Teknik Dasar Pencak Silat

Posted on

Teknik Dasar Pencak Silat – Pada kali ini yuksinau.co.id akan menerangkan materi tentang Pencak Silat yang mana pembahasanya meliputi pengertian, cara bermain, peraturan, teknik dasar, contoh gambar lapangan dan berita tentang Olahraga secara lengkap.

Pencak Silat, seni bela diri yang dianggap unik, adalah warisan seni bela diri di Indonesia. Ada banyak sejarah yang terkait dengan Pencak silat di Indonesia. Banyak pahlawan di Indonesia bahkan menguasai teknik seni bela diri. Mempelajari Pencak Silat dapat membantu Anda melindungi diri sendiri dan lingkungan di sekitar Anda.

Teknik Dasar dari Pencak Silat

Dasar-dasar Pencak-Silat dapat dipelajari dengan hati-hati dalam praktik. Di bawah ini, teknik dasar pencak silana dipecah menjadi beberapa tahap:

Teknik Kuda – Kuda di Pencak Silat

Teknik Kuda - Kuda di Pencak Silat

Teknik dasar Pencak-Silat yang paling awal adalah kuda, posisi yang dimiliki pejuang Pencak-Silat. Posisi kuda adalah posisi berdiri untuk bersiap menghadapi musuh. Kuda pencak silat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu mengangkang, tinggi berdiri, 6 posisi kuda. Berikut ini adalah penjelasan untuk sikap kuda seni bela diri:

  • Postur depan
    Posisi postur depan adalah untuk membawa posisi satu kaki ke depan dan kemudian menekuk kaki belakang lurus. Telapak kaki belakang keluar ke samping dan beratnya ditumpuk ke depan. Postur tubuh harus tegak dan lurus.
  • Postur belakang
    Posisi postur belakang adalah memberi tekanan pada kaki belakang. Tumpuk tumit Anda agar berdiri agar tubuh condong ke depan. Kaki depan terluka dengan menempatkan tumit atau jari kaki di lantai.
  • Kuda sedang
    Posisi posisi tengah adalah merentangkan kedua kaki dan menekuknya sehingga tubuh semakin dalam. Posisi ini akan membangun beban di bagian tengah tubuh.
  • Halaman Kuda
    Posisi postur samping adalah menekuk satu kaki ke samping dan kaki lainnya lurus ke sisi lainnya. Bobot ditempatkan pada kaki yang ditekuk, tubuh harus lurus sehingga bahu sejajar atau selaras dengan kaki.
  • Kuda silang
    Posisi kuda-kuda silang seperti kuda yang menggabungkan kuda depan dan samping. Salib depan dibentuk dengan menempatkan satu kaki ke depan dan menekuknya. Kaki ini membawa beban. Kaki lainnya ditekan ringan ke kaki sebelumnya dengan ibu jari atau ujung jari lainnya ditekan ke lantai.
  • Kuda silang kembali
    Posisi kuda penyeberangan belakang seperti kebalikan dari kuda penyeberangan belakang. Seperti sebelumnya, posisi satu kaki adalah penopang berat dan yang lainnya ringan. Perbedaannya adalah posisi tubuh mundur dan posisi kaki cahaya ke depan.

Postur Dalam Silat

Teknik dasar Pencak Silat pada dasarnya terdiri dari postur (posisi) dan gerakan (gerakan). Ketika seorang pejuang bergerak, postur dan gerakannya berubah sesuai dengan gerakan dan situasi sebelumnya. Banjir adalah posisi yang siap untuk melanjutkan langkah selanjutnya. Ada 5 jenis pasangan berdasarkan jenisnya, yaitu:

Postur Jongkok

Merupakan postur yang dilakukan dengan meletakkan kaki yang salah di lantai. Postur berjongkok dibagi menjadi dua area:

  • Jongkok Postur: Postur dengan postur lurus, lurus, dengan kaki ditekuk di kedua ujung bagian dalam kaki dengan tumit diangkat.
  • Jengkeng Postur: Postur ke postur dengan postur lurus, sudut lurus dan kaki ke depan dengan lutut ditekuk dan kaki dengan lutut ditumpuk ke lantai.

Duduk Postur

Merupakan postur di mana kedua kaki diletakkan di lantai dan beratnya di atas pinggang. Posisi duduk dibagi menjadi empat area:

  • Postur duduk: Berdiri, lihat lurus ke atas dan pegang bokong di lantai. Posisikan kedua kaki dan lutut dengan lutut menghadap ke depan dan kedua tangan ditekuk di tubuh Anda.
  • Sikap Precepty: Postur dengan postur tegak, lihat lurus ke depan dan tutup bokong dengan lantai. Posisi kaki di depan tubuh dan telapak tangan menyilang di atas lutut.
  • Postur simpuh: mengadopsi postur tegak dan melihat lurus ke depan. Posisi kaki terlipat ke belakang, dengan jari-jari kaki tetap dan tumit di atas. Telapak tangan diletakkan di atas paha.
  • Postur dari Sempok: Atur postur dengan postur lurus, dengan pandangan lurus. Posisi kedua kaki dilipat di bawah bokong dan kaki lainnya ditekuk ke atas. Posisi telapak tangan berada di depan dada dan mengarah ke atas.

Berbaring Postur

Suatu sikap diambil untuk membela diri. Postur berbaring terdiri dari tiga, yaitu:

  • Postur berbaring: sikap pada posisi tubuh di punggung, memandang ke depan, menekuk satu kaki dan satu kaki lurus. Satu tangan diletakkan di lantai dengan menekuk siku dan tangan lainnya di dada.
  • Leaning postur: ambil postur condong, lihat ke depan, satu kaki ke dada dan yang lainnya lurus ke depan. Posisi tangan menopang berat badan dengan menempatkan siku di lantai dan tangan lainnya di paha.
  • Flatbed Attitude: Ambil posisi tubuh menghadap ke bawah. Lihatlah ke depan dan rentangkan kedua kaki. Posisi kedua tangan menyentuh lantai dengan menekuk siku ke arah rapat.

Sikap Khusus

Merupakan sikap yang digunakan untuk melatih keseimbangan dalam pertahanan dan serangan. Pengaturan khusus dibagi menjadi lima jenis, yaitu:

  • Pengaturan khusus tegak sekali
  • Bangun postur tegak, pandangan jauh ke depan. Angkat satu kaki dengan lutut ditekuk dan menghadap ke depan serta lengan ke samping dengan tinju dan siku ditekuk.
  • Postur khusus pankreas bagian bawah
  • Ambil posisi tubuh dengan posisi terlentang, melihat ke depan. Posisi lutut ditekuk dan telapak kaki tertutup ke lantai sementara kaki lainnya diangkat. Posisi kedua tangan berada di sebelah tubuh dengan siku melengkung.
  • Pancer Sikap Istimewa berbaring kembali
  • Ambil posisi tubuh dengan posisi terlentang, melihat ke depan. Posisi satu lutut ditekuk, menekan telapak kaki ke lantai dan mengangkat kaki lainnya. Posisi kedua tangan berada di sebelah tubuh dengan siku melengkung.
  • Rimau Special Attitude (merangkak)
  • Berdiri dengan posisi merangkak. Posisikan kedua kaki ditekuk, satu ke depan dan satu lagi ke belakang.
  • Sikap khusus monyet
  • Bentuk postur dengan postur lurus dan pandangan lurus. Posisi kaki miring dan kedua tangan menekuk siku di depan dada.

Attitude attach

Merupakan sikap yang siap mengambil tindakan untuk melawan serangan yang bermotif. Pengaturan ini dibuat pada awal atau akhir kegiatan. Terdiri dari 4 level, penjelasan berikut:

  • Pasang satu: Berdiri tegak dengan kedua tangan di sisi Anda dalam posisi lurus dan siap. Posisikan kedua kaki selebar bahu.
  • Pasangan kedua: mengadopsi postur lurus, posisi kaki selebar bahu dan posisi tangan di samping pinggang dengan kepalan tangan.
  • Pasang tiga: mengadopsi postur tegak dan buka selebar bahu. Posisi tangan ditekuk ke atas sehingga telapak tangan sesuai dengan posisi mata.
  • Pasang empat: Ambil posisi tegak dan buka selebar bahu. Posisi lengan di depan dada dan kepalan disilangkan.

3 arah

Adalah arah target gerakan target di Pencak Silat, baik dalam pertahanan maupun dalam serangan. Arah di mana mata angin digunakan sebagai arah. Arahnya sering dilakukan dalam latihan bela diri. Salah satu aspek yang bisa dilatih dengan pengarahan adalah pergerakan kuda.

Dalam praktiknya, kuda samping digunakan untuk set pertama hingga empat. Posisikan kaki kiri Anda ke depan dan punggung kanan Anda, dalam posisi lurus. Gerakan dari posisi kelima ke kedelapan kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang. Posisi kaki kiri diperpanjang dan kaki kanan ditekuk, posisi tubuh dimiringkan sedikit ke depan dan sebaliknya

Pola Langkah dalam Pencak Silat

Pola Langkah dalam Pencak Silat

Langkah adalah teknik dasar pencak silat dan metode berjalan yang digunakan dalam pencak silat. Penjelasan berikut ini berlaku untuk beberapa pola langkah:

  • Pola langkah lurus: bergerak dengan pola yang membentuk garis lurus ke depan atau ke belakang. Ditunjukkan dengan kuda, biasanya kuda sedang.
  • Pola zig-zag: bergerak dengan pola-pola yang membentuk garis-garis zig-zag. Mulai langkah-langkah dengan langkah miring / miring.
  • Pola kuda langkah atau huruf U: gerakkan kaki Anda ke kanan, tutup dengan kaki kiri, tutup dengan kaki kiri, tutup dengan kaki kanan ke depan dan lakukan sebaliknya. Gerakan menciptakan pola seperti huruf U.
  • Pola langkah segitiga: bergerak dengan pola yang membentuk segitiga. Dipamerkan dengan 2 kuda, yaitu kuda tengah dan depan
  • Langkah pola S: bergerak dengan penyatuan 3 kuda yang membentuk huruf S. Kuda-kuda yang digunakan termasuk kuda tengah, samping dan belakang.
  • Pola langkah persegi panjang: bergerak dengan fusi kuda tengah dan depan. Ini dilakukan dengan menyelesaikan kuda depan dan kemudian bergerak maju, dengan kuda tengah membentuk persegi panjang terakhir.
  • Kuda, sikap dan pola langkah dalam Pencak-Silat sering menjadi salah satu unsur tarian tradisional di Indonesia.
  1. Tiup Pencak Silat

Gerakan menyerang di Pencak Silat dibagi menjadi dua bagian, yaitu pukulan dan tendangan. Striking adalah gerakan menyerang yang menggunakan tangan sebagai alat. Beberapa jenis perangko di Pencak-Silat umumnya digunakan:

Pukulan lurus: Pukulan lurus atau pukulan depan dilakukan dengan mendorong tangan lurus ke depan, dengan menggerakkan tubuh ke depan saat memukul. Ada dua garis lurus, satu jahitan dan satu lurus. Posisi kaki kejut sejajar dengan lengan, sedangkan posisi kaki lurus tidak sejajar dengan lengan.
Pukulan pendulum: Sering disebut sebagai coke blow, pukulan dari bawah ke atas dengan sedikit tikungan.
Tembakan tegak: Sebuah pukulan di bahu lawan menjadi sasaran
Circular Strike: Serangan dibuat dari sisi tubuh petarung yang bergerak menuju petarung. Dukungan ini didukung oleh gerakan tubuh dan bahu untuk mencapai efek yang lebih dalam.

Masukkan pencak silat

Terlepas dari serangan, gerakan serangan adalah tendangan. Tendangan adalah gerakan yang Anda gunakan untuk memukul lawan dengan kaki sebagai alat. Berikut beberapa penjelasan untuk Tendangan Pencak Silat:

  • Tendangan Lurus: Tendangan bergerak lurus dan mengarah ke perut lawan.
  • Tendangan melingkar: gerakan tendangan dari luar dan kemudian diayunkan sampai kaki lurus.
  • T-shaped kick: Gerakan mengayuh dari posisi tubuh ke samping dan gerakan mengayuh lurus.
  • Tendangan samping: Tendangan dengan kaki belakang.

Blok di Pencak Silat

Membela atau mempertahankan adalah gerakan selain menyerang. Gerakan di Pencak Silat menggunakan tangan dan kaki sebagai alat. Penjelasan berikut:

  • Bantahan internal: Cegah serangan eksternal dengan menjaga tangan Anda sejajar dengan bahu Anda.
  • Pagar luar: Pertahanan terhadap serangan dari luar dengan tangan Anda untuk menangkal serangan dari lawan ke samping.
  • Atas: Menangkis serangan luar yang menargetkan kepala dengan meletakkan tangan Anda di atas kepala.
  • Baris bawah: Lindungi diri Anda dari serangan luar yang mencapai bagian bawah tubuh dengan menurunkan tubuh dan meregangkan lengan ke bawah.

Gerakan Lainnya

Ada gerakan di Pencak Silat selain membela dan menyerang. Secara umum, gerakan dengan pukulan, tendangan dan perkelahian dilakukan. Gerakan-gerakan berikut adalah gerakan selain yang disebutkan. Penjelasan berikut:

Garis Leher
Teknik ini dirancang untuk menggulingkan lawan. Menyapu atau memotong adalah teknik yang membuat lawan jatuh dengan mengguncang kuda. Caranya adalah dengan menyapu, memakukan, atau memotong kaki musuh sehingga musuh kehilangan keseimbangan dan jatuh. Gerakan guntingan terdiri dari guntingan luar dan guntingan dalam.

Lockdown
Adalah gerakan untuk menjatuhkan lawan yang tak berdaya, tidak bergerak atau melucuti alat-alat perang musuh. Lockout adalah penghindaran, penipuan dan gerakan cepat. Kunci umumnya menargetkan pergelangan tangan, lengan, leher, dagu, atau bahu musuh.

Kembangan
Adalah gerakan tangan dan postur yang dilakukan sambil memperhatikan gerakan musuh dan pertahanan musuh. Secara umum, gerakan pengembangan dilakukan pada awal pertarungan untuk mengantisipasi serangan atau mengecoh musuh. Kembangan adalah salah satu bagian terpenting dari evaluasi yang memprioritaskan keindahan gerakan dalam seni Pencak.

Demikian Pembahasan kali ini mengenai Teknik Dasar Pencak Silat. Dan Jangan Lupa Tetap Kunjungi yuksinau.co.id karena banyak artikel menarik dan bermanfaat. Terimaksih telah setia bersama kami dan tetap sinau ya sobat semua.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Rate this post