Alat Ukur Waktu

Posted on

Alat Ukur Waktu – Di kehidupan sehari-hari kita menggunakan jam sebagai alat ukur waktu, dengan menggunakan jam kita bisa menentukan berapa lama waktu yang sudah lewat.

Waktu adalah suatu dimensi dimana terjadi suatu peristiwa yang bisa dialami dari masa lampau ke masa sekarang. Waktu juga dapat diartikan sebagai ukuran durasi suatu kejadian dan interval. Dalam ilmu fisika waktu merupakan salah satu besaran pokok, dan di setiap besaran pokok pasti mempunyai alat ukur sendiri.

Sudah sejak lama sekali waktu dijadikan subjek utama sutau penelitian baik dalam penelitian filsafat, agama, maupun ilmu pengetahuan. Waktu juga dapat diartikan sebagai bagian dari struktur dasar alam semesta, suatu peristiwa yang terjadi dengan cara yang beruntun.

Secara umum waktu merupakan seluruh rangkaian proses, keadaan, kejadian, keadaan yang sedang atau yang telah berlangsung. Jika dilihat dari hal ini maka dapat diartikan bahwa skala waktu adalah interval diantara dua kejadian atau berapa lama kejadian tersebut berlangsung.

Dalam pengukuran skala waktu, banyak orang yang menggunakan satuan seperti nano detik, mili detik, mikro detik sampai piko detik. Seiring berkembang nya jaman, pada saat ini sudah banyak di ciptakan alat pengukur waktu yang berfungsi memudahkan pekerjaan manusia.

Pada kesempatan kali ini YukSinau.co.id akan membahas tentang alat ukur waktu, pengertian dan jenis-jenis alat ukur waktu secara lengkap. Mari kita lihat penjelasannya berikut ini.

alat ukur waktu

Pengertian Alat Ukur Waktu

“Secara umum alat ukur waktu dibagi menjadi dua jenis yaitu alat ukur digital dan alat ukur manual”

Alat ukur waktu merupakan alat atau instrument yang dipakai untuk menghitung besaran waktu. Besaran waktu biasanya dinyatakan dalam detik atau sekon. Contoh alat ukur waktu adalah, jam, stopwatch dan kalender.

Jenis-Jenis Alat Ukur Waktu

Ada beberapa alat ukur waktu yang di gunakan dari jaman dulu sampai sekarang. Beberapa diantaranya adalah jam, stopwatch, kalender, dan jam pasir. Skala yang digunakan untuk menghitung waktu antara lain, abad, dekade, windu, tahun, bulan, pekan, hari, jam, menit, detik, mikro detik, dan nano detik.

Berikut ini adalah penjelasan tentang beberapa jenis alat ukur waktu. yang sering di gunakan di kehidupan sehari-hari.

Jam Pasir

alat ukur waktu

Jam pasir merupakan salah satu alat ukur waktu yang dipakai pada zaman dahulu dimana saat satuan detik atau sekon belum di tetapkan sebagai satuan internasional (SI). Jam pasir memiliki dua buah tabung yang terdiri dari tabung atas dan tabung bawah. Tabung atas akan diisi dengan pasir sampai penuhdan di bagian bawah kosong.

Kedua tabung tersebut akan dihubungkan oleh sebuah lubang yang sangat kecil supaya pasir dapat jatuh ke bawah atau ke tabung yang kosong. Apabila seluruh pasir telah berpindah ke tabung bagian bawah maka hal tersebut menandakan bahwa waktu telah lewat dalam satuan jam pasir tersbut. Biasanya jam pasir menggunakan satuan jam.

Arloji

alat ukur waktu

Arloji atau yang sering disebut jam tangan merupakan salah satu jenis dari jam. Pada saat ini banyak orang yang menggunakan jam tangan atau arloji supaya tidak perlu lagi kesusahan mencari jam saat mereka berada di luar rumah.

Arloji sendiri memiliki dua jenis yaiu arloji manual dan arloji digital. Arloji mempunyai ketelitian yang sama seperti jam biasa yaitu 0,5 sekon atau 0,5 detik.

Jam

alat ukur waktu

Jam merupakan alat ukur waktu yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jam pada umumnya menggunakan satuan yang terkecil yaitu detik dan satuan terbesar yaitu jam. Dengan menggunakan skala jam digunakan untuk memperkecil 1 detik maka jam mempunyai ketelitian 0,5 sekon atau 0,5 detik.

Dengan adanya satuan itu maka dapat memudahkan kita untuk mengetahui berapa waktu yang telah berlalu, misalkan menghitung waktu berapa lama kita berjalan dari sebuah kota a ke kota b .

Lama waktu pada sebuah jam ialah 1/24 (satu perduapuluh empat) hari. 1 jam terdiri dari 60 menit dan 3600 detik. Pada jenis jam manual terdapat 3 jarum penunjuk waktu, yaitu jarum yang paling kecil sebagai penunjuk seko, lalu jarum agak besar sebagai penunjuk menit dan jarum yang paling besar sebagai penunjuk jam.

Digital Timer

alat ukur waktu

Digital timer merupakan suatu alat ukur waktu yang bisa membantu proses pengujian dan dijadikan sebagai item pendukung pada kinerja alat uji yang bepatokan kepada waktu yang dibutuhkan.

Digital timer kerap kali di pakai dalam ruang lingkup laboratorium, alat pengujian dan ruang penelitian. Dengan adanya alat ini maka pekerjaan yang dilakukan di laboratorium dapat berjalan dengan mudah, dan akan menghasilkan ketepatan uji waktu yang akurat.

Dikarenakan alat ukur waktu ini memiliki pengaruh yang besar dalam proses dan kinerja suatu kegiatan atau pengujian. Maka dalam pengujian orang-orang yang ada dalam laboratorium tersebut sangat menghargai waktu, dan mereka harus mengetahui waktu yang mereka butuhkan untuk memenuhi kebutuhan yang mereka gunakan.

Stopwatch

alat ukur waktu

Stopwatch merupakan alat ukur waktu yang dalam komponennya terdapat satuan detik, menit dan jam. Stopwatch sering digunakan pada kegiatan yang membutuhkan hitungan mulai dari 0 yang bertujuan untuk mempercepat dan mempermudah pendataan.

Stopwatch mempunyai ketelitian yang lebih tinggi dari ketelitian jam, yaitu ketelitian nya 0,1 sekon. Tetapi seiring dengan berkembang nya nya waktu maka ketelitian yang ada pada stopwatch juga berkembang lebih teliti, yaitu menjadi milisekon bahkan mikro sekon.

Ada dua maacam stopwatch yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari, yaitu stopwatch digital dan stopwatch analog. Ketelitian yang dimiliki stopwatch digital bisa mencapai 0,01 sedangkan ketelitian yang dimiliki stopwatch analog hanya 0,1.

Cara menggunakan stopwatch adalah lita mulai dengan mulai menekan tombol yang ada diatas dan berhenti sampai waktu detik akan ditampilkan sebagai waktu yang telah berlalu.

Untuk menyetel ulang kitda dapat menekkan tombol yang kedua yang digunakan untuk menyetel ulang stopwatch kembali ke angka nol. Dan tombol yang kedua juga berfungsi sebagai perekam waktu.

Contoh penggunaan stopwatch adalah ketika ada perlombaan lari cepat untuk menghitung kecepatan pelari tersebut.

Kalender

alat ukur waktu

Kalender atau sistem penanggalan merupakan yang dipakai guna mengukur waktu yang lama seperti hari, bulan bahkan tahun. Kalender menggunakan sekala terkecil adalah satu hari, maka ketelitiannya adalah setengah hari.

Dalam arti lain kalender merupakan sebuah sistem yang berguna untyk memberi nama untuk sebuah periode waktu, contohnya yaitu nama-nama hari. Nama-nama hari nya yaitu Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu. Nama-nama hari tersebut dikenal sebagai tanggal kalender.

Tanggal dapat ditentukan berdasarkan gerakan benda-benda di angkasa seperti bulan dan matahari. Kalender juga bisa mengacu terhadap alat-alat yang mengilustrasikan sistem itu contoh nya kalender.

Ada 6 kalender yang dipakai di Indonesia yaitu kalender masehi, kalender hijriah, kalender saka, kalender jawa, kalender saka bali dan kalender sunda.

Itulah tadi beberapa alat ukur waktu yang dipakai untuk mengukur waktu mulai dari detik, menit, jam, sampai tahun. Besaran-besaran lain juga mempunyai alat ukur nya sendiri. Seperti Alat ukur listrik, alat ukur panjang dan alat ukur yang lainnya.

Sekian penjelasan kami tentang “Alat Ukur Listrik” semoga materi ini dapat berguna sebagai bahan belajar fisika. Untuk mengetahui materi fisika lainnya anda dapat mengunjungi artikel di bawah ini.

Artikel Lainnya :

Rate this post