Contoh Kebutuhan Primer

Posted on

Contoh Kebutuhan Primer Menurut Intensitasnya – Halo sobat kembali lagi bersama kami di yuksinau.co.id yang dimana kali ini kami akan membahas tentang Contoh Kebutuhan Primer dan untuk lebih jelasnya maka simaklah penjelasannya dibawah ini.

Contoh Kebutuhan Primer

1. Sandang

Kebutuhan primer yang kesatu yakni sandang atau bisa juga disebut pakaian. Sandang merupakan kebutuhan yang bentuknya pakaian yang dipakai untuk menutupi tubuh atau menutup aurat, atau juga sebagai sebuah pelindung dari ancaman cuaca dingin dan juga panas.

2. Pangan

Pangan berarti yaitu makanan yang termasuk pula minuman. Makanan adalah kebutuhan pokok yang sangat utama dibutuhkan setiap makhluk hidup. Mengapa pangan itu dikatakan sebagai kebutuhan yang paling utama? karena manusia tidak akan hidup apabila tidak makan dan juga minum. Sehingga pangan adalah kebutuhan pokok yang perlu terpenuhi.
Contoh dari pangan sebagai kebutuhan primer yakni sembako yakni sebagai berikut:

  • Jagung, beras, umbi-umbian dan sagu
  • Daging
  • Sayuran dan juga buah-buahan
  • Susu
  • Telur
  • Gula pasir
  • Garam beriodium
  • Minyak goreng
  • LPG

3. Papan

Di dalam kehidupan, tentu saja manusia itu membutuhkan tempat yang bisa dipakai untuk berlindung dan berteduh dari hujan ataupun panas. Bahkan seiring berjalannya waktu, rumah dapat dipakai untuk tempat wajib yang dipakai untuk berkumpul bersama dengan keluarga. Memang tidak ada tempat tinggal manusia juga bisa bertahan untuk hidup, tapi tidak adanya tempat tinggal manusia tidak dapat terlindungi dari sangatan panas, angin malam yang sangat dingin, hujan, dan juga manusia bisa mendapatkan suatu gangguan psikologis.

4. Pendidikan

Tidak hanya sandang, pangan, dan juga papan saja, pendidikan pula adalah sebuah kebutuhan pokok setiap manusia yang tidak boleh diabaikan. Hal ini disebabkan pendidikan merupakan sebuah faktor yang bisa membuat sebuah negara itu menjadi bertambah maju. Sehingga apabila dipandang dari sisi Negara itu sendiri kadang mewajibkan seseorang anak itu mendapatkan pendidikan yang sangat layak dan juga sesuai dengan standarnya.

5. Keluarga

Selain pendidikan, keluarga pula menjadi sebuah kebutuhan pokok manusia yang sehari hari. Keluarga adalah salah satu hal yang sangat paling yang dibutuhkan manusia. Berbagai macam pelajaran bisa kalian dapatkan di dalam sebuah keluarga. Sehingga keluarga sudah menjadi sebuah kebutuhan psikologis yang sangat penting.

6. Teman

Dari keluarga, sekarang kita ke teman. Manusia merupakan makhluk sosial, yang tidak bisa tanpa manusia lain, kita juga saling membutuhkan dan juga wajib saling tolong menolong untuk bisa bertahan hidup. Dari teman kita bisa saja belajar, berkembang, dan juga dari teman kita bisa merasakan sebuah kasih sayang dan juga pengalaman yang tidak bisa terlupakan.

7. Kesehatan

Setiap manusia sudah tentu berharap memiliki tubuh sehat. Dengan kondisi tubuh sehat, sudah tentu segala hal bisa dilakukan termasuk bisa memenuhi kebutuhan primer yang lainnya. Jika kondisi tubuh itu tidak sehat, maka manusia bisa kesulitan untuk memenuhi dari kebutuhan hidup lainnya dan bisa membuat kehidupan tidak bisa berjalan baik. Sehingga tidak heran apabila Pemerintah berjuang keras untuk memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakatnya.

8. Pekerjaan

Pekerjaan adalah salah satu kebutuhan primer, karena pekerjaan kalian bisa mendapatkan penghasilan atau uang yang nantinya dapat digunakan untuk memenuhi sebuah kebutuhan sehari hari termasuk juga kebutuhan keluarga. Tanpa memiliki pekerjaan tentu saja kita bisa kesulitan untuk dapat memenuhi kebutuhan primer yang lainnya.

9. Pengetahuan

Hampir sama dengan pendidikan, tapi pengetahuan mempunyai cakupan yang cukup luas lagi dikeranakan pengetahuan itu banyak jenisnya. Tidak hanya pengetahuan yang formal, pengetahuan non formal serta pula skill hidup bisa menjadi pengetahuan yang sangat penting untuk bisa kita bertahan hidup.

10. Informasi

Sebagai manusia, sudah tentu kita sangat memerlukan sebuah informasi yang mana bisa berkaitan dengan hal-hal yang ada disekitarnya. Dengan adanya sebuah informasi itu tentunya kita akan membuat dirinya dengan mudah agar dapat memenuhi kebutuhan yang lainnya. Bahkan dengan adanya sebuah informasi yang ada, manusia juga bisa lebih jelas dapat mengenal soal dunianya.

11. Ketentraman

Ketentraman adalah salah satu contoh dari kebutuhan primer pada kehidupan. Dengan adanya sebuah ketentraman tentu saja hidup bisa menjadi damai dan juga tak ada rasa was-was yang dapat dipikirkan. Lingkungan yang sangat aman, kesehatan yang sangat baik, serta juga kebutuhan lainnya yang bisa terpenuhi yang bisa menjadikan kehidupan kita lebih tentram yang mana dapat menjadi kebutuhan setiap manusia.

12. Privasi

Privasi juga sebuah contoh dari sebuah kebutuhan primer, Hal itu dikarenakan semua orang itu membutuhkan privasi contohnya saja seperti adanya beberapa hal yang sensitif yang bisa diketahui orang itu tapi orang lain tak bisa mengetahuinya, sehingga privasi pula menjadi sebuah kebutuhan pokok pada setiap orang.

13. Kasih Sayang

Kebutuhan pokok selanjutnya yang diperlukan oleh setiap manusia merupakan kasih sayang. Manusia juga membutuhkan adanya sebuah kasih sayang pada kehidupannya, entah dari sosok keluarga, teman, sahabat ataupun orang lain yang ada di sekitarnya. Dengan adanya sebuah kasih sayang, manusia bisa lebih peduli kepada sesama dan juga hal lainnya yang ada di sekitarnya.

14. Keamanan

Tentu saja disetiap individu itu berharap dapat tinggal di tempat yang sangat aman dan juga nyaman, tidak hanya itu saja daerah yang kita lewati itupun haruslah aman pula. Sampai membuat seseorang itu tidak bisa merasa was-was dengan hal negatif yang dapat mencelakainya.

15. Mencintai dan Juga Dicintai

Selain mencintai kita pula pastinya berharap untuk dicintai oleh orang lain. Mengingat tentang pentingnya rasa mencintai dan juga dicintai sampai hal ini menyebabkan sebuah rasa mencintai dan juga dicintai bisa digolongkan menjadi sebuah kebutuhan primer.

16. Dihargai dan Menghargai

Manusia hidup pastinya ingin dihargai, tapi kalau ingin dihargai itu terlebih dahulu kita haruslah dapat menghargai orang lain juga. Rasa dihargai dan juga menghargai sangatlah penting pada kehidupan sampai menyebabkan sebuah rasa dihargai dan juga menghargai bisa digolongkan menjadi sebuah kebutuhan primer.

17. Identitas

Tentunya disetiap manusia ingin sekali jika dirinya bisa dikenal didalam lingkungannya sendiri, sampai orang lain yang berada di sekitarnya bisa berinteraksi satu dengan lainnya yang dimana nantinya bisa saja terjalin suatu ikatan pertemanan yang bisa membuat kehidupan itu bahagia dan juga menyenangkan.

18. Menunjukan Prestasi atau Kemampuan

Manusia butuh juga menunjukan suatu prestasinya, salah satunya supaya orang lain itu memperhitungkan keberadaanya dan juga mendapat sebuah pengalaman didalam hidupnya.

19. Keselamatan

Manusia pula perlu adanya sebuah jaminan keselamatan, contohnya saja dalam menerima sebuah pekerjaan pastinya manusia akan pula memperhitungkan sebuah faktor keselamatan dan juga jaminan keselamatan sebelum dai menerima pekerjaan itu.

20. Hubungan

Kita merupakan manusia membutuhkan sebuah hubungan kekeluargaan, pertemanan atau juga berbagai macam suatu hubungan sampai bisa memenuhi sebuah kebutuhan pokok kita.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang “Contoh Kebutuhan Primer” semoga dapat bermanfaat bagi kalian dan terima kasih sudah membaca dan berkunjung.

Baca Juga Lainnya:

Rate this post