Doa Sebelum Berangkat Bekerja

Posted on

Kumpulan Doa Berangkat Kerja, Arab, Latin, Terjemah / Artinya Lengkap – Di dalam ajaran Agam Islam kita selalu di anjurkan selalu membaca doa dalam segala aktivitas baik itu sebelum melakukan dan sesudah melakukan aktivitas itu sendiri, aktivitas tersebut salah satunya adalah bekerja. Lalu apa Doa Sebelum Berangkat Kerja? Simak penjelasannya lengkapnya di bawah ini.

Doa Berangkat Kerja
Doa Berangkat Kerja

Doa Sebelum Berangkat Bekerja

Doa Berangkat Kerja
Doa Berangkat Kerja

Di dalam ajaran Agam Islam kita selalu di anjurkan selalu membaca doa dalam segala aktivitas baik itu sebelum melakukan dan sesudah melakukan aktivitas itu sendiri, aktivitas tersebut salah satunya adalah bekerja.

Bekerja sudah menjadi rutinitas sehari-hari bagi kalangan semua orang yang memang sudah mendapatkan atau mempunyai pekerjaan karena kebanyakan orang, khususnya yang sudah dewasa pada umumnya telah memiliki pekerjaan baik pekerjaan yang selalu “mengandalkan” otot maupun yang mengandalkan otak.

Tapi, Bagaimana pun dan apa pun pekerjaan yang kita miliki, di dalam kita melakukan pekerjaan tersebut harus diiringi rasa cinta terhadap pekerjaan serta harus selalu ikhlas dan semangat dalam menjalaninya.

Bekerja merupakan ibadah, mengapa demikian? hal ini dilihat dari niat kita dalam bekerja, jika niat kita berkerja adalah untuk mencari nafkah atau dengan kata lain menghidupi diri kita sendiri dan juga untuk keluarga (anak, istri, dan lainnya) maka di islam diberikan atau di nilai sebagai jihad fisabilillah.

Hadist ;

“Sesungguhnya Allah menyukai hamba yang bekerja dan terampil. Siapa yang bersusah payah mencari nafkah untuk keluarganya maka ia serupa dengan seorang mujahid di jalan Allah.” (H.R Ahmad)

Jadi bekerja adalah sesuatu kebaikan, maka sudah barang tentu sebelum kita melakukan kebaikan tersebut atau sebelum kita berangkat bekerja maka kita harus memanjatkan do’a terlebih dahulu kepada Allah SWT, dengan kita memohon kemudahan, kelancaran, keselamatan dalam bekerja, dan juga memohon kepada-Nya mendapatkan rezeki yang baik dan di berkahi oleh-Nya.

Baca Juga : Syukron Artinya

Doa Berangkat Kerja

DOA BERANGKAT KERJA #1

Doa ini pernah dibaca oleh ibnu umar R.A yang dimuat dalam kitab Ad-du’a karya al-tabrani. Silakan do’a ini di baca ;

بِسْمِ اللهِ الرﱠحْمٰنِ الرﱠحِيْمِ

َّأَللَّهٌمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ وَعَطَائِكَ رِزْقًا طَيِّبًا مٌبَارَكًا، اَللَّهُمَّ إِنَّكَ أَمَرْتَ بِالدُّعَاءِ وَقَضَيْتَ عَلَىَّ نَفْسَكَ بِالْاِسْتِجَابَةِ وَأَنْتَ لَا تٌخْلِفٌ وَعْدَكَ وَلَا تٌكَذِّبُ عَهْدَكَ اَللَّهُم مَا أَحْبَبْتَ مِنْ خَيْرٍ فَحَبِّبْهٌ إِلَيْنَا وَيَسِّرْهُ لَنَا وَمَا كَرَهْتَ مِنْ شَئْ ٍفَكَرِهْهُ إِلَيْنَا وَجَنِّبْنَاهُ وَلَا تُنْزِعْ عَنَّا الْإِسْلَامَ بَعْدَ إِذْ أَعْطَيْتَنَا

Allahumma innii as’aluka min fadhlika wa athaa’ika rizkan thayyiban mubaarakan. Allahumma innaka amarta bid du’aa’i wa qadhaita alayya nafsaka bil istijaabah wa anta laa tukhlifu wa’daka wa laa tukadzzibu ahdaka. Allahumma ma ahbabta min khairin fa habbibhu ilaina wa yassirhu lanaa wa maa karahta min syaiin fa karihhu ilaina, wa jannibnaahu wa laa tunzi’ annal islaam ba’da iz a’thaitanaa.

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku meminta dari keutamaanMu dan pemberianMu, rizki yang baik lagi berkah. Ya Allah sesungguhnya engkau memerintahkan untuk berdoa dan memutuskan atasku pengabulan doa, dan engkau Zat yang tidak melanggar janji dan t tidak mendustainya. Ya Allah, tidak ada kebaikan yang engkau sukai, kecuali Engkau jadikanlah kami mencintai kebaikan tersebut dan mudahkanlah kami mendapatkannya. Dan tidak ada sesuatu yang Engkau benci kecuali Engkau jadikan kami benci terhadap sesuatu tersebut dan jauhkanlah kami darinya. Dan janganlah Engkau cabut dari kami keislaman kami setelah Engkau berikan.

DOA BERANGKAT KERJA #2

Silakan baca doa di bawah ini sebanyak 3x sebelum berangkat kerja atau keluar rumah :

*  بِسْمِ اللهِ الرﱠحْمٰنِ الرﱠحِيْمِ   *

اَللّهُمَّ ارْزُقْنِيْرِزْقًا حَلاَلاً طَيِّباً, وَاسْتَعْمِلْنِيْ طَيِّباً. اَللّهُمَّ اجْعَلْ اَوْسَعَ رِزْقِكَ عَلَيَّ عِنْدَ كِبَرِ سِنِّيْ وَانْقِطَاعِ عُمْرِيْ. اَللّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ, وَاَغِْننِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ رِزْقًا وَاسِعًا نَافِعًا. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ نَعِيْمًا مُقِيْمًا, اَلَّذِيْ لاَ يَحُوْلُ وَلاَ يَزُوْلُ.

Alloohummarzuqnii rizqon halaalan thoyyibaa, wasta’milniithayyibaa. alloohummaj’al ausa’a rizqika ‘alayya ‘inda kibari sinnii wanqithoo’i ‘umrii. Alloohummakfinii bihalaalika ‘an haraamika. Wa aghninii bifadhlika ‘amman siwaaka. alloohumma in nii as-aluka rizqon waasi’an naafi’an. alloohumma innii as-alukan na’iimaan muqiiman, alladzii laa yahuulu wa laa yazuulu.

Artinya : Ya Allah, berilah padaku rezki yang halal dan
baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. ya tuhanku,
jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika
lemahku. ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezki-Mu yang halal
daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang
lainnya. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rezki yang luas dan berguna. Ya
Allah, aku mohonkan pada-Mu ni’mat yang kekal yang tidak putus-putus dan
tidak akan hilang

DOA BERANGKAT KERJA #3

بِسْمِ اللهِ الرﱠحْمٰنِ الرﱠحِيْمِ

اَللّٰهمﱠ إِنِّي اَسْئَلُكَ مِنْ خَيْرِ هٰذَا الْعَمَلِ وَخَيْرِ مَا فِيْهِ * وَأَعُوْذُ بِكَ منْ شَرِّ هٰذَا الْعَمَلِ وَشَرِّ مَا فِيْهِ * إِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma innii as aluka min khairi haazal ‘amali wa khairi ma fiihi , wa a’uuzubika min sharri maa fiihi , innaka ‘alaa kulli shai in qadiir

Artinya ; Ya Allah.. Aku memohon pada Mu kebaikan pekerjaan ini dan segala kebaikan yang ada di dalamnya, dan aku berlindung pada Mu daripada keburukan pekerjaan ini dan segala keburukan yang ada di dalamnya. Sesungguhnya di atas segala sesuatu itu Engkaulah Yang Maha Berkuasa menentukannya.

Tambahan : Setelah melakukan kegiatan atau dengan kata lain setelah bekerja, bacalah doa berikut ini;

Doa Setelah Bekerja

DOA SETELAH BEKERJA

*  بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ   *

اللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْـتَوْدِعُكَ عَمَلِيْ وَنَفْسِيْ وَتَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ

Allahumma innii astaudi’uka ‘amalii wanafsii watawakkaltu ‘alalLah

Artinya ; Ya Allah.. Aku serahkan pada-Mu pekerjaan ku dan jiwa raga ku, dan aku bertawakkal kepada Engkau ya Allah.

Itulah kumpulan Doa Berangkat Kerja yang kami sajikan untuk sobat Yuksinau.co.id semuanya, baca juga Doa Sebelum Adzan . Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung.

Rate this post