Arti Kaifa Haluk

Posted on

Apa arti Kaifa Haluk? Kaifa Haluk (كيف حالك) memiliki arti yaitu “apa kabar? / bagaimana kabarmu? kalimat ini di tujukan kepada satu orang. Penjelasan lengkapnya simaklah penjelasan kami mengenai Materi Arti Kaifa Haluk, Contoh Kalimat dan Cara Menjawabnya Lengkap di bawah ini.

Arti kaifa haluk
Arti kaifa haluk

Arti Kaifa Haluk

Pelajaran bahasa Arab pada umumnya diajarkan di sekolah-sekolah yang berbasis agama Islam, seperti Madrasah Tsanawiyah (MTS), Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasal Aliyah (MA).

Biasanya sekolahan yang berbasis Agam Islam tersebut, para gurunya akan mengajarkan berbagai percakapan maupun kalimat tanya dalam bahasa Arab. Diantaranya seperti :

Kalimat kaifa haluk, yang mana kalimat tanya tersebut sering kali digunakan oleh guru mata pelajaran agama Islam, khususnya dengan menggunakan bahasa Arab untuk menyapa murid-muridnya.

Lalu apa arti kaifa haluk? yang mana kalimat ini sering juga di dengar dan diucapkan orang pada umumnya, dan apa saja kata gantinya (dhomhir) ? Nah, berikut ini adalah penjelasan mengenai Arti Kaifa Haluk yang akan kami jelaskan selengkap-lengkapnya.

Kaifa Haluk Artinya?

Arti Kaifa Haluk
Arti Kaifa Haluk

Kaifa Haluk (كيف حالك) memiliki arti yaitu “apa kabar? / bagaimana kabarmu? kalimat ini di tujukan kepada satu orang.

Kalimat tersebut jika diucapkan untuk seorang wanita, maka akan mendapat tambahan kata ganti, yakni menjadi “Kaifa Haluki(كَيْفَ حَالُكِ) artinya adalah “bagaimana kabarmu? (untuk perempuan)”.

Jika kalimat tersebut ditujukan untuk laki-laki, maka akan mengalami perubahan lagi, yakni menjadi “Kaifa Haluka(كَيْفَ حَالُكَ) yang artinya “bagaimana kabarmu? (untuk laki-laki)”.

Sedangkan apabila kalimat Kaifa Haluk ini ditujukan kepada orang banyak maka diubah menjadi “Kaifa Halukum(كَيْفَ حَالُكُمْ) artinya adalah “bagaimana kabar kalian?”. (Laki-Laki dan Wanita)

Tidak hanya itu, kaifa haluk juga memiliki kata ganti lainnya yang ditujukan tidak langsung ke orangnya (dia), yaitu adalah Kaifa Haluhu (كَيْفَ حَالُهُ) artinya adalah “Bagaimana kabarnya?” (laki-laki) sedangkan jika untuk wanita, yaitu adalah Kaifa Haluha (كَيْفَ حَالُهَا) artinya adalah “Bagaimana kabarnya? (perempuan)”.

Baca Juga : Arti Afwan

Balasan Kaifa Haluk

Lalu bagaimana cara menjawabnya, jika ada yang mengucapkan “Kaifa Haluk ?” Nah, jika ada yang mengucapkan itu kepada anda maka jawablah dengan mengucapkan Bikhoirin, walhamdulillah (Bahasa Arab :بخير والحمد لله) yakni artinya adalah baik, alhamdulillah.

Atau menjawabnya dengan mengucapkan “Ana Bikhoirin (Bahasa Arab : اَنَا بِخَيْرٍ)” yaitu artinya adalah “saya baik-baik saja“.

Apabila kalian ditanya “Kaifa Halukum?”, maka jawablah dengan mengucapkan “Nahnu Bikhoirin (نَحْنُ بِخَيْرٍ) yakni artinya “kami baik“.

Sedangkan apabila ditanya “Kaifa haluhu?” (laki-laki), maka jawabannya adalah “Huwa Bikhoirin (هُوَ بِخَيْرٍ), dan bila ditanya “Kaifa haluha?“(perempuan), maka jawabannya adalah “Hiya Bikhoirin (هِيَ بِخَيْرٍ)” yakni artinya “Dia baik-baik saja“.

Catatan:

Sakal / Harokat pada kalimat “Kaifa haluk?” tentunya berbeda-beda sesuai subjek yang ditanya. Berikut penjelasannya :

  • “Haluka” yakni untuk subjek “anta” yang artinya “Kamu” (laki-laki seorang)
  • “Haluki” yakni untuk subjek “anti” yang artinya “kamu” (perempuan seorang)
  • “Haluhu” yakni untuk subjek “huwa” yang artinya “Dia” (laki-laki seorang)
  • “Haluha” yakni untuk subjek “hiya” yang artinya “dia” (perempuan seorang)
  • “halukum” yakni untuk subjek “antum” yang artinya “kalian” (laki-laki jamak)

Tabel Contoh Kalimat Kaifa Haluk dan Dhomirnya

Nah, setelah kita menyimak beberapa penjelasan di atas, di bawah ini sedikit mengulas mengenai kalimat atau penggunaan kalimat kaifa haluk yang kami sajikan di dalam tabel. Lihat tabel berikut ini!

PertanyaanArtinyaKata GantiJawaban
كَيْفَ حَالُكَ؟Apa kabar?”“Bagaimana kabarmu?اَنَابِخَيْرٍ / Saya Baik
كَيْفَ حَالُكَ، يَا اَحْمَدُ؟Apa kabarmu, wahai Ahmad?اَنَابِخَيْرٍ / Saya Baik
كَيْفَ حَالُكُمْ، يَاعَائِشَةُ؟Apa kabarmu, wahai Aisyah?اَنَا بِخَيْرٍ / Saya baik
كَيْفَ حَالُكُمْ،يَاتَلَامِيْذُ؟Apa kabar kalian, semua murid?نَحْنُ بِخَيْرٍ / Kami baik
كَيْفَ حَالُهُ؟Apa kabarnya (untuk pria)?هُوَ بِخَيْرٍ / Dia baik
كَيْفَ حَالُهَا؟Apa kabarnya (untuk wanita)?هِيَ بِخَيْرٍ / Dia baik

Demikianlah pembahasan kami mengenai Arti Kaifa Haluk lengkap dengan penjelasannya. Terima kasih telah berskunjunng. Semoga bermanfaat.