsabbit qolbi ‘alaa diinik?

Jika kalian ada pertanyaan seperti di atas, sekarang tak perlu bingung lagi karena Yuksinau.co.id akan membahas secara terperinci alias lengkap mengenai Arti, Makna, Kandungan dan penjelasan Ya muqollibal quluub. Langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

Ya Muqollibal Qulub
Ya Muqollibal Qulub

Arti Ya Muqollibal Qulub

Ya Muqollibal Qulub
Ya Muqollibal Qulub

Ya muqollibal qulub (يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ) merupakan petikan doa dalam bahasa Arab yang mempunyai arti “Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati”. Dzat dalam kalimat tersebut maksudnya ialah Allah Subhanahu wa ta’ala, Tuhan yang Maha Kuasa untuk membolak-balikkan hati manusia.

Jika hanya mengucapkan “Ya muqollibal qulub” rasanya kalimat do’a tersebut kurang lengkap, karena pada umumnya atau yang menjadi salah satu doa yang sering dibaca oleh Rasulullah Saw, yakni sebagai berikut;

“Ya muqollibal quluub tsabbit qolbi ‘alaa diinik (Tulisan Arab; يامقلب القلوب ثبت قلبي على دينك ) adapun artinya yaitu “Wahai Dzat yang Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu).”

Doa yang satu ini dimulai dengan pengakuan dari seorang hamba bahwa Allah Swt adalah Dzat Yang Maha atau dalam hal ini yang mampu membolak-balikkan hati makhluk ciptaannya khususnya manusia.

Oleh karena itu sudah sepatutnya kita memohon kepada-Nya agar hati kita senantiasa teguh di atas agama-Nya yaitu Agama Islam. Dengan begitu, iman dan Islam kita dapat senantiasa terjaga dari berbagai godaan yang menyesatkan.

Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala :

قَوْلُهُ تَعَالَى : إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ

Artinya : “Sesungguhnya agama di sisi Allah hanyalah Islam”

Pengertian Ya Muqollibal Qulub

Dari uraian di atas, bisa kita pahami dan ketahui bersama bahwa “Ya muqollibal qulub” ini artinya adalah “Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati”.

Terdapat riwayat yang menceritakan tentang doa ini. Salah satunya ialah riwayat yang diceritakan oleh Ummu Salamah Radiallahu anha, salah seorang istri dari Baginda Rasulullah Saw.

Ummu Salamah R.a berkata bahwa do’a yang sangat sering dibaca oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah doa,

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ

“Yaa muqollibal qulub tsabbit qolbi ‘ala diinik artinya “Wahai Zat yang membolak-balikkan hati teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu” [HR. Tirmidzi, Ahmad, dan Hakim]

Makna Kalimat Ya Muqollibal Qulub

Doa ya moqollibal qulub merupakan yang di panjatkan kepada Allah agar hati senantiasa terjaga di jalan dan agama-Nya. Inilah yang disebut istiqomah hati. Hati manusia itu bisa diibaratkan seperti kertas yang tertiup angin, yakni mudah terbolak-balik.

Sifatnya tidaklah tetap, kadang bisa bersih, kuat, lemah lembut, bercahaya namun suatu saat akan menjadi lemah iman, gelap gulita, keras membatu yakni menolak kebenaran. Inilah yang disebut iman manusia itu bisa naik dan bisa turun, sebagaimana pernyataan berikut ini.

Salah seorang pernah berkata : Al iman yazid wa yanqus” yang artinya iman itu naik turun. Dan salah seorang sahabat, Abu ad-Darda` Uwaimir al-Anshaari rahimahullah pernah berkata,

الإِيْمِانُ يَزْدَادُ وَ يَنْقُصُ

Artinya ; “Iman itu bertambah dan berkurang.

Hati manusia berada di “jari-jemari Allah Azza wa Jalla. Sebagaimana hadist; Dari Anas Radiallahu anhu, Rasulullah Saw memperbanyak do’a, “Yaa muqollibal quluub tsabbit qalbii ‘alaa diinik,” kemudian saya pun bertanya, “Ya Rasulullah, kami telah beriman kepadamu dan kepada apa -apa yang engkau bawa. Lalu kenapa engkau merasa khawatir (terhadap kejiwaan) kami?” beliau menjawab, karena sesungguhnya hati manusiaitu berada di antara jari-jemari Allah, Dia membolak-balikannya sekehendak-Nya. (H.R. Imam Ahmad, Tirmidzi dan al-Hakim).

Oleh sebab itulah mengapa Rasulullah Shalallahu Alaihi wassalam menganjurkan kita semua sebagai umatnya untuk senantiasa membaca doa yang seperti di jelaskan di atas.

Kandungan Ya Muqollibal Qulub

Berikut ini adalah manfaat atau pun kandungan yang ada di dalam kalimat thoyyiba dan merupakan doa yaitu ya moqollibal qulub. Apa saja khasiat atau manfaat dan kandungan dari kalimat Ya muqollibal qulub? Simak uraiannya berikut ini.

1.  Hati Menjadi Tenang

Ketenangan hati tentu menjadi dambaan seluruh insan atau manusia. Dengan hati tenangnya, seorang tentu bisa melakukan aktivitasnya sehari-hari dengan baik bahkan bisa bernilai ibadah.

Hatinya akan dijauhkan oleh Allah Swt dari perasaan gelisah, bingung dan gundah gulana karena memperoleh rahmat Allah swt berupa penjagaan dari-Nya, Dzat Yang Maha Tinggi menjadi penjaga hatinya dari berbagai hal yang menggelisahkan atau bahkan menyesatkan.

2. Iman Akan Semakin Kuat

Inti dari doa Ya Muqollibal Qulub ini adalah permohonan atau do’a yang dipanjatkan kepada Allah agar kita selalu dan tetap istiqomah di dalam iman dan Islam.

Seperti keterangan di atas, ada yang menyebutkan bahwa iman seorang sangat mudah berubah (berbolak-balik). Hari ini ia bisa saja diterangi oleh cahaya iman, yakni ketaatan tetapi bisa saja iman itu memudar yakni karena melakukan kemaksiatan.

Maka, dengan kita selalu membaca do’a yang di ajarkan oleh Nabi Muhammad sa seperti di atas, semoga Allah menjadikan iman kita kokoh dan kuat. Aamiin..

3. Selalu Dekat dengan Allah

Hati yang tenang atau Tumaninah merupakan hati yang senantiasa dekat dengan Allah Swt. Di dalam hatinya, tiada yang lain kecuali Allah Swt. Doa ya muqollibal qulub ini menjadi permohonan dari seorang hamba dengan harapan memperoleh rahmat dari-Nya berupa ketenangan hati.

F.A.Q

Apa arti ma fi qalbi ghairullah ?

Arti ma fi qalbi ghairullah (Arabic; ما في قلبى غيرالله ) adalah “Tiada di dalam hatiku kecuali / selain Allah”

Apa arti Lakum Dinukum Waliyadin?

Arti Lakum Dinukum Waliyadin (Arabic; لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ ) adalah “Bagimu Agamamu, bagiku Agamaku”

Apa arti La Tahzan, Innallaha Ma’ana?

Arti La Tahzan, Innallaha Ma’ana adalah ‘Janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita’.

Itulah yang bisa kita pelajari bersama tentang “Arti Ya Muqollibal Qulub”. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menjadi penyebab bertambahnya Iman kita kepada Allah dan Rasul-Nya, Aamiin.

Baca Juga :

Related posts: