Inna Ma’al Usri Yusro

Posted on

Tulisan Arab Inna Ma’al Usri Yusro Beserta Makna dan Artinya – Inna ma’al usri yusro merupakan salah satu ayat yang ada di dalam Al-qur’an, surat Al-Insyirah Ayat 6. Surat Al-Insyirah ini terdiri dari 8 ayat dan menjadi surat ke-94 di dalam al-qur’an yang tergolong surat Makkiyah yang diturunkan setelah surat Ad-dhuha.

Berdasarkan pendapat dari salah satu ‘Ulama tafsir, surat Al-Insyirah ini diturunkan oleh Allah SWT berkenaan dengan adanya peristiwa di massa itu yang mana pada waktu itu orang-orang musyirikin mengolok-olok dan mengejek kaum muslim di karenakan kekafirannya.

Itulah sedikit penjelasan mengenai surat Al-Insyirah, untuk lebih lengkapnya silakan simak penjelasan kami mengenai Tulisan Arab Inna Ma’al Usri Yusro Beserta Makna dan Artinya serta tafsir dan penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Inna Ma’al Usri Yusro

Inna Ma’al Usri Yusro

Inna Ma’al Usri Yusro

Inna ma’al usri yusra (Arabic text; إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا) secara harfiah artinya yakni “sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (In english ; “Surely, with hardship comes ease,”)

Sebagai orang yang beriman tentu kita akan termotivasi dengan adanya pernyataan dari surat tersebut, yang tak lain merupakan firman Allah Subhanahu wa ta’ala. Ya, kita tidak boleh larut dalam kesedihan ketika kita sedang di hadapi berbagai persoalan atau permasalahan, karena Allah juga berfirman “La Tahzan Innallaha Ma’ana” yang mana kalimat ini juga sudah sangat femiliar ditelinga orang Islam.

Kembali kepada Inna ma’al usri yusra, dalam riwayat lain menjelaskan bahwasannya pada saat surat Al-insyirah di ayat yang ke 5-6 ini diturunkan, Rasulullah bersabda; “Bergembiralah kalian semua, karena akan datang bagi kalian kemudahan, kesusahan tidak akan mengalahkan dua kemudahan” [HR. Ibnu Jarir bersumber dari alHasan.]

Ayat ke 5 dan 6 yang berbunyi “Fa-inna ma’al ‘usri yusran (Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan)” dan “Inna ma’al ‘usri yusran (sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan)”, jika kita lihat dari kedua arti tersebut, dimana Allah SWT menegaskan bahwa kita tidak akan selamanya berada di dalam kesulitan, pasti ada kemudahan setelahnya. Kalimat tersebut bisa kita jadikan untuk memotivasi diri sendiri atau bisa juga untuk orang lain.

Quran Surat al-Insyirah

أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ
A lam nasyraḥ laka ṣadrak
1. Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?,

وَوَضَعْنَا عَنكَ وِزْرَكَ
Wa waḍa’nā ‘angka wizrak
2. dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu,

ٱلَّذِىٓ أَنقَضَ ظَهْرَكَ
Allażī angqaḍa ẓahrak
3. yang memberatkan punggungmu?

وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ
Wa rafa’nā laka żikrak
4. Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu,

فَإِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا
Fa inna ma’al-‘usri yusrā
5. Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,

إِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا
Inna ma’al-‘usri yusrā
6. sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.

فَإِذَا فَرَغْتَ فَٱنصَبْ
Fa iżā faragta fanṣab
7. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,

وَإِلَىٰ رَبِّكَ فَٱرْغَب
Wa ilā rabbika fargab
8. dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.

Makna Surat al-Insyirah Ayat 5-6

Dalam kalimat Fa-inna ma’al ‘usri yusran dan Inna Ma’al Usri Yusro ini banyak mengandung makna yang sangat baik, begitu pula dengan ayat lainnya dalam surat tersebut. Ada banyak hikmah yang bisa kita ambil dan bisa kita pelajari dalam kehidupan sehari-hari.

Inna Ma’a Al-‘Usri Yusro merupakan ayat yang dijadikan rujukan untuk memotivasi dan juga menghibur diri sendiri maupun orang lain yang sedang dihadapi dengan kesusahan. “Yang sabar dan jangan berputus asa, yakinlah setelah kesusahan atau kesukaran ini akan datang pertolongan dan urusanmu akan dimudahkan“ itulah kira-kira dukungan yang merujuk pada ayat dari AlInsyirah itu.

Tafsir Surat Al-Insyirah Ayat 5-6

Maka sesungguhnya dalam setiap kesulitan ada kelapangan yang berubah dengan cepat, seperti penderitaan Nabi SAW akibat gangguan orang-orang musyrik yang kemudian berubah menjadi kemudahan dan pertolongan kepada mereka. Ayat ini diturunkan saat orang-orang musyrik mengejek orang-orang muslim dengan kefakirannya.

Ketika ayat ini diturunkan, Nabi SAW bersabda sebagaimana yang dikatakan Ibnu Jarir dari Hasan Al-Bashri: “Apakah kalian senang atas posisi kalian yang berada dalam kemudahan, kesulitan tidak akan selalu berada di atas kemudahan”. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan lain dan (cara) untuk menghadapi setiap kesulitan adalah (mencari) kemudahan [Tafsir al-Wajiz.]

Demikianlah pembahasan kami mengenai Inna Ma’al Usri Yusro Artinya Beserta penjelasannya lengkap. Terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat, assalamu’alaikum wr wb.