Tulisan Arab Assalamualaikum

Posted on

Tulisan Arab Assalamualaikum | Assalamualaikum merupakan ucapan salam dalam Bahasa Arab, dan digunakan oleh kultur Muslim. Frasa lengkapnya yakni adalah Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Mengucapkan salam merupakan Sunnah Nabi Muhammad SAW, yang mana dengan ucapan ini bisa merekatkan hubungan umat Islam di berbagai belahan dunia.

Namun di kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Tulisan Arab Assalamualaikum dan Walaikumsallam beserta Tulisan latin dan Artinya. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini :

Tulisan Arab Assalamualaikum
Tulisan Arab Assalamualaikum

Tulisan Arab Assalamualaikum

Kaligrafi Assalamualikum

Meskipun kita sudah sangat sering mendengar atau bahkan mengucapkan salam ini, namun tak jarang juga dari kita yang belum mengetahui bagaimana Tulisan Arab Assamualaikum ini yang benar.

Imam an – Nawawi di dalam kitab Al-Adzkar, dimana beliau menuliskan bahwa ada 3 jenis salam yang bisa gunakan sebagai do’a atau sapaan terhadap sesama umat muslim. Adapun kalimatnya sebagai berikut :

Tulisan Arab : السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ
Latin : Assalamu’alaikum
Artinya : Semoga keselamatan dilimpahkan kepada kalian

Tulisan Arab : السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ
Latin : Assalamu’alaikum wa rahmatullahi 
Artinya : Semoga keselamatan dan dan Rahmat Allah di limpahkan kepada kalian

Untuk ucapan salam seperti di atas ini sebenarnya masih kurang lengkap, meskipun begitu tidak mengurangi makna baik yang terkandung di dalam kalimat. Namun alangkah baik nya kita mengetahui kalimat yang lebih lengkap, berikut ini frasa lengkapnya :

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh
Semoga kesejahteraan (keselamatan) dilimpahkan kepada anda sekalian, juga rahmat Allah serta barakah-Nya.

Kalimat atau dalam mengucapkan salam, memang menggunakan bentuk jamak. Meskipun salam yang kita berikan itu hanya kepada satu orang.

Tulisan Arab Walaikumsalam

Setelah kita mengetahui jenis-jenis ucapan salam seperti di atas selanjutnya kita akan membahas mengenai cara menjawabnya. Meskipun mengucapkan salam hukumnya sunnah tapi untuk menjawabnya adalah wajib. Maka dari kita juga harus mengetahui bagaimana cara menjawab ucapan salam dengan benar. Berikut ini jenis-jenis / cara menjawab salam :

Dalam menjawab salam, sebaiknya lebih lengkap dari pemberi salam, sebagaimana terdapat dalam Al-Qur’an:

وَإِذَا حُيِّيتُم بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا۟ بِأَحْسَنَ مِنْهَآ أَوْ رُدُّوهَآ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ حَسِيبًا

 

“Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu.” (QS.An-Nisa’: 86)

Jawaban Salam :

  1. Wa’alaikumussalam (وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ)
  2. Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi (وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ)
  3. Wa’alaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuh (وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ)

Artinya :  Dan semoga kesejahteraan, rahmat, dan barakah-Nya (itu) dilimpahkan kepada anda sekalian (juga).

Untuk menjawab salam, yang mana hal ini sudah dicontohkan oleh Rasulullah Sholallahu ‘Alaihi Wassalam. Telah disebutkan oleh Ibnu Abi Hathim dan Ibnu Jarir.

Suatu hari ketika Rasulullah Sholallahu ‘Alaihi Wassalam sedang duduk bersama dengan para sahabat, tak lama seseorang datang dengan mengucapkan, “Assalaamualaikum”. Maka Rasulullah SAW hanya menjawabnya dengan mengucapkam “Waalaikum salaam wa rahmah”.

Kemudian orang kedua datang, kemudian salama : “Assalaamualaikum wa rahmatullah”. Lantas Rasulullah Sholallahu ‘Alaihi Wassalam menjawabnya dengan yang lebih panjang, yakni : “Waalaikum salaam wa rahmatullah wabarakatuh”.

Baca Juga :

Hadist Tentang Ucapan Salam dan Menjawabnya

Hadist 1,
Dari ‘Amar bin Yasir, beliau berkata :

ثَلاَثٌ مَنْ جَمَعَهُنَّ فَقَدْ جَمَعَ الإِيمَانَ الإِنْصَافُ مِنْ نَفْسِكَ ، وَبَذْلُ السَّلاَمِ لِلْعَالَمِ ، وَالإِنْفَاقُ مِنَ الإِقْتَارِ

Tiga perkara yang apabila seseorang memiliki ketiga-tiganya, maka akan sempurna imannya: [1] bersikap adil pada diri sendiri, [2] mengucapkan salam pada setiap orang, dan [3] berinfak ketika kondisi pas-pasan. ” (Diriwayatkan oleh Bukhari secara mu’allaq yaitu tanpa sanad. Syaikh Al Albani dalam Al Iman mengatakan bahwa hadits ini shohih)

Hadits 2,
Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW pernah bersabda :

يُسَلِّمُ الرَّاكِبُ عَلَى الْمَاشِى ، وَالْمَاشِى عَلَى الْقَاعِدِ ، وَالْقَلِيلُ عَلَى الْكَثِيرِ

Hendaklah orang yang berkendaraan memberi salam pada orang yang berjalan. Orang yang berjalan memberi salam kepada orang yang duduk. Rombongan yang sedikit memberi salam kepada rombongan yang banyak.” (HR. Bukhari no. 6233 dan Muslim no 2160)

Hadist 3,
Dari Abdullah bin ‘Amr, ada seseorang bertanya kepada Nabi SAW :

“أَىُّ الإِسْلاَمِ خَيْرٌ ؟ قَالَ :” تُطْعِمُ الطَّعَامَ ، وَتَقْرَأُ السَّلاَمَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ ، وَعَلَى مَنْ لَمْ تَعْرِفْ

“Amalan islam apa yang paling baik?” Rasulullah menjawab,”Memberi makan (kepada orang yang butuh) dan mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenali dan kepada orang yang tidak engkau kenali.” (Hadist riwayat Bukhari No. 6236)

Hadist 4,
Iman An Nawawi RA menyebutkan dalam Shohih Muslim, di antara kewajiban umat muslim yakni menjawab ucapan salam.
Hal demikian ini berdasarkan hadits Abu Hurairah RA.

Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wassalam bersabda :
Hak muslim kepada muslim yang lain ada 6 :

  1. Apabila engkau bertemu,ucapkanlah salam padanya.
  2. Apabila engkau diundang, penuhilah undangannya.
  3. Apabila engkau dimintai nasehat, berilah nasehat padanya.
  4. Apabila dia bersin lalu dia memuji Allah mengucapkan ’alhamdulillah, doakanlah dia dengan mengucapkan ’yarhamukallah.
  5. Apabila dia sakit, jenguklah dia.
  6. Apabila dia meninggal dunia, iringilah jenazahnya sampai ke pemakaman. HR. Muslim no. 2162.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Tulisan Arab Assalamualaikum. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung website kami.