Bismillahirrahmanirrahim

Posted on

Bismillahirrahmanirrahim (Arab : بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم ) adalah kalimat yang kerap digunakan sebagai kalimat pembuka segala kegiatan masyarakat muslim (umat Islam).

Kata Bismillah, digunakan setiap hendak memulai sholat, memulai kegiatan dan digunakan sebagai kalimat muqadimah/pembuka dalam forum atau diskusi masyarakat islam.

Basmalah adalah salah satu kalimat yang diamalkan sebagai zikir yang mempunyai manfaat yang sangat luar biasa di kehidupan sehari-hari kita.

Maka kali ini Yuksinau.co.id akan membahas materi mengenai “Bismillahirrahmanirrahim” ,meliputi Tulisan Arab, Latin, Artinya, Kaligrafi, Hikmah, dan Keutamaan Membaca Basmalah.

Bismillahirrahmanirrahim
Bismillahirrahmanirrahim

Arti Bismillahirrahmanirrahim

Bismillahirrahmanirrahim
Bismillahirrahmanirrahim

Bismillahirrahmanirrahim (Arab; بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم )
Artinya : “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang ”

Lalu apa maksud dari kalimat tersebut? berikut ini penjelasan singkat mengenai kalimat basmalah :

Dengan (menyebut) nama Allah”, maksudnya “dengan menyebut asma / nama Allah saya membaca atau saya mulai”. Seolah-olah Nabi berkata: “Saya membaca surah ini dengan menyebut asma Allah, bukan menyebut nama saya sendiri, sebab surah ini wahyu dari Tuhan, bukan dari saya”.

Maka basmalah ini mengandung arti bahwa Al-quran adalah wahyu dari Allah SWT, bukan karangan Nabi Muhammad saw dan Muhammad itu hanyalah seorang utusan Allah yang menyampaikan Al-Qur’an kepada manusia.

Penggunaan kata “Allah”, Allah adalah nama bagi Dzat yang ada dengan sendirinya atau disebut dengan wajibul wujud. Kata “Allah” ini hanya akan digunakan oleh bangsa Arab kepada Tuhan yang sesungguhnya, yang berhak untuk disembah, yang memiliki sifat kesempurnaan.

Kata “Ar-Rahman” diambil dari “Ar-Rahmah” yang artinya “Maha Pengasih”, sifat yang memberi nikmat dan karunia. Jadi kata “Ar-Rahman” itu adalah : Yang memberi nikmat serta karunia yang banyak.

Kata “Ar-Rahim” juga diambil dari kata “Ar-Rahmah”, yang mana arti “Rahim” adalah Maha Pengasih, maknanya Allah memiliki sifat belas kasihan, dan sifat itu tetap ada padanya selama-lamanya.

Maka Ar-Rahman dan Ar-Rahim (Arrahmanirrahim) ini maksudnya: Tuhan Maha memberi nikmat yang tak terhingga dengan murah-Nya dan telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya yang tidak terhingga, karena Dia memiliki sifat belas kasihan terhadap seluruh makhluk-Nya termasuk mahkluk-Nya yang kafir.

Karena sifat pemurah/pengasih merupakan sifat yang tetap pada-Nya maka nikmat serta karunia Allah itu tidak akan ada putus-putusnya.
Dengan begitu maka kata “Ar-Rahman” &”Ar-Rahim” itu kedua-duanya diperlukan dalam susunan ini, karena masing-masing kata tersebut memiliki arti yang khusus.

Dari riwayat Abu Daud dengan sanad yang shohih dari Ibnu Abbas r.a. bahwa Rasulullah SAW tidak mengetahui pemisah surat, hingga di turunkanlah بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم (Bismilahirrahmanirrahiim)

Para ulama bersepakat bahwa kalimat tersebut merupakan bagian dari ayat dari surah an-Naml, namun mereka juga berikhtilaf apakah kalimat basmalah ini adalah ayat tersendiri dari awal setiap surat, ataukah kesendirian nya itu hanya pada surah Al Fatihah dan tidak dalam surat yang lainnya, atau kalimat tersebut merupakan pemisah diantara surat.

Di dalam kitab Al-Qur’an terdapat 114 kalimat basmalah, dari 114 kalimat, ada 113 yang terdapat di awal setiap surah, kecuali pada surah At-Taubah. Akan tetapi dalam surah An-Naml terdapat dua kata basmalah.

Pertama di awal surat, dan yang ke-2 pada ayat 30 pada saat Allah SWT berfirman yang kemudian mengabadikan surah Nabi Sulaiman A.S yang yang mana surah tersebut dikirim kepada Ratu Balqis :

إِنَّهُ مِن سُلَيْمَانَ وَإِنَّهُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

“Sesungguhnya surat itu, dari Nabi Sulaiman a.s dan isinya: “Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”. [Q.S. An Naml: 30].

Hikmah Membaca Basmalah

Sebagai umat Islam kita diperintah untuk membaca/mengucapkan kalimat basmalah di ketika hendak mengerjakan sesuatu pekerjaan apapun dalam hal yang tentunya baik.

Yang demikian itu mengingatkan kita bahwa pekerjaan yang lakukan itu merupakan perintah Allah SWT atau karena telah diizinkan-Nya. Maka karena Allah lah ia melakukan pekerjaan tersebut dan kepada Allah lah dia meminta dan memohon pertolongan agar pekerjaan itu dapat dilakukannya dengan baik dan berhasil.

Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya:

Setiap perkara yang dilakukan dan mempunyai nilai kebaikan namun tidak diawali dengan mengucapkan basmalah maka terputus keberkahannya atau sedikit barakahnya“.

Baca : Arti Barakallah

Bangsa Arab sebelum Islam datang, mereka mengerjakan sesuatu pekerjaan dengan menyebut Al-`Uzza dan Al-Lata, yang merupakan nama dari berhala-berhala mereka.

Kemudian Allah SWT mengajarkan kepada mereka sebagai penganut agama Islam yang telah mengesakan Allah agar mereka mengerjakan sesuatu dengan menyebut nama Allah.

Tulisan Bismillahirrahmanirrahim Arab

Tulisan Arab : “ بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ = Bismi-llāhi ar-raḥmāni ar-raḥīmi (Bismillahirrahmanirrahim)”

Tulisan Arab gundul “ بسم الله الرحمن الرحيم

Tulisan Bismillah بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Tulisan Allah : “ اللّٰه

Tulisan Ar-Rahman : “ الرَّحْمَٰنُ

Tulisan Ar-Rahim : الرَّحِــيْمِ

Kaligrafi Bismillahirrahmanirrahim

Bismillahirrahmanirrahim
Bismillahirrahmanirrahim
Bismillahirrahmanirrahim
Bismillahirrahmanirrahim
Bismillahirrahmanirrahim

Demikianlah pembahasan lengkap kami kali ini mengenai Materi “Bismillahirrahmanirrahim” Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih telah berkunjung.

Baca Artikel Lainnya :

Related posts: