Konjungsi Kronologis

Posted on

Apa itu konjungsi kronologis? Konjungsi Kronologis / kata hubung Kronologis adalah jenis kata hubung yang menghubungkan antar 2 kata maupun lebih. Lebih lengkapnya simaklah Materi Konjungsi Kronologis, Pengertian, Fungsi, Ciri, Contoh Lengkap di bawah ini.

Konjungsi Kronologis

Pengertian Konjungsi Kronologis

Apa itu konjungsi? Konjungsi atau kata penghubung adalah yaitu sebuah kata tugas yang fungsinya yaitu menghubungkan antar klausa, antar kalimat, dan juga antar paragraf.

Adapun, kata penghubung antar klausa pada biasanya akan terletak di tengah-tengah kalimat.

Kata penghubung antar kalimat akan terletak di awal kalimat, yakni setelah tanda titik, tanda tanya, dan juga setelah tanda seru.

Sedangkan, kata penghubung antar paragraf akan terletak di bagian awal paragraf.

Konjungsi Kronologis / kata hubung Kronologis adalah jenis kata hubung yang menghubungkan antar 2 kata maupun lebih, yang mana kedua kata atau klausa tersebut yaitu ialah sebuah kata yang berisi suatu kejadian yang terjadi secara berurutan atau kronologis.

Fungsi Konjungsi Kronologis

Sebagai kata penghubung yang menghubungkan antar 2 kata maupun lebih, tentunya konjungsi kronologis ini memiliki fungsi dalam kalimat, adapun fungsinya yaitu seperti berikut :

  1. Berfungsi dalam membantu dan menyusun teks eksplanasi agar lebih baik atau sempurna, eksplanasi sendiri adalah sebuah teks yang menjelaskan mengenai suatu proses atau kejadian.
  2. Membantu dalam pembuatan teks berita yang seringkali harus menjelaskan proses atau jalannya suatu peristiwa secara kronologis.
  3. Tidak hanya itu, konjungsi kronologis juga berfungsi untuk membuat teks narasi, cerpen, teks drama dan lainnya yang mana jenis teksnya menggunakan jenis kata-kata yang berurutan atau menyatakan urutan waktu.

Ciri-Ciri Konjungsi Kronologis

Kata hubung kronologi ini memiliki ciri tersendiri yang membedakan dengan Konjungsi Korelatif atau yang lainnya, Nah, di bawah adalah beberapa karakteristik dari kata hubung Kronologis, yakni :

  • Sebagai penyambung kata agar bisa menjadi kalimat yang utuh dengan makna yang mudah dipahami.
  • Sebagai penghubung kata antara anak kalimat dengan induk kalimat.
  • Biasanya di tambahkan dengan kata tambahan atau dengan tanda baca yang berupa koma saat dibutuhkan.
  • Biasanya mengandung kata yang menjelaskan urutan peristiwa.
  • Di dalam kata hubung kronologis akan keterangan waktu, dan tempat, serta sebab akibat.

Contoh Konjungsi Kronologis

Dibawah ini adalah contoh dari Kata Hubung Kronologis, dianataranya yaitu :

1. Contoh Kata Hubung Kronologis

Contoh kata-kata yang termasuk ke dalam kata hubung Kronologis, yaitu diantaranya :

  1. Lalu
  2. Sejak itu
  3. Sementara itu
  4. Pada akhirnya
  5. Kemudian
  6. Sementara itu
  7. Sesudah
  8. Mula-mula
  9. Setelah itu
  10. Pertama
  11. Kedua
  12. Ketiga

2. Contoh Kalimat Konjungsi Kronologis

Agar kalian lebih mudah memahami seperti apa konjungsi kronologis, berikut kami akan memberi contoh kalimat konjungsi kronologis bahasa Indonesia dalam bentuk kalimat.

  1. Setelah sampai di pasar,  lalu membeli sayur-sayuran yang kesukaan kami.
  2. Karena obat ini tidak mengandung dosis yang tinggi, maka obat ini bisa anda minum sebelum makan.
  3. Biasanya Joni akan menaiki gunung itu sebelum matahari terbenam.
  4. Wortel dan kentang tersebut harus di potong-potong kecil terlebih dahulu dipotong agak kecil, kemudian baru dimasukkan ke dalam air rebusan dan di beri bumbu secukupnya.
  5. Setiap pagi, Ayah mengantarkan aku kesekolah, sesudah itu ayah langsung berangkat ke kantor.
  6. Ibu selalu pergi ke pasar senen sesudah melaksanakan salat subuh.
  7. Meskipun lelah setelah pulang dari kantor, ayah akan mengajak ku bermain sebelum ia istirahat.
  8. ketika teman ku berkelahi, akau pun melerainya dan menyuruh mereka untuk saling meminta maaf, dan pada akhirnya mereka kembali berteman.
  9. Ayah mengajak ku sebuah tempat bermain, dan akupun di ajaknya menaiki salah satu wahana yang ada disitu, dan ini pertama kalinya kau menaiki wahana yang sangat meneganggkan.
  10. Setiap pagi, siang, sore dan malam aku selalu membersihakan rumah, sementara itu kakaku selalu bermain game kesukaannya.
  11. Dari kecil aku selalu bermain dengannya setelah dewasa ia menemukan kawan barunya, sejak itu kami sudah jarang bermain bersama lagi.
  12. Aku dan kawan kawanku memberanikan diri untuk masuk kerumah yang terkenal akan hal mistis, tanpa disangka kami melihat makhluk yang tak kasat mata dan kami pun lari ketakutan, sejak itu kami tidak pernah melalui area rumah itu lagi.
  13. Mula mula kami memberanikan diri untuk masuk kerumah yang terkenal akan hal mistis, tanpa disangka kami melihat makhluk yang tak kasat mata dan kami pun lari ketakutan.
  14. Pada saat aku dan keluargaku berwisata, ketika itu datang seseorang yang menanyakan alamat mula mula kami tidak menyangka bahwa ia orang jahat yang ingin menghipnotis kami.
  15. yang pertama, dan yang kedua masih aku beri maaf dan kesempatan, tapi tidak untuk yang ketiga kalinya.
Sebutkan perbedaan Konjungsi Kausalitas dengan Kronologis!

Konjungsi kausalitas adalah konjungsi yang menyatakan sebab dan akibat dari suatu kejadian. Sedangkan kronologis merupakan suatu penggabungan kalimat antar kalimat / klausa berdasarkan dengan urutan waktu dari suatu peristiwa atau kejadian.

Sebutkan ciri ciri kata hubung kronologis?

Biasanya mengandung kata yang menjelaskan urutan peristiwa.
Di dalam kata hubung kronologis akan keterangan waktu, dan tempat, serta sebab akibat.

Apa fungsi dari kata hubung kronologis?

Berfungsi dalam membantu dan menyusun teks eksplanasi agar lebih baik atau sempurna, eksplanasi sendiri adalah sebuah teks yang menjelaskan mengenai suatu proses atau kejadian.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Materi Konjungsi Kronologis atau Kata Hubung kronologis. Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat.

Related posts: