Doa Sebelum Adzan

Posted on

Doa Sebelum Adzan Bahasa Arab, Latin, Makna, dan Hadits – Apakah kalian tahu apa itu Adzan? Azdan secara bahasa artinya adalah seruan atau pemberitahuan bahwasannya waktu shalat telah tiba (hadir). Lebih lengkapnya simaklah pembahasannya di bawah ini.

Doa Sebelum Adzan

Apa Doa Sebelum Azdan?

Apakah kalian tahu apa itu Adzan? Azdan secara bahasa artinya adalah seruan atau pemberitahuan bahwasannya waktu shalat telah tiba (hadir).

Sedangkan secara istilah, Adzan adalah seruan yang menandakan masuknya waktu shalat fardhu dan di lafazhkan sesuai ketentuan yang ada.

Mengumandangkan adzan hukumnya adalah sunnah muakkad, dan adzan ini dilakukan sebelum melakukan shalat fardhu, baik shalat munfarid sendirian maupun berjamaah.

Apabila adzan berkumandang, seorang hendaklah diam dan mendengarkannya dengan penuh khidmat.

Hadist :
Perintah mengumandangkan adzan ketika sudah masuk waktu shalat ini, tercantum dalam hadits berikut:

عَنْ مَالِكِ بْنِ الحُوَيْرِثِ، قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : “.. وَإِذَا حَضَرَتِ الصَّلاَةُ، فَلْيُؤَذِّنْ لَكُمْ أَحَدُكُمْ …” (اَخْرَجَهُ السَّبْعَةُ)

Artinya:

Dari Malik bin Huwayrits, beliau berkata, Nabi saw. telah bersabda: “…. Dan apabila waktu shalat telah tiba, bersegeralah salah satu diantara kalian untuk mengumandangkan adzan. (HR. 7 Ahli Hadis).

Selain itu, Adzan merupakan sebuah ikrar kemenangan. Di zaman Rasulullah SAW, adzan berfungsi untuk memperkuat ukhuwah (ikatan persaudaraan antara umat muslim) ketika melakukan perang.

Sebagaimana ketika peristiwa Fathul Makkah (Kemenagan Kota Mekkah). Pada saat itu Mekah pertama kalinya dikuasai oleh umat muslim secara keseluruhan.

Dimana pada saat itu Rasulullah SAW mengutus / memrintahkan Bilal Bin Rabbah R.A untuk naik ke Ka’bah dan mengumandangkan adzan.

Baca Juga : Syukron Artinya

Doa Sebelum Adzan

Nah, setelah kita mengetahui perihal makna adzan, untuk kalian para muadzin, ada beberapa doa yang perlu kalian ketahui sebelum mengumandangkan adzan.

Ternyata ada doa yang seharusnya dilatunkan oleh muadzin sebelum mengumandangkan adzan yang seringkali dilupakan oleh mereka yang hendak mengumandangkan adzan.

Namun hal ini berbeda dengan kumandang adzan yang indah dengan lantunan nya. Bacaan doa sebelumnya hanya melakukan dzikir dan doa di dalam hati saja.

Tapi, bisa jadi ridha Allah SWT terletak dari seberapa ikhlas dan niat kita mengumandangkan adzan dengan tambahan doa sebelum mengumandangkan azdan.

Lalu, seperti apa doa sebelum adzan untuk muadzin?

Doa Sebelum Adzan – Saat ingin mengumandangkan adzan ada baiknya seorang muadzin membaca doa terlebih dahulu. Berikut adalah doa yang sebaiknya dilantunkan sebelum adzan arab dan latin yang bisa diamalkan oleh para muadzin ;

سُبْحَانَ اللّـهِ وَالْحَمْدُ لِلّهِ وَلآ اِلهَ اِلَّ اللّهُ وَاللّهُ اكْبَر, وَلآ حَوْلَ وَلآ قٌوّةَ اِلّا بِآللّهِ العَلِئىُّ العَظِيْمِ, اللهُمَّ صَلّ وسَلِمْ عَلى سَيِدِنَا مُحَمَّدٍ اللّهُ يَا كَرِيْمُ.

Latin ; Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar, Walahaulawala Quwwata illabilla hil ‘aliyul ‘azhim, allahumma shalli wa sallim ‘ala sayyidinâ muhammad Allahu Ya Kariim.

Itulah doa yang hendaknya di lantunkan oleh para muadzin sebelum mengumandangkan adzan bahasa indonesia latin.

Azdan merupakan peristiwa yang sangat luar biasa, ketika adzan dikumandangkan bukan hanya manusia saja yang bisa mendengarnya, melainkan seluruh makhluk hidup.

Baca Juga : Arti Afwan

MasyaAllah, ternyata doa tersebut menyimpan makna yang sangat besar, tentunya seseorang yang melakukan adzan akan mendapat sesuatu yang sangat luar biasa. salah satu bisa kalian lihat, Hadits berikut ini ;

Seorang yang mengumandangkan adzan akan diampuni dosa- dosanya. Hingga selesainya adzan yang dikumandangkan. Dan semua benda yang basah atau kering memintakan ampunan untuknya. (HR. Ahmad).


Tambahan :

Bacaan Adzan

Bacaan Adzan
Bacaan Adzan

Doa Setelah Adzan

Doa Sesudah Adzan
Doa Sesudah Adzan

Doa Setelah Iqomah

Doa Setelah Iqomah
Doa Setelah Iqomah

Berbahagialah kalian para muadzin. Demikianlah pembahasan kami mengenai DOA SEBELUM AZDAN. Baca juga Arti Wa Iyyaki, Wa Iyyaka, Wa Iyyakum. Semoga bermanfaat.