Alat Ukur Jarak

Posted on

Alat Ukur Jarak – Jarak merupakan suatu pengukuran secara numerik yang berfungsi untuk menunjukkan seberapa jauh jarak benda dalam merubah posisi melewati suatu lintasan tertentu.

Di dalam ilmu fisika jarak bisa berupa estimasi panjang fisik suatu lintasan dari dua titik berdasarkan suatu kriteria tertentu (seperti misalnya jarak tempuh antara kota A dan Kota B). Lain halnya di dalam ilmu matematika.

Di dalam ilmu matematika, jarak berfungsi sebagai generalisasi dari konsep jarak ditinjau secara fisik, salah satu fungsinya adalah untuk menjelaskan pengertian berapa jauh atau seberapa dekkat dua buah objek yang ada.

Berbeda dari kordinaat posisi, koordinat posisi menyatakan bahwa jarak tidak mungkin negatif. Jarak adalah besaran skala, dan perpindahan adalah besaran vektor. Jarak yang ditempuh, kadang dibedakan oleh jarak antara titik yang satu dengn titik yang lainnya.

Pada kesempatan kali ini YukSinau.co.id akan membahas tentang macam-macam alat ukur jarak secara lengkap beserta dengan penggunaannya. Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Alat Ukur Jarak

Macam-Macam Alat Ukur Jarak

“Alat ukur jarak adalah alat yang digunakan untuk mengukur jarak antara dua buah atau antara dua titik”

Alat ukur jarak mempunyai berbagai tipe, ada tipe manual atau sederhana dan tipe digital yang dapat dipakai untuk mengukur sutau jarak baik jarak yang pendek maupun jarak yang panjang. Berikut ini adalah macam-macam jenis alat ukur yang sering digunkaan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagian Tubuh Manusia

Pada jaman dulu, manusia sudah memulai mengukur jarak menggunakan bagian tubuhnya. Seperti contohnya satuan hasta, kaki, atau depa yang mana merupakan alat ukur jarak yang menggunakan bagian tubuh manusia.

Tetapi jika hanya menggunakan bgaian tubuh sendiri sebagai alat ukur, tentu hanya bisa untuk mengujkur jarak yang sangat kecil. Lalu seiring berkembangnya waktu alat ukur berkembang menjadi alat ukur yang dapat mengukur jarak yang sangat besar.

Odometer 

Alat Ukur Jarak

Odometer merupakan alat yang digunakan sebagai penunjuk jarak tempuh suatu kendaraan bermotor. Odometer juga dapat digunakan untuk mengetahui waktu untuk mengganti oli.

Cara kerja odometer adalah dengan cara elektronik ataupun mekanik. Jika odometer dipakai dalam satuan Km/h, maka angka yang akan ditunjukkan dalam odometer tersebut berupa jarak dengan satuan Km.

Odometer kerap kali dikaitkan dalam menentukan suatu kendaraan itu sering digunakan atau jarang digunakan di saat kita ingin membeli kendaraan bekas. Selain menggunkan odometer kendaraam bermotor juga sering dilengkapi dengan tripmeter.

Walking Measure 

Walking Measure

Walking measure adalah alat ukur modern yang dikenal sebagai alat untuk mengukur jarak secara manual. Walking measure sering juga disebut dengan meteran roda. Walking measure berupa roda karet yang mempunyai diameter sekitar 32 cm.

Walking measure juga dilengkapi dengan tongkat alumunium yang bisa dilipat yang memiliki panjang 95 cm. Untuk hasil pengukuran alat ini bisa mencapai 5 digit.

Cara menggunkan walking measure adalah dengan cara dijalankan seperti sepeda roda satu. Dan dibagian bawah ada alat untuk membaca ukurannya.

Alat Ukur Jarak Laser

Alat Ukur Jarak

Seiring berkembangnya teknologi maka berkembang juga alat untuk mengukur jarak. Alat ukur jarak laser adalah alat untuk mengukur jarak yang menggunakan cahaya laser. Alat ukur ini merupakan salah satu jenis alat ukur yang sering digunakan dalam bidang industri ataupun kontruksi.

Aalat ukur laser akan memproyeksikan cahaya laser itu, dengan dua cara yaitu vertikal dan horizontal, dan ukuran yang diinginkan kan ditampilkan di penampang alat tersebut.

Selain dipakai untuk mengukur jarak, alat ukur laser juga digunakan untuk mengukur kemiringan suatu atap. Alat ukur ini bisa digunakan pada pengukuran yang dilakukan secara tidak langsung pada atap menggunakan tilt sensor yang terintregrasi dengan sudut kemiringan hingga 45 derajat.

Pengukuran secara vertikal biasa digunakan untuk mengukur jarak dari lantai menuju plafon atau dari gedung di bagian bawah menuju gedung di bagian atas.

Pengukuran secara horizontal biasa digunakan untuk mengetahui jarak dari suatu bangunan yang satu ke bangunan yang lain. Alat ukur ini dapat dipakai untuk pengukuran sudut juga untuk mengukuur fungsi stake out.

Alat ukur ini mempunyai kelebihan yang utama yaitu bisa dipakai untuk mengukur suatu tempat atau lokasi yang sangat luas hanya dalam waktu yang sangat cepat dan menghasilkan hasil nya dengan waktu yang sangat singkat.

Karena hal ini maka alat ukur ini tidak hanya dipakai untuk mengukur jarak, tetapi juga dapat digunakan untuk mengukur luas dan volume.

Laser Distance Meter

Laser distance merter adalah alat ukur laser yang berbentuk hamoir mirip dengan remote control. Bedanya hanya layar digital sebagai tempat untuk memunculkan hasil dari pembacaan jarak. Ada beberapa tombol yang berfungsi menggerakkan alat tersebut.

Cara menggunakan alat ini cukup mudah, yaitu hanya dengan mengarahkan sinar ke bagian objek yang kita inginkan untuk diukur. Lalu setelah beberapa waktu yang sangat cepat, hasil dari jarak tersebut akan di tampilkan.

Ada beberapa jenis alat ini, jenisnya sendiri di sesuaikan dengan daya ukur alat tersebut. Ada yang dapat mengukur dengan jarak sekitar 100 meter bahkan lebih. Sebagain besar pengguna alat ukur ini merupakan kalangan pekerja kontruksi.

Mini Laser Distance Meter

Pada dasarnya mini laser distance meter mempunyai sisitem kerja yang sama dengan distance meter. Perbedaannya terletak pada ukuran dari kedua alat tersebut. Disebut sebgai mini laser karena mempunyai bentuk yang lebih kecil dari distance meter.

Bahkan cara kerja alat ini sama dengan laser distance meter. Karena sama-sama memakai sinar laser, sinar laser diarahkan ke objek yang akan diukur jaraknya. Lalu, hasil pengukuran tersebut akan muncul pada layar.

Hal yang membedakan adalah yang pasti dari bentuk dan harga beli nya serta keakurasian dalam membaca hasil pengukrannya dan terbatas jarak ukurnya. Pada sebagian jenis mini laser di sertai measuring tape sebagai alat yang bisa jadi digunakan untuk pengoperasian alat tersebut.

Laser Pengukur Jarak 3 In 1

Alat Ukur Jarak

Alat pengukur jarak 3 in 1 adalah alat ukur yang menggabungkan 3 alat yaitu, meteran, alat ukur laser dan penggaris. Alat ini diharapkan akan memberikan hasil yang lebih komplit dan akurat.

Kecepatan alat ini dalam mengukur jarak tidak perlu diragukan. Krena alat ini pun menggunakan sinar laser agar memudahan proeses pengukuran. Dan hasil nya akan ditampilkan pada layar dalam waktu yang sangat singkat.

Selain dipakai sebagai alat ukur, alat ini bisa dipakai dalam membantu pekerjaan kita sehari-hari. Seperti contohnya memasang wallpaper, menggantuung lukisan dan memasang lemari serta kegiatan lainnya. Krena kombinasi dari 3 alat maka alat ini akan mempunyai kualitas yang lebih dan lebih dibutuhkan.

Seiring dengan berkembangnya teknologi maka telah menghasilkan suatu alat yang serta bisa memberikan banyak sekali keunggulan jika dibandingkan alat ukur yang tradisional.

Demikianlah penjelasan kami tentang “Alat Ukur Jarak” semoga dapat bermanfaat sebagai bahan belajar fisika. Untuk mengetahui materi fisika lainnya silahkan kunjungi artikel berikut ini.

Artikel Lainnya :

Rate this post