Enkulturasi

Posted on

Enkulturasi – Pada kesempatan ini Yuksinau.co.id mengajak kalian semua untuk mengenal dan memahami Pengertian Enkulturasi Beserta Contohnya. Untuk itu langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

Enkulturasi
Enkulturasi

Pengertian Enkulturasi

Enkulturasi (pembudayaan) merupakan sebuah proses sosial yang dilakukan oleh individu / seseorang dalam mempelajari dan menyesuaikan pikiran dan sikapnya terhadap adat istiadat, norma, tata sosial, dan peraturan yang hidup di dalam kebudayaan nya.

Proses enkulturasi  (Bahasa Inggris ; enculturation), pada hakikatnya sudah dimulai sejak seseorang masih kecil yang mana proses ini terjadi di dalam lingkungan keluarga, tetangga, saudara, teman, atau bahkan terjadi di dalam lingkungan sekolah.

Proses terjadinya enkulturasi ini bisa dimulai dari kegiatan belajar meniru berbagai tindakan, yang kemudian tindakan yang di hasilkan dari belajar tersebut dijadikan atau di wujudkan dalam sikap atau perilaku atau dengan kata lain di masukan dalam kepribadiannya.

Melalui proses yang dilakukan secara berulang, maka tindakan seseorang akan menjadi suatu pola yang tetap, mantap dan menjadi norma yang mengatur tindakannya seseorang tersebut.

Pengertian Enkulturasi Menurut Para Ahli

Tidak hanya pengertian secara umum, beberapa ahli juga telah mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian enkulturasi. Lalu apa pengertian enkulturasi menurut para ahli? simak pendapat para ahli berikut ini ;

  • Havilland (1988)

Enkulturasi merupakan praktik pendidikan yang dilakukan oleh individu yang bersumber dari adat / kebiasaan pokok masyarakat yang berhubungan atau ada kaitannya dengan pangan, tempat tinggal atau perlindungan. Praktik mendidik anak pada gilirannya akan menghasilkan kepribadian yang baik saat ia dewasa.

  • Adamson Hoebel

Enkulturasi merupakan suatu kondisi / keadaan yang terjadi pada diri seseorang untuk mengakulturasikan budayanya sekaligus menginternalisasi atau memasukan nilai-nilai hasil kebudayannya dalam kehidupan sehari-hari / bermasyarakat.

Merujuk dari pengertian enkulturasi menurut para ahli tersebut, maka bisa kita ambil kesimpulan, bahwa enkulturasi ialah suatu proses yang dilakukan oleh seseorang untuk mengenal hasil kebudayaan dengan cara dilakukan secara terus menerus.

Baca Juga : Macam-Macam Norma

Contoh Enkulturasi

Contoh Enkulturasi
Contoh Enkulturasi

Contoh Enkulturasi Dalam Masyarakat

Beberapa contoh yang bisa dikutip / diambil dalam enkulturasi, contoh-contoh tersebut misalnya seperti yang dilakukan oleh seorang anak dalam menyesuaikan diri dengan waktu seperti melakukan sarapan setiap paginya.

Dengan adanya proses berupa pengajaran yang sudah diajarkan sebelumnya, yang menjelaskan tentang manfaat dari sarapan yang harus di diperoleh oleh seseorang.

Karena adanya aktivitas berupa sarapan yang dilakukan oleh seseorang dalam memberikan pandangan dan juga penjelasan, maka kebiasaan seperti itu tadi akan tertanam di dalam diri seseorang, kebiasaan inilah yang disebut dengan enkulturasi.

Contoh Enkulturasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh enkulturasi ini juga bisa terjadi di dalam kehidupan sehari-hari, misalnya seperti adanya keteraturan yang dilakukan seseorang seperti tidur di siang hari.

Keteraturan itu tadi secara perlahan akan menjadi kebiasaan yang akan terus di lakukan oleh seseorang, bahkan setelah seseorang tersebut sudah berkeluarga, dan tidak menutup kemungkinan kebiasaan itu tadi akan dilakukan juga oleh keluarga barunya tersebut.

Contoh Enkulturasi Dalam Kebudayaan

Tak hanya terjadi di dalam kehidupan sehari-hari, contoh enkulturasi juga bisa terjadi di dalam kebudayaan, misalnya seperti prilaku yang dilakukan oleh Suku Baduy Dalam yang “menutup diri” dari perkembangan dan pengaruh globalisasi.

Mereka banyak beranggapan bahwa pengaruh dunia luar bisa memberikan dampak yang tidak baik, bahkan tidak akan ada dampak baiknya yang bisa di dapatkan.

Anggapan tersebut terus menerus di tanamkan dari generasi ke genrerasi berikutnya, maka tak heran jika kebudayaan tidak menerima perkembangan zaman, inilah yang menjadi pengaruh besar dalam terbentuknya enkulturasi, masyarakat Baduy Dalam.

Contoh Enkulturasi Dalam Pendidikan

Contoh enkulturasi dalam pendidikan misalnya seperti seseorang sejak kecil mendapat pendidikan dalam mengenal ideologi pancasila, sebagai ideologi negara Indonesia yang di bisa diganggu gugat.

Pengenalan ini kemudian dilakukan terus menerus, hingga akhirnya seseorang bisa mengenai ideologi bangsa Indonesia.

Dari penjelasan mengenai enkulturasi beserta contohnya di atas, maka bisa kita pahami bahwa enkulturasi ini merupakan proses seorang yang dilakukan dengan terus menerus, dan perilakunya tersebut membentuk kebiasaan dan juga kebudayaan yang melekat dalam kehidupannya di lingkungan keluarga, pergaulan, masyarakat, dan sebagainya.

Demikianlah pembahasan kami mengenai Pengertian Enkulturasi. Baca juga Pengertian Asimilasi. Semoga bermanfaat.

Related posts: