Mad Badal

Posted on

Mad Badal – Hukum Bacaan, Huruf, Cara Baca, Tajwid, Contoh Lengkap – ( مَدْ بَدَلْ adalah salah satu dari 13 bagian dari Mad Far’i, dimana pada pertemuan hurufnya sama dengan huruf yang ada pada Mad Thobi’i, dan ini sering sekali dianggap sebagai hukum dari Mad Thobi’i.

Mad Badal

Pengertian Mad Badal

Hukum – Mad Badal adalah satu dari 13 bagian dari Mad Far’i, dimana pada pertemuan hurufnya sama dengan huruf yang ada pada Mad Thobi’i, dan ini sering sekali dianggap sebagai hukum dari Mad Thobi’i.

Tentang hukum Mad Jaiz Munfashil bahwsannya huruf hijaiyah ALIF yang ada di mushaf Al Qur’an standar Indonesia memiliki banyak nama atau istilah. Salah satu contohnya yaitu adalah Alif yang disebut sebagai hukum dari Mad Badal.

Untuk memudahkan dalam mengingat dan memahami hukum Mad Badal yaitu dengan paham dahulu tentang hukum dari Mad Thobi’i, sesudah itu paham, maka jika ada huruf Alif maka hukumnya bukan Mad Thobi’I, tetapi Mad Badal.

Secara bahasa, Mad Badal (مَدْ بَدَلْ), artinya adalah ;

Mad artinya ; Panjang
Badal artinya ; Pengganti.

اَنْ يَجْتَمِعَ الْمَدُّ مَعَ الْهَمْزَةِ فِيْ كَلِمَةٍ لٰكِنِ تَتَقَدَّمُ الْهَمْزَةُ عَلٰى الْمَدِّ

Sedangkan menurut istilah (مَدْ بَدَلْ), artinya adalah ;

Jika terdapat huruf mad ; alif, ya’, dan wawu dan hamzah terkumpul di dalam satu kalimat, sedangkan hamzah mendahului huruf mad itu.

Contoh

Contoh Lafadz Cara Membaca Lafadz Asli
اٰدَمَ aadama أَأْدَمَ
اٰمَنَ aamana أَأْمَنَ
اٰنِيَةٌ aaniyatun ءَانِيَةٌ
اٰخِرَةٌ aakhirotun ءَاخِرَةٌ
اِيْمَانٌ iimanun أِأْمَانٌ
اِيْتُوْنِيْ iituuni إِئْتُوْنِيْ
اُوْتُوْا uutuu أُأْتُوْا

Sebab :
Karena ada hamzah yang mendahului huruf mad ; alif, wawu, dan ya’ dalam 1 kalimat.
Cara Membaca :
Hukum bacaan mad badal dibaca panjang 1 alif = 2 harakat.

Panjang Mad Badal

Berapakah panjang bacaan dari Mad Badal ini? dalam hal ini ada sedikit perbedaan antara Imam Warsyih dengan Qira’at Imam Hafhs, simak penjelasannya di berikut ini ;

Alif yang berfungsi sebagai Hukum dari Mad Badal yang berlaku dalam mushaf standar Indonesia, yakni seperti berikut :

Mad badal Standar Indonesia

Sementara, Mushaf Al Qur’an keluaran Timur Tengah (Madinah/Arab Saudi) tidak ada huruf hijiayah seperti yang ada pada mushaf standar Indonesia, pada gambar di atas.

Bandingkanlah dengan gambar di atas dengan gambar di bawah ini dan ini merupakan huruf Mad Badal yang ada di dalam mushaf Al-Qur’an versi Timur Tengah.

Mad Badal Timur Tengah

Perhatikan mushaf Al Qur’an standar Indonesia masih menggunakan huruf hijaiyah Hamzah-Alif  ( إ ), namun untuk saat ini memang sudah distandarisasikan menjadi huruf Alif.

Yang mana hal tersebut menjadikan kesamaan antara huruf hijaiyah Alif sebagai huruf yang berharakat (fathah, kasrah, & dhammah), Alif yang berfungsi menjadi hukum dari Mad Badal, dan huruf Alif yang berfungsi menjadi pembentuk dari hukum Mad (panjang bacaan), serta huruf Alif yang berfungsi menjadi penghubung kata atau kalimat dalam Al-Qur’an (Washal).

Sedangkan jika kita lihat bentuk dari huruf hijaiyah didalam mushaf Al Qur’an keluaran Timur Tengah (Madinah), maka yang dimaksud dengan Mad Badal sebenarnya ialah huruf hijaiyah Hamzah / huruf hijaiyah Hamzah-Alif atau dapat disebut pergantian dua buah huruf hamzah yang ketemu (berada dalam satu kata).

Akan tetapi perbedaan dia atas, merupakan sesuatu yang tidak mengherankan, jika ada yang menganggap atau mengatakan bahwasanya huruf Alif di dalam hukum MadBadal di Indonesia sama dengan huruf hijaiyah Hamzah seperti di Negara Arab Saudi.

Baca Juga : Syukron Artinya

Pengertian Detail Mad Badal

Mushaf Versi Timur Tengah :

Badal maknanya ialah ganti, kata “ganti” disini maksdunya ialah merujuk kepada rumusan tajwid yang terdapat pada mushaf Al Qur’an terbitan/ versi Timur Tengah.

Mad Badal yaitu adalah memperpanjang / perpanjangan suara di huruf hijaiyah Hamzah, menjadi pengganti untuk huruf hijaiyah Hamzah yang memang sengaja dihilangkan, yaitu :

  • Memperpanjang bacaan huruf hijaiyah Hamzah yang berharokat Fatha apabila ketemu huruf hijaiyah Hamzah Sukun ( ءَا ) yang asalnya yaitu ءَأ ;
  • Memperpanjang bacaan di huruf Hamzah yang berharokat Kasrah apabila ketemu huruf hijaiyah Ya Sukun ( إِي )  yang asalnya adalah huruf  إِئ ;
  • Memperpanjang bacaan huruf Hamzah yang berharokat Dhammah apabila ketemu huruf hijaiyah Waw Sukun ( أُو )  yang asalnya adalah huruf hijaiyah أُؤ

Yuk, mengenali huruf hijaiyah untuk Madbadal di mushaf  Al-Quran (Timur Tengah)

  • Berharokat Fatha =  ءَا
  • Berharokat Kasrah =  إِي
  • Berharokat Dhammah =  أُو

Mushaf Standar Indonesia :

Metode atau cara dalam mengingat / memahami hukum Mad Badal yaitu dengan cara memahami secara detail dari hukum Mad Thobi’i. Jika telah memahaminya, maka yang dikecualikan yaitu adalah huruf Alif.

  • Huruf Alif yang memiliki harokat Fat’ha ( ــــَــ )  ketemu huruf hijaiyah Alif  ( ا ) (Alif kecil yang letaknya di atas huruf Alif)
  • Huruf Alif yang memiliki harokat Kasrah ( ـــــِـــ ) ketemu huruf Ya disukun ( يْ ) (huruf hijaiyah Alif kecil yang letaknya di bawah huruf hijaiyah Alif)
  • Alif yang memiliki harokat Dhammah ( ـــــــُــــــ ) ketemu huruf hijaiyah Waw sukun ( وْ ) / (huruf Waw kecil terbalik “seperti angka 6” yang letaknya di atas huruf Alif);

Contoh Mad Badal Dalam Al-Quran

Surat Al Ghasiyah Ayat 5 ;

  • Mushaf Indonesia:
  • Mushaf Timur Tengah
mad badal

Baca Juga : Arti Afwan

Surat Quraysh Ayat 2 :

  • Mushaf Indonesia :
Mad Badal
  • Mushaf Timur Tengah :
Mad Badal
Contoh Bacaaan
Contoh اٰمَنُوْا. Lafadz ini asalnya adalah أَأْمَنُوْا selanjutnya Hamzah kedua diganti huruf Mad ayaualif yang menjadi penggantinya sehingga menjadi seperti ini اٰمَنُوْا/ءَامَنُوْا/اَامَنُوْا.

Contoh : أُوْتِيَ Lafadz ini asalnya adalah اُاْتِيَ selanjutnya Hamzah yang kedua diganti huruf Mad yaitu wau yang menjadi penggantinya sehingga menjadi seperti ini أُوْتِيَ

Contoh : إِيْمَانًا. Lafadz ini asalnya adalah اِأْمَانًا selanjutnya Hamzah yang kedua diganti huruf Mad yaitu ya yang menjadi penggantinya sehingga menjadi seperti ini إِيْمَانًا

Apa itu Mad Badal?

Mad Badal adalah satu dari 13 bagian dari Mad Far’i, dimana pada pertemuan hurufnya sama dengan huruf yang ada pada Mad Thobi’i, dan ini sering sekali dianggap sebagai hukum dari Mad Thobi’i.

Tentang hukum Mad Jaiz Munfashil bahwsannya huruf hijaiyah ALIF yang ada di mushaf Al Qur’an standar Indonesia memiliki banyak nama atau istilah. Salah satu contohnya yaitu adalah Alif yang disebut sebagai hukum dari مَدْ بَدَلْ

Untuk memudahkan dalam mengingat dan memahami hukum Mad Badal yaitu dengan paham dahulu tentang hukum dari Mad Thobi’i, sesudah itu paham, maka jika ada huruf Alif maka hukumnya bukan Mad Thobi’I, tetapi مَدْ بَدَلْ

Apa hukum Mad Badal?

Memahami hukum مَدْ بَدَلْ yaitu dengan paham dahulu tentang hukum dari Mad Thobi’i, sesudah itu paham, maka jika ada huruf Alif maka hukumnya bukan Mad Thobi’I, tetapi مَدْ بَدَلْ

Apa itu Mad Jaiz Munfashil?

Tentang hukum Mad Jaiz Munfashil bahwsannya huruf hijaiyah ALIF yang ada di mushaf Al Qur’an standar Indonesia memiliki banyak nama atau istilah. Salah satu contohnya yaitu adalah Alif yang disebut sebagai hukum dari مَدْ بَدَلْ

Demikianlah penjelasan kami semoga bisa bermanfaat untuk sobat Yuksinau.co.id semuanya. Baca juga Arti Baraka Allahu Lakuma. Semoga bermanfaat.