Contoh Masalah Sosial

Posted on

Contoh Masalah Sosial – Di kesempatan kali ini Yuksinau.co.id akan membahas mengenai contoh masalah sosial di lingkungan masyarakat dan sekolah.

Tak perlu panjang lebar, bagi kalian yang ingin mengetahui apa saja contoh masalah sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah, langsung saja simak pembahasan nya di bawah ini.

Contoh Masalah Sosisal
Contoh Masalah Sosisal

Pengertian Masalah Sosial

Masalah sosial merupakan permasalahan yang timbul di kehidupan bermasyarakat. Penyebab timbulnya masalah sosial ini bisa disebabkan oleh ketidakesuaiannya harapan dengan kejadian yang sedang terjadi.

Sehingga ketidaksesuaian tersebut masyarakat menganggapnya dapat menimbulkan beberapa masalah salah satunya Demo. 

Dan lanjut ke pembahasan nya yaitu contoh masalah sosial dilingkungan masyarakat dan juga sekolah, yuk langsung simak pembahasannya.

Contoh Masalah Sosial di Lingkungan Sekolah

Berikut ini adalah contoh nya:.

1. Membolos

Yang pertama yaitu membolos, bolos dari sekolah biasanya di karenakan ada teman yang mengajak membolos atau memang dari individu itu sendiri yang tidak mau belajar atau pun sekolah itu dipaksa oleh orang tua bukan dari kemauan anak itu sendiri.

Dan akibatnya membuat nilai banyak yang kosong dan juga jelek dan apa bila anak itu tetap saja membolos biasanya akan dapat teguran dari guru dan bisa tidak naik kelas.

Solusi untuk mengatasi masalah ini bisa dengan berkawan dengan kawan yang baik dan juga adanya kemauan dari diri sendiri untuk sukses.

2. Pekelahian

Yang kedua yaitu perkelahian, perkelahian biasanya disebabkan oleh adanya dendam dan juga bisa juga dipicu dengan saling ejek. Akibat nya bisa diberi sangsi oleh sekolah. Solusi untuk masalah ini bisa ditanamkan nya rasa toleransi yang tinggi.

3. Bullying

Bullying di sekolah merupakan suatu tindakan penindasan yang dilakukan kepada teman sebaya yang dianggap lemah oleh si pelaku. Terjadinya karena kurang baik didikannya dari keluarga maupun lingkunganya.

Akibatnya ialah tidak punya teman dan akan menjadi orang pemecah persatuan. Cara mengatasinya yaitu harus berprilaku baik kepada semua orang dan juga harus bermanfaat bagi lingkungan, menjadi pribadi yang sangat lebih baik lagi.

4. Kelas Kotor

Yang ketiga yaitu kelas kotor, kelas kotor bisanya disebab kan oleh anak yang tidak rasa tanggung jawab atas kebersihan dan juga acuh terhadap kebersihan. Akibatnya dari kelas kotor ialah banyaknya timbul penyakit dan juga kelas menjadai tidak nyaman.

Solusinya yaitu dengan menanamkan rasa tanggung jawab yang tinggi untuk menjaga kebersihan dan juga mendenda apabila ketahuan membuang sampah sembarangan dikelas.

Contoh lainnya yaitu bullying dan merusaknya gedung dan juga fasilitas sekolah, dan masalah lainya. Dan selanjutnya yaitu contoh-contoh masalah sosial dikehidupan bermasyarakat.

5. Merusak Fasilitas Sekolah

Tindakan merusak fasilitas sekolah yang dilakukan oleh siswa atau siswi ini tentu akan merugikan dirinya sendiri dan juga orang lain, karena dengan adanya persukan fasilitas sekolah ini, tidak bisa menggunakan fasilitas tersebut.

Terjadi karena siswa atau siswi tersebut tidak memiliki kesadaraan dalam menggunakan fasilitas sekolah. Akibatnya ialah kurangnya fasilitas di sekolah dan juga siswanya jadi kurang fokus saat melaksanakan belajar dan mengajar.

Cara mengatasinya, tegaskan kepada siswa jika menggunakan fasilitas di sekolah harus berhati hati dan akan diberikan sanksi pada mereka jika ada kerusakan.

Baca Juga : Contoh Perilaku Yang Bertentangan Dengan Hukum

Contoh Masalah Sosial di Lingkungan Masyarakat

Dan ini lah beberapa contoh permasalahan yang ada didalam kehidupan bermasyarakat, yuk langsung simak penjelasnya.

1. Kemiskinan

Yang pertama yaitu kemiskinan, kemiskinan ialah tidak terpenuhinya kebutuhan pokonya seseorang individu. Dan kasus kemiskinan ini tidak pernah tuntas dan juga usai sampai saat ini.

Tapi sekarang warga miskin seiring berjalanya waktu banyak yang sudah disosialisasikan untuk dimanfaatkannya SDA sebagai berwirausha. Seperti barang bekas dijadikan kerajinan-kerajinan yang bermanfaat.

2. Pengangguran

Yang kedua yaitu pengangguran, banyaknya pengangguran di Indonesia dikarenakan karena SDM Indonesia kurang berpotensi karena itulah banyaknya perusahaan yang memperkerjakan orang asing dibandingkan orang Indonesia itu sendiri.

Sekarang untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan cara mendidik SDM Indonesia menjadi berkualitas.

3. Kemacetan

Yang ketiga adalah kemacetan yaitu masalah yang juga belum bisa dipecahkan karena sekarang banyak nya masyarakat Indonesia yang menggunakan kendaraan bermotor dan bermobil.

solusi dari pemerintah daerah yaitu dengan cara menggunakan sistem ganjil genap yang dimana berfungsi untuk mengurangi kemacetan.

4. Kesehatan

Yang keempat yaitu masalah kesehatan dikarenakan banyaknya rakyat miskin dan juga biaya rumah sakit yang juga mahal bagi kaum menengah kebawah jadi banyak orang sakit tidak dapat terobati. Masalah ini banyak terjadi didesa terpencil yang susah akses untuk kerumah sakit ataupun puskesmas.

Pemerintah sudah berupaya untuk mengatasi masalah ini dengan cara membuat kartu BPJS yaitu rakyat miskin bisa berobat dengan harga yang relatif murah. Tapi membuat rumah sakit rugi dikarenakan banyak nya biaya yang belum dibayar oleh BPJS.

5. Urbanisasi

Urbanisasi merupakan pindah individu dari desa ke kota. Sehingga menyebabkan kepadatan penduduk diperkotaan.

Kebanyakan orang yang pindah ke perkotaan yaitu untuk memperbaiki nasib tapi tidak punya keterampilan apapun. Dan membuat mereka menjadi pengangguran.

6. Gizi Buruk

Gizi buruk masih sering terjadi diIndonesia. dikarenakan disebabkan oleh kemiskinan. Biasanya gizi buruk terjadi di bayi (balita) yang dikarenakan kurangnya ekonomi keluarga dan banyak terjadi didaerah terpencil.

7. Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja merupakan masalah yang sering terjadi di masyarakat Indonesia dikarenakan banyaknya remaja yang pergaulannya sangat buruk.

Dan untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan peran kedua orang tua yang tinggi untuk mendidik anaknya agar tidak terjerumus kedalam hal-hal yang buruk

8. Penyalahgunaan Narkoba

Narkoba merupakan faktor yang bisa merusak generasi bangsa ini. Jadi masalah ini harus dibasmi dari masyarakat Indonesia dan untuk mengatasi mesalah ini bisa dengan menanamkan rasa cinta tanah air dan juga sosialisasi kepada generasi muda agar menjauhi narkoba

9. Modernisasi

Masalah modernisasi ini sangat sulit diatasi, karena perkembangan teknologi yang sangat pesat yang menuntut untuk masyarakatnya menjadi modern. Tapi modernisasi ini ada dampak positif dan juga negatif nya.

10. Penyakit Menular

Masalah penyakit menular ini bisa disebabkan oleh faktor keturunan. seperti AIDS dan juga HIV yang ditularkan melalui hubungan badan (sex).

11. Masalah Pendidikan

Masalah pendidikan biasanya dialami oleh desa-desa terpencil, karena kurang nya perhatian pemerintah untuk membuatkan fasilitas sekolah yang mudah dijangkau bagi orang-orang pedesaan untuk bersekolah

12. Globaliasi

Bukan dengan majunya teknologi bisa membuat masyarakatnya menjadi lebih maju, malahan dengan maju nya teknologi membuat masyarakatnya hanya bersenang-senang dengan bermain game tanpa mementingkan dirinya sendiri.

13. Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Sebenarnya SDA di negara Indonesia masih banyak dan juga melimpah ruah, sayangya SDA yang ada belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakatnya, dan masyarakat Indonesia lebih memilih SDM dari luar negara untuk mengolah SDAnya negara Indonesia.

Contohnya saja SDA kita yang di manfaatkan oleh orang asing seperti PT Freport, PetroChina, Niko Resources dan yang lainya.

14. Pembangunan tidak merata

Masalah pembangunan tidak merata ini bisa disebabkan oleh adanya faktor politik dan juga banyak nya anggaran desa dikorupsi oleh orang-orang pintar. Maka dari itu banyaknya desa-desa yang pembangunan infrasstruktur nya sangat lah minim.

15. Masalah Korupsi

Korupsi merupakan mengambil hak milik orang lain hanya untuk memperkaya kelompok atau pun diri nya sendiri. Dan kebanyakan yang korupsi dinegara Indonesia ini adalah penjabat (wakil rakyat) nya itu sendiri.

Tapi sangat lah disayangkan hukum yang ada di negara Indonesia ini sangat lah tidak adil, bagaimana tidak adil hukuman bagi orang yang mengambil kambing orang lain lebih berat hukumannya dari sang koruptor yang sudah mengambil uang rakyatnya yang tidak terhitung lagi nilainya.

16. Kesenjangan Hukum

Masalah yang satu ini masih ada hubungan nya dengan korupsi. karena bagi rakyat menengah kebawah terkadang pasrah dengan hukuman yang diberikan oleh hakim, tapi mengapa mereka yang mempunyai wewenang (jabatan) bisa semena-mena atas hukuman yang dijatuhkan pada mereka.

Contohnya saja banyak koruptor yang bebas keluar masuk penjara, pergi ke mall pada masa tahanan mereka.

17. Perbedaan Ras

Permasalahan perbedaan ras ini sangatlah begitu fatal sekali, apabila terjadi bisa menyabab kan perpecahan antara rakyat indonesia.contoh dari masalah ini adalah perdebatan antara suku jawa asli dengan suku tionghoa.

18. Konflik antar kelompok

Konflik ini muncul dikarenakan karena terjadinya perbedaan pendapat dan juga memiliki tujuan berbeda antar kelompok. contoh dari masalah ini antara lain perang budaya, suku, ras dan masih banyak yang lainnya..

19. Prilaku Konsuptif

Contoh masalah ini yaitu keinginan masyarakat untuk mempunyai sesuatu dengan tanpa berfikir lagi apabila di dalam negara sudah tidak ada maka masyarakat akan memakai barang dari luar.

20. Pertikaian

Pertikaian akan muncul dimasyarakat apabila terjadinya saling singgung, tidak adanya kekompakan, dan mementingkan diri sendiri atau kelompok. contohnya saja pertikaian antara sporter futsal dan masih banyak yang lainnya.

21. Kejahatan Seksual

Kejahatan seksual ini dapat terjadi apabila pakaian wanita itu sangat seksi dan juga mengundang nafsu para pria. Tekadang kejahatan seksual ini bukannya hanya terjadi di kalangan orang dewasa tapi juga bisa terjadi di kalangan anak kecil.

22. Pembunuhan

Kasus pembunuhan yang terjadi di indonesia tidak ada habisnya. Mulai dari pembunuhan suami sendiri, bunuh diri, karena dendam lama, dan juga pembunuhan terhadap istri orang lain atau pun istri sendiri dan masih banyak lagi kasus pembunuhan yang lainnya.

23. Perceraian

masalah perceraian ini bisa terjadi karena lemahnya iman, ekonominya kurang dan ada juga dikarenakan perselingkuhan. Dan banyak juga dari kalangan artis yang mengalami masalah ini.

24. Aborsi

Praktek aborsi adalah praktek menggugurkan anak yang didapat dari hubungan gelap seseorang, dan praktek ini sangat lah dilarang oleh agama dan juga dilarang dipraktekkan di Indonesia.

25. Tawuran

Tawuran adalah perkelahian antar kelompok dikarenakan saling ejek maupun masalah lainnya. Dan sekarang tawuran sangat lah berkurang dibandingkan tahun yang lalu. contoh tawuran antara lain tawuran antar sekolah, geng motor, sporter, dan juga masih banyak yang lainnya.

________

Itulah pembahasan kami kali ini, semoga dengan penjelasan di atas kita mengerti masalah apa saja yang bisa timbul di kehidupan kita. Kalian juga bisa mempelajari beberapa artikel kami yang lain di bawah ini.

Artikel Lainnya : Contoh Konflik Budaya Yang Pernah Terjadi di Indonesia

Related posts: