Arti Astaghfirullah Wa Atubu Ilaih

Posted on

Arti Astaghfirullah Wa Atubu Ilaih | Assalamualaikum, kembali lagi dengan Yuksinau.co.id. Kali ini kita akan membahas secara lengkap mengenai bacaan dzikir sekaligus do’a yakni Astaghfirullah Wa Atubu Ilaih.

Dimana pada kesempatan ini kami akan mengulas mengenai arti, dalil / keterangan dari al-qur’an maupun al-hadist, makna dan manfaat / keutamaan dari membaca Astaghfirullah Wa Atubu Ilaih.

Kalimat dzikir sekaligus do’a Astaghfirullah Wa Atubu Ilaih ini merupakan dzikir yang sering dibaca oleh Nabi Muhammad SAW. Tentu kalimat ini memiki arti, makna dan keutamaan yang sangat luar biasa. Untuk kalian yang penasaran langsung saja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Arti Astaghfirullah Wa Atubu Ilaih
Arti Astaghfirullah Wa Atubu Ilaih

Arti Astaghfirullah Wa Atubu Ilaih

Arti Astaghfirullah wa atubu ilaih

Sebagai suatu kalimat yang sering di baca oleh Nabi Muhammad SAW, yakni Astaghfirullah wa atubu ilaih (Tulisan Arab : أَسْتَغْفِرُ الله وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ) memiliki arti yakni “Aku memohon ampun kepada Allah dan aku bertobat kepadanya”.

Kalimat dzikir sekaligus merupakan kalimat permohonan ampun ini menjadi salah satu bacaan yang sering di baca oleh Nabi Muhammad SAW. Bahkan beliau juga pernah bersabda bahwa orang yang senantiasa ber istighfar adalah termasuk orang yang beruntung.

Nabi Sholallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda, “Sungguh beruntung seseorang yang mendapati pada catatan amalnya istigfar yang banyak.” (HR Ibnu Majah)

Mengenai bacaan istighfar ini, sebenarnya telah banyak disebutkan di dalam Al-qur’an dan Al-hadist. Nah, di bawah ini beberapa dalil baik dari al-qur’an maupun hadist mengenai istighfar.

Dalil Tentang Istighfar

Allah Subahanahu wa ta’ala berfirman yang tertulis di dalam Al-qur’an Surat Nuh Ayat 10 :

فَقُلْتُ ٱسْتَغْفِرُوا۟ رَبَّكُمْ إِنَّهُۥ كَانَ غَفَّارًا

Maka aku berkata (kepada mereka), “Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun,(QS. Nuh: 10).

Allah Subahanahu wa ta’ala berfirman yang tertulis di dalam Al-qur’an Surat Al-Baqarah 2:199 :

 وَاسْتَغْفِرُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ 

“Dan beristighfarlah kalian kepada Allah. Sesungguhnya Allah itu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS. Al-Baqarah 2:199).

Hadist Tentang Istighfar

عن أَبُي هُرَيْرَةَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَقُولُ « وَاللَّهِ إِنِّى لأَسْتَغْفِرُ اللَّهَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ فِى الْيَوْمِ أَكْثَرَ مِنْ سَبْعِينَ مَرَّةً 

Terjemahan ;
“Abu Hurairah Ra berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Demi Allah, sesungguhnya aku benar-benar beristighfar kepada Allah dan bertobat kepada-Nya, lebih banyak dari 70 kali dalam sehari”. [HR. Bukhari].

عَنِ الأَغَرِّ الْمُزَنِىِّ – وَكَانَتْ لَهُ صُحْبَةٌ – أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « إِنَّهُ لَيُغَانُ عَلَى قَلْبِى وَإِنِّى لأَسْتَغْفِرُ اللَّهَ فِى الْيَوْمِ مِائَةَ مَرَّةٍ ».

Terjemahan ;
“Al Agharr Al Muzani Ra, beliau memiliki pershahabatan dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, berliau meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya benar-benar terhalang atas hatiku dan sungguh aku benar-benar berisatighfar kepada Allah di dalam sehari sebanyak 100 kali.” [HR. Muslim].

Makna Istighfar

Istighfar sendiri merupakan bentuk permohonan ampun seorang hamba kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, yang hal ini mesti dillakukan dengan didasarkan pengakuan, kejujuran akan banyaknya dosa dan salah serta adanya rasa penyesalan yang kemudian bersungguh-sungguh untuk tidak melakukan dosa yang telah dilalkukan.

Dalam filosofi Islam, istighfar bermakna seorang hamba yang senantiasa memohon ampunan dari dosa dan kesalahan yang telah diperbuat yang kemudian terus untuk taat terhadap perintah dan menajuhi larangan-Nya

Dalam Islam, makna Istighfar sebenarnya tidak terletak pada ucapannya, akan tetapi dinilai dari seberapa dalam seseorang menghayati dan memaknai apa yang ia baca tersebut

Dalam Islam, makna dari Istighfar sebenarnya tidak terletak pada pengucapannya, tetapi dari seberapa dalam seseorang yang beristighfar memaknai dan menghayati apa yang ia ucapkan.

Lebih jauh lagi, agar seseorang senantiasa mengingat Allah SWT pada saat tergoda / hendak melakukan perbuatan yang bernilai dosa, dan apabila ia sudah terlanjur melakukan perbuatan dosa, maka istighfar menjadi titik baginya untuk bertekad dan bersungguh-sngguh untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi.

Manfaat dan Keutamaan Istighfar

Bicara mengenai manfaat atau pun keutamaan dari bacaan istighfar ini telah banyak ditulis di dalam al-qur’an dan a-hadist. Bukan hanya itu beberapa ulama juga telah menulisnya di dalam kitab-kitab yang membahas tentang fadhilah amal. Seperti Syaikh Nashiruddin Al Albani dalam buku atau kitab Shahih At Targhib wa At Tarhib dan a Imam Nawawi dalam Al Adzkar.

Dari pembahasan di atas, sekarang kita tahu betapa bacaan dzikir / do’a istighfar ini. Nah, di bawah ini sedikit dari manfaat dan keutamaan dengan kita membaca istighfar yang perlu kalian ketahui, seperti berikut ;

  1. Mendapatkan Rahmat maupun ampunan dari Allah SWT
  2. Dimudahkan urusannya oleh Allah SWT
  3. Menghilangkan kesedihan, kegelisahan, melapangkan kesempitan dan dibukakan pintu rezeki
  4. Menghilangkan / mengusir rasa malas dalam mencari ilmu dan mencari rezeki
  5. Dari sering membaca Istighfar orang bisa memperbaiki dirinya
  6. Menambah kekayaan, anak dan kesenangan
  7. Memberikan kekuatan terhadap do’a yang di panjatkan kepada Allah SWT.

Demikianlah pembahasan kami kali ini mengenai Arti Astaghfirullah Wa Atubu Ilaih. Kalian bisa mempelajari materi agama lainnya di bawah ini. Terima kasih telah berkunjung.

Artikel Lainnya :

Apa arti Astaghfirullahaladzim?

Aku mohon ampun kepada Allah yang maha agung

Bagaimana tulisan Arab Astaghfirullahaladzim

Tulisan Arab Astaghfirullahaladzim: اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمَ

Apa keutamaan membaca Istighfar?

1. Mendapatkan Rahmat maupun ampunan dari Allah SWT
2. Dimudahkan urusannya oleh Allah SWT
3. Menghilangkan kesedihan, kegelisahan, melapangkan kesempitan dan dibukakan pintu rezeki. Dll.