Fungsi Sentrosom

Posted on

Sentrosom / Centrosom adalah organel sel yang memiliki fungsi aktif selama pembelahan sel dan hanya terjadi pada sel hewan. Sel ini adalah area yang terdiri dari dua sentriol pada saat terjadi pembelahan sel. Penjelasan lengkapnya simaklah Materi Fungsi Sentrosom Pada Pembelahan Sel Lengkap dengan Penjelasannya di bawah ini.

Fungsi Sentrosom
Fungsi Sentrosom

Pengertian Sentrosom

Sentrosom
Sentrosom

Sentrosom / Centrosom adalah organel sel yang memiliki fungsi aktif selama pembelahan sel dan hanya terjadi pada sel hewan. Sel ini adalah area yang terdiri dari dua sentriol pada saat terjadi tpembelahan sel.

Kemudian masing-masing sentriol bergerak ke kutub sel yang sedang membelah. Pada tingkat interface (antarmuka) terdiri dari duplikasi kromosom, duplikasi sentrosom & kondensasi kromosom.

Sentrosom membantu mengatur siklus sel dan merupakan bagian integral dari pembelahan sel mitosis. Sentrosom terdiri dari sentriol dan bahan perisentriolar.

Bahan perisentriolar tersebut terdiri dari protein seperti tubulin, perisentrin dan sembilanin. Kedua sentriol tersebut akan saling orthogonal.

Baca Juga : Fungsi Vakuola

Fungsi Utama Sentrosom dan Pembelahan Sel

Fungsi Sentrosom
Fungsi Sentrosom

Fungsi utama Sentrosom dan fungsi Sentriol adalah untuk membantu pembelahan sel secara mitosis.

Selama proses pembelahan sel mitosis, atau dikenal sebagai karyokinesis, jumlah kromosom dipertahankan, yaitu jumlah kromosom di setiap sel anak (sel yang dibentuk pembelahan sel) sama dengan sel induk (sel mengalami pembelahan sel).

Pembelahan sel mitosis terjadi di seluruh sel tubuh kecuali sel reproduksi yang dihasilkan oleh meiosis. Sementara mitosis menghasilkan sel diploid, meiosis terjadi dalam 2 tahap, yang mengarah ke pembentukan gamet haploid.

Fungsi Sentrosom

Selain fungsi utama yang telah di bahas di atas tadi, sentrosom memiliki fungsi lain yang cukup banyak. Lalu apa fungsi sentrosom? yakni sebagai berikut

  1. Sentrosom terkait dengan membran nuclear selama profase dalam siklus sel. Dalam mitosis, membran nuclear dihancurkan dan oleh mikroskub sentrosom sehingga bisa berinteraksi dengan kromosom untuk membentuk gelendong mitosis. Ibu dari centrioles, lebih tua dari centrioles, juga memainkan peran penting dalam produksi silia dan flagella.
  2. Sentrosom disalin hanya sekali per siklus sel. Jadi setiap anak sel mewarisi 1 sentrosome, mengandung 2 struktur yang disebut dengan sentrioles/centrioles. Sentrosom mereplikasi selama sphase siklus sel. Selama proses yang dikenal sebagai mitosis, sentrosom bermigrasi ke sel yang berlawanan. Mitotic spindle kemudian membentuk di antara 2 sentrosom. Selama pembagian, setiap sel anak menerima 1 sentrosom. Jumlah sentrosom yang menyimpang berhubungan dengan adanya kanker.
  3. Sentrosom ganda juga mirip dengan replikasi DNA. Namun, prosesnya berbeda, karena tidak ada pembacaan atau pemasangan di Sentrosom.Ibu Sentriol hanya membantu mengumpulkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pengumpulan anak-anak sentrioal.
  4. Sentriol tidak diperlukan untuk mitosis. Ketika sentrioal disinari oleh laser, mitosis akan berproses secara normal. Perkembangan Drosophila cukup normal jika tidak ada sentriol, karena mutasi gen diperlukan untuk replikasi mereka. Selama tidak adanya, mikrotubulus dari spindle berkonsentrasi pada motor yang memungkinkan pembentukan bipolar spindle. Banyak sel dapat melalui interphase lengkap tanpa adanya sentriol.
  5. Tidak seperti centrioles, sentrosom dibutuhkan untuk kelangsungan hidup organisme. Sel-sel acentrosomal atau sel-sel tanpa sentrosom, kekurangan radial arrays dari mikrotubulus asral. Mereka juga tidak memiliki posisi spindle dan kemampuan untuk mengembangkan lokalisasi sentral dalam sitokinesis. Fungsi sentrosom ini yaitu adalah untuk memastikan kepatuhan pembelahan sel, karena ini meningkatkan kinerjanya. Beberapa tipe sel akan tetap dalam siklus sel berikutnya jika tidak ada sentrosom.

Sel yang dimiliki manusia memiliki 23 pasang atau 46 kromosom. Dalam pembelahan fase-S sel mitosis, kromosom membelah menjadi dua kromatid.

Jumlah kromosom yang ada di setiap sel sama dengan sel induk. Selama pembelahan sel, sentrosome akan mempertahankan jumlah kromosom.

Replikasi DNA yang terjadi selama pembelahan sel disertai dengan pembagian/pemisahan sentrosom menjadi dua dan satu centriol. Kedua sentrosoma menempel pada kutub yang berlawanan dari inti. Ketika sudah dilarutkan dalam membran inti, mereka membentuk spindel yang terhubung dengan pembentukan serat spindel.

Apa yang di maskud dengan sentrosom?

Sentrosom / Centrosom adalah organel sel yang memiliki fungsi aktif selama pembelahan sel dan hanya terjadi pada sel hewan. Sel ini adalah area yang terdiri dari dua sentriol pada saat terjadi tpembelahan sel.

Siapa penemu Sentrosom?

Edouard Van Beneden, Seorang ilmuwan kebangsaan Belgia

Tahun berapa sentrosom di temukan?

Edouard Van Beneden berhasil menemukan Sentrosom pada tahun 1883. 5 tahun kemudian penemuan ini diberi nama Setrosom, oleh Theodor Boveri di tahun 1888.

Sebutkan fungsi sentriol?

Fungsi utama Sentrosom dan fungsi Sentriol adalah untuk membantu pembelahan sel secara mitosis.

Itulah penjelasan kami mengenai Materi Fungsi Sentrosom. terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Rate this post